Teknik dan Latihan Pasing Atas dan Pasing Bawah

oleh -237 views
Teknik Pasing atas dan Pasing Bawah —– Volly Ball merupakan Olahraga yang sangat digemaari masyarakat indonesia sehingga perkembangan Volly ball ini sangat pesat. Olahraga Volly ball ini sangatlah digemari oleh kalangan masyarakat sehingga saat ini banyak sekali orang yang berlatih untuk meningkatkan kemampuan bermain nya agar tidak tertinggal dari pemain lainnya.
dalam Olahraga Volly Ball ada beberapa Teknik yang harus di kuasai diantaranya Serve / Servis, Passing, Spike dan Blocking. Pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan mengulas Tentang Teknik melakukan Passing kita langsung saja ke TKP ya ……!!!!

1. Teknik Pasing atas dan Pasing Bawah —– Passing Bawah

Dalam Olahraga Bola Volly ada beberapa cara dalam melakukan passing yaitu Passing Bawah dan Passing Atas kedua pasing tersebut sangatlah penting karena memiliki fungsi yang berbeda, dalam menerima bola yang datang nya sangat deras menukik dan bola serve dari lawan maka kita gunakan Passing bawah untuk menerima bola tersebut, karena apabila kita menerima bola dengan  menggunakan passing atas kemungkinan terjadinya cedera sangat lah besar kalau pun bola dapat diterima bola yang dihasilkan tidak akan maksimal. berikut ini adalah teknik melakukan Passing Bawah Diantaraya :
  1. Posisi badan siap, dan kaki dibuka selebar bahu dengan kedua lutut sedikit ditekuk.
  2. Badan sedikit dibungkukan.
  3. Lengan diluruskan dan tangan sebelah kiri menggenggam tangan sebelah kanan hingga kedua ibujari menjadi sejajar.
  4. Ketika bola datang ayunkan lengan ke arah bola dan ketika bola mengenai lengan lutut kaki diluruskan.
  5. Ayunan lengan tidak melebihi 90 derajat.
Agar passing bawah yang dilakukan sempurna sebaiknya sebelum melakukan langkah-langkah yang disebutkan diatas kita lihat dulu arah datang nya bola dan usahakan pekenaan bola berada tepat di bagian lengan (sedikit keatas dari pergelangan tangan) agar pantulan bola dapat terkontrol dengan baik, agar kita dapat melakukan pasing dengan baik dan benar maka diperlukan beberapa latihan diantaranya :

 a. Memantulkan Bola ke lantai 

Latihan pasing yang pertama adalah dengan memantulkan bola ke lantai dan ketika bola melambung dan akan jatuh maka bola tersebut segera di sambut bola dengan posisi seperti hendak melakukan pasing, latihan ini sangat cocok dilakukan oleh pemula (orang yang baru belajar) permainan bola volly.

b. Memantulkan bola ke dinding  

Latihan Passing yang kedua adalah dengan cara memantulkan bola ke dinding dan badan harus dalam keadaan siap untuk melakukan passing, kemudian bola pantulan dari dinding tersebut kita sambut dengan passing bawah dan dipantulkan lagi kedinding begitulah seterusnya. hal yang harus di perhatikan adalah posisi kaki harus sedikit ditekuk dan lengan di luruskan kemudian ketika bola mengenai lengan maka lengan sedikit diayunkan dan lutut di luruskan.

 2. Teknik Pasing atas dan Pasing Bawah —– Passing Atas

Bagi anda yang sudah pernah bermain Bola Volly tentu tidak asing lagi dengan istilah passing atas, pasing atas ini dilakukan dengan menggunakan jari kedua belah tangan untuk memantulkan bola. pasing atas ini tidak kalah pentingnya dari passing bawah, keberhasilan serangan sangat ditentukan oleh passing atas yang sempurna karena pasing atas banyak digunakan oleh Setter (Pengumpan) karena dengan menggunakan passing atas ini bola akan mudah untuk diolah dan dikendalikan sehingga akan mempermudah dalam melakukan serangan, untuk anda yang baru mempelajari permainan Bola Volly sebaiknya harus berhati-hati dalam melakukan passing atas ini karena dalam melakukan passing atas ini sangatlah beresiko terjdinya cedera, karena apabila salah dalam perkenaan bola maka jari tangan sobat bisa terkilir.
berikut ini Teknik dalam melakukan passing atas adalah sebagai berikut :
  1.  Posisi badan siap dan kaki dibuka selebar bahu dengan salahsatu bagian kaki berada di depan
  2. badan sedikit dicondongkan kedepan dengan bertumpu pada kaki yang berada di depan 
  3. Lutut ditekuk sehingga badan sedikit rendah.
  4. Tempatkan badan tepat di bawah arah jatuhnya bola dengan posisi tangan diangkat dengan lengan sedikit ditekuk dan jari tangan dibuka dan di bentuk seperti mangkok.
  5. Perkenaan bola adalah pada bagian jari Tengah Telujuk dan Ibu jari hal ini bertujuaan agar bola yang dihasilkan dapat sempurna dan dapat mengurangi resiko terjadinya double.
  6. pada saat bola mengenai jari tangan dorong bola dengan menggerakan pergelangan tangan sikut dan lutut secara bersamaan agar bola dapat melambung ke udara.

Passing atas ini perlu latihan yang benar dan di dampingi pelatih karena salah-salah dalam melakukan passing atas ini dapat mengakibatkan cedara bagi pemain, untuk melatih passing atas ini hampir sama dengan cara melatih Passing Atas yang membedakan nya hanyalah bagian dan cara pengambilan bola. Bagi sobat yang hendak mendalami Permainan Bola Volly ini Kunjungi lah Sejarah , Peraturan , Ukuran Lapangan , Teknik Smash/Spike , dan Cara Melatih Lompatan

Demikian lah artikel tentang Teknik Melakukan Passing Atas dan Passing Bawah. semoga bermanfaat.

 Artikel Terkait :

1. Sejarah Bola voli

2. Peraturan Permainan Bola Voli

3. Ukuran Lapangan Bola Voli

4. Teknik Dasar Permainan Bola Voli.

5. Posisi Permainan Bola Voli

6. Teknik / Cara Melakukan Smash

7. Cara Melatih lompatan Smash   

No More Posts Available.

No more pages to load.