Teknik Renang Gaya Punggung

oleh -
Dalam Olahraga Renang terdapat banyak sekali Gaya yang sering digunakan diantaranya gaya Punggung, Gaya Dada, Gaya Bebas dan gaya Kupu-kupu. dalam melakukan Keempat gaya tersebut pada inti nya sama akan tetapi yang membedakan hanya gerakan tangan dan kaki, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Teknik Renang Gaya Punggung Kita langsung

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung.

 

Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan Renang gaya Punggung adalah :
  1. Posisi Badan
  2. Kaki
  3. Tangan
  4.  Nafas dan Koordinasi Gerak.
1. Posisi Badan.
Posisi Badan pada saat melakukan Renang Gaya Punggung adalah :
a. Badan diusahakan Rileks dan terlentang dipermukaan air dan dilakukan sehorizontal mungkin hal ini bertujuan agar  badan dapat mengapung di permukaan air.
b. Telinga berada sejajar dengan permukaan Air dan leher harus Rileks
c. Panggul diusahakan tetap Lurus dengan badan jangan sampai pinggul membentuk sudut karena ini akan membuat gerakan kita tidak maksimal, dan akan menghasilkan laju yang lambat.

2. Kaki

gerakan kaki sangatlah menentukan laju ketika melakukan renang gaya punggung karena kaki berfungsi sebagai Pengayuh, dalam melakukan gaya punggung gerakan kaki harus :
a. Kaki kanan dan kiri digerakan naik turun secara bergantian seperti gerakan kaki ketika melakukan Renang gaya Bebas tetapi dilakukan dengan posisi badan telentang /menghadap keatas.
b. Gerakan kaki harus konstan dan cepat agar dapat melaju cepat dan arah tidak melenceng.

 3. Gerakan Lengan

Gerakan lengan pada Renang gaya Punggung  harus dilakukan secara berkesinambungan agar posisi badan dapat terjaga keseimbangan nya, dalam Renang gaya Punggung ini tahapan adalah gerakan tangan diawali dengan tangan diluruskan di atas kepala dan kemudian tahapan selanjutnya tangan dikayuhkan kebelakang dan menuju pinggang, dan kemudian diakhiri dengan tangan diangkat dari permukaan air dan diakhiri dengan posisi semula.

4. Gerakan Kombinasi

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kedua gerakan tangan dan kaki tersebut haruslah dikombinasikan dengan baik agar laju renang yang kita lakukan menjadi Cepat dan tepat, kayuhan kaki dan gerakan lengan haruslah dikombinasikan dan dilakukan secara bergantian, disamping itu teknik pengambilan nafas juga menentukan gerakan renang gaya punggung karena kita harus mengatur nafas agar tidak badan tidak cepat lelah dan cape.
Demikianlah Ulasan tentang Teknik renang Gaya Punggung semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *