Senam Lantai

oleh -
Senam Lantai – Pada Saat ini Olah Raga Senam merupakan Olahraga yang gemar dilakukan oleh orang-orang, Diantara Jenis-jenis senam yang banyak dilakukan oleh orang-orang khususnya di indonesia salah satunya adalah Senam Lantai. Pada artikel Inforaga sebelumnya saya telah mengulas tentang Sejarah Senam dan Jenis-jenis Senam pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang salah satu cabang olahraga Senam yaitu Senam lantai.
Senam Lantai merupakan salahsatu cabang olahraga senam yang dilakukan diatas lantai atau di lapangan dengan menggunakan Matras, gerakan dasar Senam lantai ini terdiri dari beberapa unsur diantaranya Gerakan Mengguling, Melompat berputar diudara menumpu dengan tangan, menumpu dengan kaki yang bertujuan untuk mepertahankan keseimbangan. untuk melakukan senam lantai dimulai dari dimulai dari gerakan ringan, gerakan sedang, gerakan berat dan gerakan akrobatik yang mengandung kelenturan keseimbangan dan ketangkasan.
Gerakan senam lantai ini diantaranya : Roll Depan (Forward Roll), Roll Belakang (Backward Roll), Tentingan Tangan ( Hand Stand Overlag), Kayang, Lompat Jongkok, Flik Flak, Lompat kangkang, Berdiri dengan Kepala (Kops Stand), Sikap Lilin, Salto kedepan/Kebelakang.
Dalam melakukan Senam lantai ini harus didampingi oleh Instruktur/Pelatih dan yang paling penting dalam melakukan senam lantai ini harus memerhatikan beberapa faktor diantaranya :

1. Pengunaan Matras.

Penggunaan Matras merupakan bagian yang paling penting dalam melakukan senam lantai, Penggunaan matras ini bertujuan untuk melindungi pesenam ketika melakukan rol atau gerakan yang relatif berbahaya seperti Roll, Flik flak, bahkan salto. Penempatan Matras merupakan hal yang paling penting karana untuk menghindari benturan dengan dinding atau lantai, Untuk penempatan matras diusahakan dilakukan di tempat yang rata/tidak bergelombang.

2. Pemanasan & Peregangan

Pemanasan merupakan Hal yang paling penting bagi orang yang akan melakukan kegiatan olahraga karena pemanasan berguna untuk melenturkan otot yang menjadikan tubuh siap untuk melakuakan gerakan. Begitu pun ketika kita hendak melakukan Senam lantai karena senam Lantai ini berisikan Gerakan gerakan yang memerlukan kelentukan dan kekuatan Otot sehingga apabila kita kurang pemanasan maka di khawatirkan akan mengakibatkan Cerdera.
Pada saat ini senam lantai banyak dilakukan oleh siswa di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi karena di sekolah Senam lantai ini dimasukan kedalam salah satu mata pelajaran Penjaskes.
demikian lah artikel saya tentang Senam Lantai Semoga bermanfaat.
Kunjungi Juga Artikel
  • Sejarah Senam
  • Jenis-jenis Senam

No More Posts Available.

No more pages to load.