Teknik Permainan Futsal

oleh -
Teknik Dasar Permainan Futsal — Futsal adalah Olahraga yang saat ini sangat populer di masyarakat terutama di kalangan Siswa dan Mahasiswa karena seiring perkembangan Pemukiman, Lapangan Sepakbola menjadi semakin berkurang sehingga masyarakat mencari Olahraga Alternatif yaitu Futsal. Karena Futsal tidak membutuhkan lapangan yang luas dan juga bisa dilakukan didalam ruangan. pada artikel Kumpulan Olahraga sebelumnya kami telah mengulas tentang Sejarah Permainan Futsal, dan Peraturan Permainan Futsal dan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Teknik dasar Permainan Futsal.
Untuk dapat bermain Futsal dengan baik seorang pemain harus menguasai beberapa Teknik Dasar Permainan Futsal diantaranya :

1. Teknik Dasar Permainan Futsal —- Teknik Mengontrol Bola.

Teknik Dasar Permainan Futsal — Dalam permainan Futsal Teknik Dasar Permainan Futsal   mengontrol bola sangat lah penting karena Futsal ini memiliki lapangan yang sempit sehingga apabila kita tidak dapat mengontrol bola dengan baik maka lawan dapat dengan mudah merebut bola dari kaki kita, dalam melakukan Kontrol bola ini dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, luar maupun dengan telapak kaki. selain itu kontol bola ini juga berfungsi untuk dapat mendelay bola dan mengatur tempo permainan dan merancang serangan ke daerah pertahanan lawan.

2. Teknik Dasar Permainan Futsal —- Passing / Mengoper

Dalam Permainan Futsal Teknik dasar Passing / Mengoper bola hampir sama dengan teknik passing pada Sepakbola, passing ini dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, luar maupun dengan telapak kaki.
akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna du ajnurkan untuk menggunkan kaki bagian dalam karena dengan kaki bagian dalam maka laju bola dapat terkontrol dan tepat pada sasaran / Teman.

3. Teknik Dasar Permainan Futsal —- Dribling / Menggiring Bola

Dribling merupakan Teknik Dasar Futsal yang tidak kalah pentingnya karena Dribling / Menggiring bola ini bertujuan untuk mendekatkan Bola kepada teman atau Gawang lawan. selain itu dribling juga berfungsi sebagai pengatur tempo permainan apabila kita banyak melakukan dribling maka permainan akan relatif lebih cepat akan tetapi jika terlalu banyak melakukan Dribling bola maka Stamina kita akan cepat berkurang.

4. Teknik Dasar Permainan Futsal —- Shooting / Tendangan.

Dalam Teknik Dasar Permainan Futsal, Shooting merupakan teknik yang paling penting karena semakin keras dan akurat tendangan makan kemungkinan untuk mencetak goll menjadi semakin besar. dalam melakukan Shooting ada 2 cara diantaranya :
A. Teknik Dasar Permainan Futsal — Menendang dengan Punggung Kaki
Teknik Dasar untuk menendang dengan Punggung Kaki diantaranya:
  • Tempatkan kaki tumpu disamping bola dengan jari-jari kaki lurus menghadap arah gawang,bukan kaki yang untuk menendang.
  • Gunakan bagian punggung kaki untuk melakukan shooting.
  • Konsentrasikan pandangan kearah bola tepat ditengah-tengah bola pada saat punggung kaki menyentuh bola.
  • Kunci atau kuatkan tumit agar saat sentuhan dengan bola lebih kuat.
  • Posisi badan agak dicondongkan ke depan,apabila badan tidak dicondongkan maka kemungkinan besar perkenaan bola bagian bawah dan akan melambung tinggi.
  • Diteruskan dengan gerakan lanjutan, dimana setelah sentuhan dengan bola dalam melanjutkan shooting ayunan kaki jangan dihentikan. 
B. Teknik Dasar Permainan Futsal — Menendang dengan ujung sepatu
Dalam melakukan teknik dasar permainan futsal yang satu Langkah-langkah nya adalah dengan menendang dengan ujung sepatu sama saja dengan cara menendang bagian punggung kaki, perbedaan nya pada perkenaan bagain kaki dalam teknik ini perkenaan bola ketika ditendang berada pada Ujung kaki. kelebihan dari teknik ini bola yang dihasilkan akan relatif lebih keras dan mendatar.
demikian lah ulasan tentang Teknik Permainan Futsal, untuk anda yang ingin memperdalam ilmu tentang permainan Futsal jangan lupa kunjungi Sejarah Futsal dan Peraturan Futsal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *