Teknik Permainan Sepak Takraw

oleh -
Teknik Permainan Sepak Takraw ——- Sepak takraw merupakan satu satunya olahraga kaki yang menggunakan Net sebagai batas daerah pertahanan lawan dengan daerah pertahanan kita, Sepak takraw ini juga termasuk permainan Olahraga yang cukup sulit untuk dilakukan karena Takraw ini sangatlah mengandalkan kaki untuk melakukan pertahanan maupun serangan (Smash).
Pada artikel Kumpulan Olahraga sebelumnya saya telah mengulas tentang Sejarah Sepak Takraw dan Peraturan Permainan Sepak Takraw. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Teknik Permainan Sepak Takraw.

Teknik Permianan Sepak Takraw

Agar dapat melakukan Permainan Sepak Takraw yang baik dan benar Pemain diharuskan menguasai Teknik-teknik dasar permainan Sepak Takraw, berikut ini merupakan Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw diantaranya :
1. Sepak Sila
Sepak Sila merupakan cara yang dilakukan ketika pemain menerima bola, menimang, mengumpan dan menyelamatkan bola dari serangan lawan, sepak sila ini dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam.
2. Sepak Kura (Sepak Kuda)
Sepak kura merupakan sepakan yang dilakukan dengan menggunakan punggung kaki / Kura Kaki. penggunaan Sepak Kura ini adalah untuk memainkan bola dengan usaha untuk menyelamatkan bola dan mengambil bola yang sangat rendah yang biasanya bola yang hasil dari serangan lawan.
3. Sepak Cungkil.
Sepak Cungkil ini dilakukan untuk mengambil bola yang jauh dan relatif rendah misanya bola yang berasal dari pantulan blocking atau bola liar lainnya, sepak cungkil ini dilakukan dengan menggunakan kaki bagian depan (Jari Kaki).
4. Menapak.
Menapak merupakan cara menyepak dengan menggunakan Telapak Kaki yang biasanya dilakukan untuk melakukan smash atau menyelamatkan bola yang sangat dekat diatas bibir Net.
5. Sepak Simpuh / Sepak Badek.
Sepak badek adalah menyepak dengan menggunakan Kaki Bagian Luar atau samping luar, sepakan ini biasanya dilakukan untuk mengontrol bola dan juga menyelamatkan bola dari hasil serangan lawan.
6. Heading.
Heading ini hampir sama dengan heading pada permainan Sepak bola, perbedaanya adalah pada Sepak Takraw heading dilakukan ketika menerima bola pertama (Servis Lawan) atau juga menyelamatkan bola yang sangat dekat dengan net (melewatkan Bola).
7. Mendada.
Mendada merupakan cara yang dilakukan untuk mengontol bola yang jatuh tanggung yang dilakukan dengan menggunakan Dada, mendada ini dilakukan dengan menggunakan dada seperti teknik menahan bola menggunakan Dada pada permainan Sepakbola.
8. Membahu.
Membahu adalah teknik menahan bola dengan menggunakan Bahu hal ini dilakukan ketika terjadi serangan mendadak yang dilakukan oleh pihak lawan dimana pihak yang bertahan dalam posisi yang kurang baik.
Demikian lah ulasan tentang Teknik Dasar permainan Sepak Takraw, bagi anda yang ingin mendalami pemrmainan Sepak takraw kunjungi lah :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *