Teknik dasar Olahraga Lempar lembing

oleh -

Teknik Dasar Olahraga Lempar Lembing || Kumpulan Olahraga ||

Pada artikel Kumpulan Olahraga sebelumnya kami telah mengulas tentang Sejarah Lempar Lembing, dan Peraturan Lempar lembing, pada kesempatan kali ini Kumpulan-olahraga akan membahas tentang Teknik Olahraga Lempar lembing, karena untuk dapat menjadi Atlet Lempar Lembing yang berprestasi di butuhkan Teknik  Olahraga Lempar Lembing yang baik dan untuk dapat melakukan lemparan yang maksimal dan jauh diperlukan teknik dasar Lempar Lembing yang baik ada pun pembagian Teknik dasar Lempar Lembing adalah sebagai berikut :

A.  Teknik dasar olahraga Lempar lembing — Memegang Lembing 

Ketika akan melakukan Lempar Lembing ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan di kuasai diantaranya adalah cara memegang Lembing. Dalam memegang lembing ada tiga cara diantaranya Cara Amerika dan Cara Finlandia dan cara tang (Jepit) adapaun ketiga cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Cara Amerika 

Teknik Lempar Lembing dengan Cara memegang Lembing Cara Amerika yaitu dengan cara memegang lembing di bagian lilitan lembing dengan jari telunjuk melingkar di belakang liltan dan ibu jari menakannya di bagian permukaan lain, sementara intu jari-jari lain tetap melingkar di badan lembing dengan longgar.

2. Cara Finlandia

Cara memegang lembing gaya Finlandia ini dicirikan dengan menempatkan ibu jari dan jari tengah pada ujung lilitan pegangan kedua jari ini lah yang memberikan kekuatan pada pegangan lembing, jari telunjuk hanya menjadi penunjang lembing dengan cara diluruskan di bawah lembing dan jari manis dan jari kelingking ditempatkan diatas lilitan.

3. Cara Tang

Cara tang merupakan gaya yang sudah jarang sekali di pakai karena kurang nya dukungan kekuatan yang diberikan oleh jari yang memegang lembing cara ini dilakukan dengan menempatkan lembing diantara jari telunjuk dan jari tengah
Jenis Jenis Pegangan Lembing

 

B. Teknik dasar olahraga Lempar lembing — Cara Membawa Lembing

Ketika akan melakukan Lempar Lembing, ada cara Dalam membawa Lembing terdapat beberapa cara yang biasa di pakai pelempar pada saat hendak melakukan lemparan yaitu,
  1. Lembing diletakan diatas Bahu
  2. Lembing Dibawa di belakang badan sepanjang alur lengan dengan mata lembing menghadap le arah depan serong ke atas
  3. Lembing diatas bahu dengan mata lembing menghadap menyerong ke bawah
Cara Membawa Lembing

 

C. Teknik dasar olahraga Lempar lembing — Melempar Lembing.

Agar dapat melempar lembing dengan benar dan memperoleh hasil yang memuaskan di perlukan beberapa tahapan dalam melempar lembing diantaranya adalah, Awalan Lempar Lembing, Lemparan Lempar Lembing dan Akhiran Lempar Lembing dan langkahlangkah nya adalah sebagai berikut :

1. Awalan Lempar Lembing

Awalan merupakan hal yang penting untuk memperoleh hasil lemparan yang jauh, awalan dilakukan dengan cara berlari dengan membawa Lembing diatas kepala dengan lengan ditekuk, Sikut menghadap kedepan dengan telapak tangan menghadap ke atas, posisi lembing sejajar di atas garis paralel sejajar dengan tanah, di bagian akhir dapat dilakukan langkah dengan beberapa cara sebagai berikut :
  1. Dengan langkah silang di depan (Cross Step)
  2. Jengan Jingkat ( Hop Step)
  3. Dengan Langkah silang di belakang (Rear cross Step)
  4. Proses peraliah Cross Step dilakukan saat kaki diturunkan. Kedua bahu diputar perlahan kearah kanan (Kidal Sebaliknya), lengan kanan mulai bergerak dan diluruskan ke arah belakang dengan tubuh bagian atas condong ke belakang, untuk pandangan lurus kedepan.

2.Lemparan 

Pada saat melemparkan lembing taruk bahu kanan dan lengan melakukan gerakan melempar melalui poros bahu dengan kuat kedepan atas, Badan bergerak melewati kaki depan kemudian lepaskan lembing.

3. Akhiran 

Gerakan Akhir lemparan dilakukan dengan melangkahkan kaki ke depan untuk menyeimbangkan gerak agar tidak jatuh dan tidak melewati garis batas lemparan.
Demikian lah bahasan tentang Teknik dasar olahraga Lempar Lembing semoga bermanfaat bagi sobat yang ingin memperdalam Cabang atletik lempar lembing ini jangan lupa untuk berlatih lebih giat dan sengan sungguh-sugguh.

Artikel Terkait :

1. Sejarah Lempar Lembing

2. Peraturan Lempar Lembing

3. Teknik dasar olahraga Lempar Lembing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *