Teknik Jalan Cepat

oleh -
Teknik Jalan Cepat |Kumpulan-olahraga| ~ Jalan cepat merupakan olahraga yang terlihat mudah akan tetapi jika tidak dilakukan dengan Teknik yang benar maka hasil nya tidak akan sesuai yang diharapkan, Seperti hai nya olahraga lain nya Jalan Cepat juga membutuhkan teknik dasar yang harus dikuasai akan tetapi pada Jalan Cepat ini teknik dasar Jalan Cepat relatif lebih mudah untuk dipelajari karena tidak memerlukan keahlian khusus seperti olahraga Bola Voli, Basket, Renang, Atletik dan Olahraga-olahraga lainnya, Jalan Cepat ini pada intinya hanya memerlukan konsistensi dan ketekunan berlatih agar dapat meningkatkan kecepatan berjalan tanpa mengabaikan peraturan yang berlaku.
Dalam Teknik Jalan Cepat terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai diantaranya sebagai berikut :
1. Teknik Jalan Cepat ~ Teknik Start
Start merupakan salah satu bagian yang penting dari Jalan Cepat ini, meskipun tidak begitu berpengaruh akan tetapi jika dilakukan dengan baik dan benar maka kita tidak akan tertinggal oleh pejalan lainnya, berikut ini adalah Teknik Start yang benar adalah sebagai berikut :
  1.  Posisi badan Berdiri beberapa meter di belakang garis Start.
  2. Setelah mendengar aba-aba “BERSEDIA” dari petugas start, maka segeralah maju dan tempatkan salah satu kaki di belakang garis start dengan lutut yang sedikit ditekuk, sedangkan kaki yang satunya berada di belakang dengan lurus dan rileks.
  3. Badan agak Condong kedepan tumpuan badan berada di kaki bagian depan, dengan kedua lengan bergantung lemas dan menempel pada samping badan.
  4. Pandangan mata lurus kedepan.
  5. Pada saat mendengar aba-aba “YA” atau bunyi pistol dari panitia, segera langkahkan kaki kedepan, dan selanjutnya jalan terus secepat-cepatnya sampai melewati garis Finish.

2. Teknik Jalan Cepat ~ Teknik Berjalan 
Pada berjalan salah satu kaki harus selalu menyentuh tanah dan tetap mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh juri, jika pejalan melanggar peraturan maka petugas pengawas akan segera memperingatkan dan jika pejalan telah melakukan kesalahan beberapa kali maka pejalan tersebut akan di diskualifikasi dan dikeluarkan dari lomba. terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan jalan cepat diantranya adalah :
  1. Pada saat melangkah, kaki yang satunya harus selalu kontak dengan tanah dan kaki harus selalu lurus sebelum kaki yang satunya melangkah dan mendarat di tanah.
  2. Bersamaan dengan menganggat paha tangan diayunkan ke depan seperti ornag berjalan pada umumnya akan tetapi tangan diayunkan ke atas seperti posisi ketika berlari.
  3. Pada saat kaki mendarat dan kontak dengan tanah, dengan segera paha tungkai kaki yang berada di belakang diangkat kedepan, bersamaan dengan itu tungkai bawah kaki kiri dan tangan kanan diayunkan ke depan diikuti dengan badan dicondongkan kedepan, dengan pandangan tetap lurus ke depan.
  4. Sewaktu mendaratkan kaki yang melangkah, di awali dengan bagian tumit dan kemudian ke ujung kaki dengan posisi lutut tetap lurus.
  5. Diusahakan gerakan lengan dan bahu tidak terlalu tinggi 
  6. Selama berjalan diusahakan posisi pinggul tetap rendah dan berada dibawah. gerakan ini diusahakan agar tetap konsisten dan hindari gerakan ke arah samping yang berlebihan.
3. Teknik Jalan Cepat ~ Melewati garis Finish
Dalam melewati garis finish tidak ada gerakan khusus karena Atlet Jalan Cepat ini tetap berjalan ketika melewati garis Finish, kalaupun ada cukup dengan membusungkan dada agar pita dapat tersentuh dengan cepat.
Demikian Pembahasan tentang Teknik Jalan Cepat semoga bermanfaat.  
Artikel Jalan cepat Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *