Teknik Dasar Permainan Bola Voli

oleh -

Teknik Dasar Permainan Bola Voli |Kumpulan Olahraga| ~ Dalam Artikel sebelum nya  Kumpulan Olahraga telah mengulas tentang Sejarah Permainan Bola Voli, setelah kita mengetahui dan mengenal tentang bagaimana sih Peraturan permainan Voli, maka sekarang saya akan berbagi sedikit tentang Teknik dasar permainan Bola Voli.  Permainan Bola Voli merupakan Permainan yang gampang-gampang susah mengapa demikian ???. karena tidak semua orang bisa melakukan Permainan Bola Voli tidak seperti permainan Olahraga lain nya seperti Basket, Sepak Bola dll. yang bisa dilakukan Oleh anak usia dini sekalipun bisa melakukan nya akan tetapi dalam permainan Bola Voli sangat lah jarang anak usia dini yang bisa melakukan permainan Bola Voli tersebut.

didalam permainan Bola Voli terdapat beberapa Bagian yang harus dikuasai diantaranya :
 1. Teknik Dasar Permainan Bola Voli  ~ Servis

Servis atau juga disebut dengan serve adalah pukulan permulaan yang dilakukan untuk mengawali suatu permainan bola voli dan dilakukan di belakang garis Line bagian belakang. Namun Servis ini juga dapat digunakan sebagai serangan pertama yang bertujuan untuk mendapatkan poin. Dalam servis juga ada beberapa teknik yang dapat dilakukan di antaranya:

a. Teknik Dasar Permainan Bola Voli ~ Servis Bawah

Servis Bawah kebanyakan dilakukan Oleh wanita dan anak-anak dikarenakan Servis ini dilakukan dengan mengayunkan kepalan tangan sehingga bola akan melambung ke atas. akan tetapi servis bawah ini jarang sekali menghasilkan Poin dikarenakan laju Bola yang sangat lambat dan melambung sehingga sangat mudah untuk diantisipasi oleh lawan.

Teknik Melakukan Spike bawah

b. Teknik Dasar Permainan Bola Voli ~  Servis Atas

Servis ini dilakukan seperti kita hendak memukul bola pada saat Spike akan tetapi tidak menggunakan Jumping, care melakukan servis ini yaitu dengan cara melambungkan bola keatas lalu buka kaki selebar bahu dan sewaktu bola akan turun kita pukul kedapan agar bola terlontar ke daerah pertahanan lawan. servis jenis ini seringkali menghasilkan poin karena laju bola akan relatif cepat.

Teknik melakukan Servis Atas

c. Teknik Dasar Permainan Bola Voli  ~ Jumping Serve

Untuk Servis yang satu ini diperlukan keahlian Khusus untuk melakukan nya dikarenakaan servis ini dilakukan dengan melambungkan bola ke udara dan bola kita pukul seperti hendak melakukan Spike, jadi spike ini sangat beresiko dikarenakan harus memiliki Timeing yang sangat akurat.  

Teknik Melakukan Jumping Serve
Untuk Lebih jelasnya mengenai Teknik melakukan Servis dan jenis-jenis Servis dapat sobat baca DISINI

2. Teknik Dasar Permainan Bola Voli  ~ Passing

Passing adalah suatu usaha seorang pemain dengan untuk memantulkan bola dengan menggunakan kedua tungkai tangan dengan tujuan mengoperkan/mengumpan bola kepada teman dalam satu tim untuk dimainkan di daerah lapangan sendiri. Dalam permainan Bola Volly ini ada 2 (Dua) jenis Pasing yaitu pasing Bawah dan Pasing atas. teknik dari kedua jenis pasing tersebut sangatlah berbeda yaitu :

a. Pasing Bawah

dalam melakukan pasing bawah diperlukan tungkai tangan yang kuat, cara melakukan nya yaitu dengan menggenggam jari sebelah tangan dengan tangan kiri lalu kedua tungkai tangan diluruskan kedepan (tangan harus kuat), dan turunkan lutut seperti kita melakukan Kuda-kuda agar bola mudah kita pantulkan.

Cara Melakukan Passing Bawah
b. Passing Atas

Dalam melakukan pasing atas sangat lah dipengaruhi oleh kekuatan Jari kita, karena pasing atas dilakukan dengan memantulkan bola hanya dengan menggunakan Ibu Jari, Telunjuk dan Jari tengah. akan tetapi pasing ini sangat berbahaya apabila bola yang datang sangat deras karena bisa mengakibatkan jari terkilir atau bahkan bisa patah. disamping itu kemunginan terjadinya Double (Dianggap 2 Sentuhan) akan banyak terjadi dan Berdasarkan Peraturan yang berlaku bisa dianggap sebagai pelanggaran.

Teknik Melakukan Pasing Atas
Untuk lebih jelasnya mengenai Teknik melakukan Passing atas dan passing bawah dapat sobat baca DISINI 

3. Teknik Dasar Permainan Bola Voli  ~  Smash/Spike

Smash/Spike adalah suatu gerakan memukul bola dengan keras, menukik tajam. Smash juga merupakan bentuk serangan yang efektif untuk mendapatkan Point dalam Permainan Bola Volly, Ada hal yang perlu mendapat perhatian dalam melakukan Spike Adalah :

a. awalan.

untuk melakukan Spike awalan sangatlah penting untuk sempurnanya sebuah Spike, dalam melakukan awalan sebaiknya tidak tergesa-gesa dan melihat arah jatuh nya bola, kecuali jika kita akan melakukan Spike Bola Quick.

 b. Tolakan

setelah kita melakukan Awalan kita masuk ke tahap tolakan, untuk melakukan tolakan kita harus mengira-ngira kapan dan dimana bola jatuh, cara melakukan tolakan adalah dengan mengayunkan kedua lengan  kebelakang dan menolakan lutut kita secara bersamaan agar menghasilkan dorongan sewaktu kita melompat untuk melakukan Spike. tetapi ingat posisi badan jangan terlalu dekat dengan Net agar Spike yang kita lakukan keras dan bertenaga.

c. Melakukan Spike.

 Setelah tolakan dan kita loncat/melompat maka kita harus mendapatkan Timing yang pas untuk kita memukul bola, hal yang harus diperhatikan ketika melakukan Spike adalah Lengan kita harus lurus agar jangkauan menjadi tinggi sehingga telapak tangan kita lebih tinggi dan bisa menghindari Block dari lawan.

d. Gerakan mendarat

Mendarat dengan kedua ujung telapak kaki bersamaan,kedua lutut mengeper,kedua lutut direndahkan,berat badan dibawa ke depan.Kedua lengan di depan samping badan.

 Teknik Melakukan Spike
Untuk lebih jelasnya mengenai Teknik cara melakukan Spike (smash) Bola Voli dapat sobat baca DISINI

4. Teknik Dasar Permainan Bola Voli  ~ Blocking

Blocking adalah upaya untuk menghalangi atau membendung serangan lawan dengan merentangkan kedua tangan di dekat net pada tempat yang diperkirakan menjadi sebuah arah jalannya bola. Blocking juga tidak hanya dapat dilakukan satu orang pemain namun juga dapat 2-3 pemain. Maksud dari melakukan teknik blocking, ialah :Agar smash dari lawan menjadi gagal,dan bola dari hasil sebuah olahan umpan tim lawan dapat digagalkan masuk ke daerah pertahanan sendiri.

Teknik melakukan Block

Sekian Pembahasan tentang Teknik dasar Permainan Bola Voli, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan menambah pengetahuan tentang olahraga Bola Voli ini. Terimakasih

Artikel Terkait Permainan Bola Voli:

No More Posts Available.

No more pages to load.