Super Komputer China

oleh -

Cina mengklaim telah membangun superkomputer tercepat di dunia.

Mesin Tianhe-1 di Pusat Supercomputing Nasional di utara kota Tianjin mampu melakukan 2,507 petaflops, setara dengan 2.507 triliun kalkulasi per detik.

Jika benar klaim itu, kinerja luar biasa mesin itu akan mengungguli saingan terdekatnya, superkomputer Jaguar di Amerika Serikat.

Pengumuman prestasi itu telah diposting di situs web penelitian komputer Cina kemarin dan akan dipandang sebagai pukulan yang signifikan terhadap dominasi AS di dunia komputasi bertenaga tinggi.

Sebuah daftar resmi superkomputer tercepat di dunia, TOP500, dijadwalkan akan diterbitkan besok.

Tianhe-1 secara signifikan lebih cepat daripada pemegang gelar saat ini, Cray XT5 Jaguar milik Departemen Energi AS di di Oak Ridge, Tennessee, yang menduduki puncak daftar yang dikeluarkan pada bulan Juni dengan kemampuan sebesar 1,75 petaflops per detik.

“Kecepatan baru yang dicapai Cina berarti kita dapat menggantikan AS untuk memegang rekor dunia baru,” kata Direktur Proyek Tianhe-1 Li Nan pada jaringan CCTV dalam sebuah wawancara.

“Penelitian ilmiah dengan sistem sebesar ini hampir tanpa batas,” kata Liu Guangming, presiden pusat proyek di Tianjin, dalam sebuah pernyataan.

Jack Dongarra, ahli komputer University of Tennessee, pengelola peringkat superkomputer resmi yang akan dirilis besok, mengatakan Tianhe-1 memukul mesin nomor satu sebelumnya.

Cina memiliki dua dari 10 komputer tercepat dunia pada daftar Juni, sementara AS memiliki tujuh komputer di daftar itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *