Teknik Renang Gaya Dada

oleh -

Renang merupakan Olahraga Air yang sangat populer, bahkan olah raga ini sudah masuk kedalam Cabang olimpiade. dalam Olahraga renang ada beberapa Gaya atau cara berenang diantaranya Gaya Bebas, Gaya Dada, Gaya Punggung dan gaya Kupu-kupu, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Teknik dalam melakukan Renang Gaya Dada.

Cabang Renang Gaya Dada

1. Teknik Renang Gaya Dada.

Renang Gaya Dada menurut beberapa sumber merupakan Teknik Berenang paling tua diantara teknik beranang lain nya karena pada tahun 1875 seorang berkebangsaan inggris Bernama Captain Webb berhasil menyebrangi Selat inggris selama 21 jam dengan menggunakan Teknik Renang Gaya Dada ini. pada saat ini Renang gaya Dada ini sangat Populer dibandungkan dengan Gaya lain nya karena berenang dengan Gaya dada ini sangatlah Efektif untuk melakukan Penyelamatan sehingga sering digunakan oleh Anggota Milliter, juga gaya renang ini tidak terlalu banyak mengeluarkan Energi sehingga sanagat lah Efektif untuk digunakan sebagai Olahraga Rekreasi, akan tetapi Renang dengan Gaya ini memiliki daya laju yang relatif lambat.

loading…

Berikut ini Teknik dalam melakukan Renang gaya Dada

a. Gerakan Kaki.

Gerakan kaki merupakan hal yang sangatlah berpengaruh dalam melaksanakan Olahraga renang karena gerakan kaki ini berpengaruh pada daya laju ketika berenang apabila kita salah dalam menggerakan kaki maka laju ketika berenang akan lambat bahkan tidak bergerak sama sekali.
Berikut ini adalah cara menggerakan Kaki pada Renang Gaya dada yaitu :

  1. Posisi Kaki di bengkokan / Ditekuk hal ini bertujuan agar memudahkan kita ketika akan menendang.
  2. Tendangkan / Luruskan kaki  kebelakang dengan kedua posisi kaki terbuka.
  3. Setelah kedua Kaki lurus kebelakang, kemudian Kaki ditekuk kembali sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan hal ini bertujuan agar menambah daya Dorong ketika berenang.
  4. Selanjutnya ulangi semua gerakan dimulai dari urutan No. 1 hingga tiga.

b. Gerakan Tangan

Dalam melakukan Gaya Dada gerakan tangan sangat mempengarui kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan nafas karena apabila kita salah dalam menggerakan tangan maka ketika pengambilan nafas kita akan kesulitan, berikut ini adalah Teknik menggerakan tangan pada Renang Gaya Dada Yaitu :

  1. Pada posisi awal setelah kita meluncur kedua tangan lurus diatas kepala dengan telapak Tangan agak bersentuhan (menempel) hal ini bertujuan agar laju luncuran tidak tertahan.
  2. Tarik tangan Kesamping akan tetapi tidak perlu terlalu lebar cukup selebar bahu, dan setelah itu tatik tangan kebawah hal ini agar memudahkan kita ketika mengambil nafas.
  3. Kemudian tangan luruskan kembali separerti urutan No. 1 diatas 
  4. Ulangi dari No. 1 hingga No 3.

2. Gerakan Kombinasi Tangan Kaki Pada dan Teknik Mengambil Nafas.

 Dalam melakukan renang gaya Dada ini seringkali orang kesulitan dalam mengombinasikan antara gerakan Tangan, Kaki dan Ketika pengambilan Nafas. karena dalam teknik berenang gerakan kaki dan tangan harus bergantian (jangan dilakukan secara bersamaan) hal ini dilakukan agar mempermudah dalam melakukan pengambilan nafas. Dalam pengambilan Nafas dilakukan ketika tangan dilakukan gerakan tangan yaitu dengan mengdongakan Kepala keatas ketika tangan mengayuh ke samping hal ini bertujuan agar memudahkan kita ketika mendongak ke atas permukaan air.

loading...

Demikian lah Petunjuk Singkat tentang Teknik Berenang Gaya Dada Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *