Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike

oleh -

Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Dalam Permainan Bola Volly terdapat banyak sekali Teknik Permainan yang harus dikuasai salah satunya adalah Smash/Spike. Spike / Smash adalah Pukulan Keras dan menukik dengan tujuan untuk menyerang ke daerah pertahanan lawan untuk mendapatkan Poin/Angka. dalam melakukan Spike ada beberapa tahapan diantaranya :

a. Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Awalan.

Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Awalan merupakan hal yang terpenting dalam melakukan sebuah Spike/ Smash karena awalan sangatlah menentukan kita dalam pengaturan Timming yang tepat, kapan kita harus Lompat dan memukul bola, untuk melakukan Open Spike ini biasanya diambil awalan dari luar lapangan (Posisi 4) dan setelah bola di Umpan oleh setter maka Spiker segera berlari kecil dan setelah terlihat tempat bola akan jatuh. Untuk melakukan Open Spike ini Spiker harus melihat terlebih dahulu umpan yang dilakukan oleh seorang setter dan memprediksikan Arah jatuh nya bola karena Bola untuk Open Spike ini akan diumpankan dengan dilambungkan ke atas kurang lebih 3 sampai 4 meter diatas pita net sehingga dibutuhkan Timming yang tepat agar Smash dapat dilakukan dengan sempurna dan juga agar kita dapat menghindari Bendungan/Blocking dari pemain lawan.

b. Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Tolakan, Lompatan dan Posisi Badan.

Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Setelah Kita melakukan Awalan maka selanjutnya kita melakukan tolakan, dalam melakukan tolakan pemain menmbutuhkan Kontraksi Otot yang cukup tinggi untuk memperoleh gerak ekstensi persendian pinggul, Lutut dan kaki. selain itu gerakan Eksplosif diperlukan terutama pada otot otot lainnya dan ayunan Tangan sangat lah membantu mempertinggi Lompatan sewaktu akan melakukan Smash. melakukan Lompatan maka ada saatnya kita melayang diudara dan sewaktu kita melayang diudara maka badan kita tarik kebelakang agar terjadi lecutan pada saat memukul bola, akan tetapi hal yang harus diperhatikan adalah Timming semaktu kita melakukan Spike/Smash, karena apabila kita salah alam menentukian timming maka bola yang dipukul tidak akan maksimal bahkan tidak akan terpukul sama sekali, dalam menentukan timing kita harus memperhatikan arah laju bola apabila bola datang lebih cepat maka kita harus segera memukul sebelum bola menyentuh bibir pita net.

c . Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Pendaratan

Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Untuk pendaratan setelah melakukan Smash / Spike  diusakan berada di depan net dan pendaratan dengan mengunakan kedua kaki hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya Cedera pada kaki terutama bagian Engkle. 

1. Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —-Open Spike

Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Dalam Permainan Bola Volly Open Spike merupakan serangan yang paling mendasar, yang merupakan hal yang harus pertama kali dikuasai oleh Spiker, dalam melakukan Open spike ini Spiker harus menyerang pada Posisi 4 atau Posisi 2 akan tetapi pada umum nya Open Spike ini dilakukan pada posisi 4 karena posisi 2 merupakan posisi yang dimungkinkan dilakukan Variasi serangan.

2. Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —-Pukulan Semi

Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Pukulan Semi adalah pukulan / Serangan yang dilakukan di dekat setter (1-1,5 m dari setter) dan biasanya serangan ini dilakukan di daerah tengah lapangan (posisi 3), dalam melakukan Serangan Bola Semi ini bukan hanya dibutuhkan keterampilan seorang spiker akan tetapi juga dibutuhkan kejelian dari seorang setter dalam melihat pergerakan lawan (Bloker).  cara melakukan Pukulan Semi ini hampir sama dengan cara melakukan Open Spike perbedaan nya hanya berada pada posisi serangan dan juga ketinggian Bola yang diumpankan setter.

3. Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Pukulan Quick (Cepat)

Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike —- Untuk pukulan yang satu ini diperlukan kecepatan baik dari Pengumpan (Setter) maupun Spiker, karena telat persekian detik saja bola yang diupankan tidak akan terpukul oleh Spiker. Bola Quick ini pada umumnya dilakukan pada bagian tengah lapangan ( di Posisi 3) akan tetapi pada saat ini bola Quick ini lebih sering dilakukan di daerah antara posisi 3 dan 4 hal itu dilakukan agar terhindar dari Block dan juga agar gerakan Spiker lebih luwes dan gampang menghindari Block lawan.

Sekian Ulasan tentang Teknik / Cara Melakukan Smash / Spike,

Baca Juga : 

 1. Sejarah Bola Volly

2. Teknik Bola Volly 

3. Peraturan Bola Volly

4. Ukuran Lapangan Bola Volly 

5. Cara Melatih Lompatan Smash 

6. Sejarah Voli Pantai / Pasir

7. Peraturan Voli Pantai / Pasir 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *