Teknik Olahraga Lempar Cakram

oleh -

Teknik Melakukan Lempar Cakram | Kumpulan Olahraga |

Teknik Olahraga lempar cakram merupakan syarat yang harus di kuasai oleh setiap Atlet lempar cakram kareana dengan menguasai teknik lempar Cakram ini seorang attlet akan mendapatkan hasil yang maksimal baik dari lemparan maupun dari segi gerakan, pada artikel sebalumnya kumpulan olahraga telah mengulas tentang Sejarah Olahraga Lempar Cakram pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan mengulas tentang Teknik Olahraga Lempar Cakram, adalah sebagai berikut :

1. Teknik dasar Lempar Cakram — — Cara Memegang Cakram 

Teknik dasar Lempar Cakram — Teknik memegang Cakram ini merupakan hal yang sangat penting dalam Olahraga Lempar Cakram jadi semua Pemain harus menguasai teknik / Cara memegang Cakram. karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal di butuhkan teknik memegang yang benar.
Bagi sobat yang menggunakan tangan kanan untuk melempar Cakram diletakan pada tangan Kiri sdangkan telapak tangan kanan diletakan di atas tengah cakram, dengan keempat jari agak dibuka menggenggam cakram dan ruas jari terakhir menutupi cakram dan ibu jari bebas.

Lempar Cakram

 

2. Teknik dasar Lempar Cakram — — Gaya Melempar Cakram

a. Lempar Cakram — Gaya Samping
Sejarah, Peraturan dan Teknik Lempar Cakram — Langkah-langkah dalam melakukan Lempar Cakram gaya miring adalah sebagai berikut :
  1. Sikap awal berdiri menyamping dengan pandangan kearah sasaran.
  2. Saat akan melakukan putaran badan lengan kanan diayun kebelakang, dengan sumbu putaran pada kaki kiri (Telapak kaki bagian depan atau Ujung).
  3. Selama badan melakukan putaran lengan harus selalu diayun di belakang.
  4. Pada saat melempar posisi badan sedikit merendah dan lengan kanan di belakang sedangkan pandangan tetap pada arah sasaran.
  5. Setelah cakram lepas dari tangan, kaki kanan melangkah kedepan berpijak di bekas telapak Kaki kiri yang saat itu telah berayun kebelakang.
b. Lempar Cakram — Gaya Belakang
Sejarah, Peraturan dan Teknik Lempar Cakram — Langkah-langkah dalam melakukan Lempar Cakram gaya belakang adalah sebagai berikut :

  1. Sikap awal berdiri membelakangi arah lemparan
  2. Saat badan akan melakukan putaran lengan kanan diayun ke belakang dan pandangan mulai melirik ke kiri.
  3. Saat badan berputar ujung telapak kaki kirri di jadikan sebagai sumbu putaran, dan tolakan kaki kiri pula badan meluncur ke arah lemparan.
  4. Kaki kanan dengan cepat diayun memutar ke kiri untuk berpijak .
  5. Sesaat kaki kanan mendarat dengan cepat pula kaki kiri diayaun untuk berpijak.
  6. dan setelah cakram lepas dari lengan maka kaki kanan segera diayun kedepan dan kaki kiri diayun kebelakang.

Demikian lah bahasan tentang teknik olahraga lempar cakram semoga bermanfaat dan menjadi atlet Lempar Cakram yang berprestasi. terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *