Teknik Permainan Hand Ball / Bola Tangan

oleh -

Hand Ball / Bola Tangan merupakan olahraga yang saat ini mulai berkembang di Indonesia, olahraga ini merupakan olahraga yang menggunakan tangan yang digunakan untuk memukul, memantulkan dan mengoper bola bahkan untuk memasukan bola kedalam gawang.

Pada artikel sebelum nya Kumpulan Olahraga telah mengulas tentang Sejarah Handball dan Peraturan Permainan Hand Ball/ Bola Tangan pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan sedikit mengulas tentang Teknik Permainan Olahraga Hand Ball / Bola Tangan. Dalam Olahraga Hand Ball ada beberapa Teknik yang harus dikuasai diantaranya :

A. Teknik Menembak

Pada Olahraga Hand Ball / Bola Tangan ada beberapa jenis dan teknik menembak bola diantaranya

1. Tembakan Setinggi Bahu 

Dalam m
elakukan Tembakan setinggi Bahu ini dilakukan dengan cara :
a. Berdiri dengan kedua kaki agak dibuka kesamping dan bahu menghadap ke arah sasaran.
b. Tangan yang memegan bola diletakan sedikit diatas kepala dengan sikut sedikit ditekuk untuk memudahkan dalam lemparan dan agar lemparan keras.
c. Gerakan dilakukan dengan menggerakan dan meluruskan lengan atas kedepan atas, dan bersamaan dengan itu bola dilepaskan dari telapak tangan yang dibantu dengan pergelangan tangan.

 2. Tembakan Dari Samping

Untuk tembakan dari samping ini caranya hampir sama dengan melempar dari setinggi bahu akan tetapi yang membedakan nya adalah posisi tangan, untuk melakukan tembakan dari samping ini Tangan diletakan pada samping badan yaitu diantara bahu dan pinggang. dalam melakukan tembakan dari samping ini  tangan diayunkan dari belakang bagian samping bersamaan dengan itu bola dilepaskan dari telapak Tangan.

3. Tembakan dari bawah lutut.

Teknik ini diawali dengan merendahkan kedua lutut dan pisisi kaki melangkah, kemudian bola ditembakan dari arah samping badan melewati bagian bawah lutut.

4. Tembakan sambil Melompat.

Tembakan yang disertai dengan lompatan kemudian dilakukan Tembakan ketika badan melayang diudara, biasanya tembakan ini dilakukan ketika hendak melakukan tembakan kearah gawang.

B. Menghadang Lawan.

Sama hal nya dengan permainan Basket dan Futsal dalam Hand Ball / Bola Tangan juga dibutuhkan teknik dalam menghadang serangan lawan yang bertujuan agar lawan tidak bisa menembakan bola dan mengoper bola ke pada rekan setim nya. Untuk melakukan hadangan ini dapat dilakukan dari berbagai arah baik dari depan, Belakan maupun samping pemain lawan.
 Teknik hadangan dalam permainan Hand Ball / Bola Tangan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu :

1. Hadangan dari depan

a. Kedua kaki sedikit dibuka dengan kedua lutut agak direndahkan hal ini agar memudahkan kita dalam melakukan hadangan dan melihat arah bola.
b. Tumpuan Berat badan berada pada bagian depan (badan condong). 
c. Kedua tangan direntangkan yang bertujuan agar mengganggu lawan dalam melakukan Operan dan pandangan tertuju pada lawan yang menguasai bola.

2. Mengahadang dari belakang

 Teknik Hadangan dari belakang ini dilakukan dengan cara mengambil posisi di bagian belakang lawan yang menguasai bola dan menjaga agar pergerakan lawan tidak leluasa.

3. Hadangan dari Samping

Secara keseluruhan hampir sama dengan hadangan yang dilakukan dari depan maupun belakang, yang membedakan untuk hadangan dari samping ini dilakukan pada bagian samping lawan.

C. Teknik Menggiring Bola (Memantulkan Bola)

Menggiring bola adalah suatu cara yang dilakukan untuk mendekat kepada teman atau gawang lawan sehingg mempermudah untuk melakukan tembakan, yang perlu diperhatikan dalam menggiring bola diantaranya :
a. Dalam memantulkan bola apabila dilakukan dengan tangan kanan maka kaki yang melangkah harus lah kaki kanan.
b. Bola dipantulkan didepan dengan posisi agak kesamping agar bola yang dipantulkan tidak mengenai kaki.
c. Saat memantulkan bola pergelangan harus elastis (Tidak kaku).
d. Membawa bola tidak boleh melebihi tiga langkah, apabila melebihi tiga langkah maka dinyatakan Foul / Pelanggaran.

Demikian lah Postingan saya mengenai Teknik dasar Permainan Hand Ball / Bola tangan. Bagi anda yang ingin memperdalam Olahraga Hand Ball / Bola Tangan jangan lupa kunjungi Sejarah Hand Ball dan Peraturan Hand Ball.
Terimakasih atas Kunjungan Sobat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *