Teknik Permainan Softball

oleh -
Softball merupakan olahraga bola kecil yang berasal dari Amerika Serikat yang di pelopori oleh George Hancook  tahun 1977, pada artikel sebelumnya Kumpulan Olahraga telah mengulas tentang Sejarah Softball dunia dan Peraturan Softball. pada kesempatan kali ini saya akan mangulas tentang Teknik Permainan Softball, yang meliputi Melempar, Menangkap dan Memukul bola.

1. Memegang bola

Dalam Softball Cara memengang bola ini merupakan salah satu hal yang harus di perhatikan karena teknik memegang bola ini akan mempermudah dan bahkan akan memepengaruhi keberhasilan lemparan, teknik memegang bola ini dapat kita lihat seperti gambar dibawah ini.

2. Teknik Melempar Bola

Melempar merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam permainan Softball karena melempar (Throwing) merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam mematikan lawan baik itu yang bertindak sebagai batter maupun runner. gerakan melempar ini dibagi kedalam beberapa gerakan yang dipecah dan menjadi beberapa bagian pada pertama kali seorang pelempar melakukan lemparan dimulai dari geraklan memeindahkan tumpuan badan dari kaki yang berada di belakang ke kaki bagian depan.
berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melempar bola diantaranya :
  1. Berdiri dengan sikap melangkah dan bola dipegang di depan badan.
  2. Pandangan fokus ke arah pemukul.
  3. Tangan yang memegang bola diputar ke arah atas kemudian kebelakang dan sampai ke depan.
  4. pada saat kembali ke sikap awal dan pada saat tangan yang memegang bola d samping bada maka lepaskan bola ke depan dan usahakan ketinggian bola yang dilempar barada diantara lutut dan bahu pemukul
  5. bola yang dilemparkan dengan sempauran adalah bola yang barada diatas homebase dengan bola diantara lutut dan bahu si pemukul.

3. Teknik Menangkap Bola.

Dalam permainan Softball ini dapat dilakukan dengan satu tangan maupun dengan dua tangan,, seorang yang menangkap bola ini harus memerhatikan arah jatuh nya bola agar bola dapat ditangkap dengan sempurna.
berikut ini merupakan teknik dalam melakukan tangkapan bola diantaranya :
  • Untuk menangkap bola menyusur tanah. Pertama diawali dengan sikap berdiri dengan kaki rapat kemudian badan dibungkukan dan kemudian letakan tangan didepan kedua kaki
  • Menangkap bola melambung diatas kepala dilakukan dengan kedua tangan menghadap ke atas, dan tangan berada diatas dahi pandangan tetap fokus ke pada bola
  • Bola yang datang setinggi dada ditangkap dengan sikap berdiri dan kaki di buka kemudian tangan diluruskan setinggi bahu dan kedua telapak tangan dibuka dan di rapatkan, pandangan tetap fokus kepada bola.

4. Memukul.  

Memukul bola dalam Softball ini adalah bagian yang terpenting karena keberhasilan pemukul akan menentukan pemain lain yang sedang berlari, berikut ini merupakan langkah-langkah dalam melakukan pukulan diantaranya :
  • Letakan Kayu pemukul di bahu Kanan dan untuk kidal berarti pada bagian bahu kiri.
  • Sikap badan menyamping dengan pandangan tetap lurus ke arah pitcher.
  • Ketika bola datang ayunkan stik sekeras-kerasnya hingga mengenai bola.

5. Teknik Sliding.

Sliding adalah gerakan muluncur dengan menjatuhkan badan ketika berlari sehingga badan meluncur di atas tanah dengan kaki dijulurkan kedepan, hal ini baiasa dilakukan seorang pemain untuk menghindari ketukan bola oleh penjaga base dan juga agar palari secepat mungkin menyentuh base.
Sekian dulu penjelasan singkat Kumpulan olahraga, semoga bermanfaat…
bagi Sobat yang ingin menambah pengetahuan tentang Olahraga Softball ini kunjungilah :
  1. Sejarah Olahraga Softball
  2. Peraturan Softball
  3. Teknik Softball. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *