Seri M Samsung yang Paling Mengecewakan, Review Samsung Galaxy M30

oleh -
Radar Ampera – Samsung Galaxy M30 merupakan smartphone yang cuman diperuntukan untuk para fanboy atau penggila Samsung. Bagi kalian yang bukan fanboy Samsung dan ingin memiliki Samsung Galaxy M30, ya tinggal beli saja ngga masalah. Tetapi sebelum membelinya, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar pembelian kalian itu maksimal. Sebelum rilisnya Samsung Galaxy M30, ElliotMayot merendahkan ekspektasi terhadap Samsung Galaxy M30 terlebih dahulu.

Seri M Samsung yang Paling Mengecewakan, Review Samsung Galaxy M30

Seri M Samsung yang Paling Mengecewakan, Review Samsung Galaxy M30

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Sekarang Samsung kok ngeluarin HP baru terus yah? Padahal smartphone Samsung di range harga 3 jutaan, kemarin sudah ngeluarian Galaxy A30 sama Galaxy A50. Tapi Samsung bilang lewat iklanya, kalau yang ini itu beda, yaitu 3x Max. Maximal baterai, maximal kamera, dan maximal layar. Ya, yang namanya iklan, pasti ngga 100% benar. Mari kita buktikan.

Mari kita lihat desainya dulu deh. Secara penampilan desain Samsung Galaxy M30 ngga bisa dibedakan dengan smartphone Samsung kelas menengah lainya. Warna yang ada disini adalah abu-abu gradasi hitam. Walaupun masih berbahan plastik polycarbonate, Samsung Galaxy M30 ini masih terlihat beda kalau dilihat dari belakang, mengkilap-kilap gitulah.

Di bagian kanan smartphone ada tombol power dan volume. Di bagian atas cuma ada microphone. Sebelah kiri ada slot sim card yang bisa nampung 2 nano sim dan 1 micro SD. Dan di bagian bawah ada audio jack, USB type-C, microphone, dan speaker. Wah cukup lengkap yah untuk urusan konektivitasnya. Di bagian belakang sendiri ada 3 kamera dan sensor finger print.

Oh iya cuy, paket penjualan Samsung Galaxy M30 ini ngga dibonusin dengan casing dan pelindung layar bawaan kaya seri Galaxy M yang lain. Yang bikin ElliotMayot kagum adalah ada baterai sebesar 5000 mAh didalam smartphone setipis Samsung Galaxy M30 yang nyaman untuk dipegang. Dan performa baterainya pun bukan kaleng-kaleng, 5000 mAh-nya beneran kerasa baterai badak.

Buat pemakaian standar, ngga sering buat ngegame gitu cuman chat-chatan, main sosmed, dan nonton video dikit itu bisa banget dihandel Samsung Galaxy M30 selama 2 hari tanpa nge-charge. Buat pemakain ekstrem kaya main game terusan gitu bisa sampai 7-8 jam dan untuk durasi ngecharge-nya 2 jam lebihan. Jadi performa baterainya mirip-mirip sama Vivo Z1 Pro.

Dan ini lah yang bikin kecewa yaitu performa jeroanya. Ngga terlalu ngebut di harga 3 jutaan. Bahkan kadang ngelag untuk pemakaian multitasking sosmed, chat, dan browsing yang cepat. Main PUBG settingan HD dan framerate High pun jadi agak ngelag, jadi settinganya smoth aja biar lancar. Kesimpulan dari performa jeroan Samsung Galaxy M30 ini tidak bisa dikatakan positif.

Sekarang kita pindah ke bagian layar dengan resolusi full HD-nya yang asli cakep. Sudah Super Amoled, sudah ngga PLS TFT lagi kaya galaxy M20. Jenis kacanya dari Samsung Galaxy M30 ini masih belum jelas yah, tapi yang penting kualitasnya sudah bagus kok, dan sudah sepantasnya kita dapat layar dengan kualitas sebagus itu di harga 3 jutaan.

Terakhir performa kamera yang katanya maksimal. Kualitas gambar yang dihasilin kameranya kurang keren sih. Dengan cahaya yang cukup plus HDR itu emang bagus, tapi kayak masih kurang puas gitu warnanya kurang nendang. Dan di lowlight warna menjadi lebih pudar dan sering goyang juga. Begitu juga dengan kualitas untuk merekam videonya, masih bisa dibilang bagus aja.

Spesifikasi Samsung Galaxy M30
Processor Exynos 7904
GPU Mali G71 MP2
RAM 4 GB / 6 GB
Memory Internal 64 GB / 128 GB
Rear Camera 13 MP + 5 MP + 5 MP
Front Camera 16 MP
Battery 5000 mAh
System Operation Android Pie 9
Harga per Tanggal 1 September 2019 Mulai dari
Rp 3.299.000
(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.