Sejarah Volly Pasir / Pantai

oleh -

Sejarah Voli Pantai / Voli Pasir

Sejarah Voli Pantai —- Voli Pantai merupakan variasi dari Cabang olah raga Bola voli, perbedaan antara Bola Voli biasa dengan Bola Voli adalah pada tempat permainan dan juga jumlah pemain. Pada Voli Pasir permainan dilakukan diatas pasir dan pasir yang digunakan adalah pasir pantai sehingga banyak juga yang menyebut permainan Voli pantai ini sebagai Voli Pasir, untuk jumlah pemain juga sangatlah berbeda dengan permainan voli pada umum nya,  pada pemainan voli pantai jumlah pemain yang bermainan hanya 2 orang dalam 1 tim (tidak ada pemain cadangan). Pada awalnya permainan Voli Pantai ini di mainkan orang saat berrekreasi di daerah pantai  yang memiliki pasir yang luas dan bersih.

Sejarah Voli Pantai / Pasir.

Sejarah Voli Pantai —- Permainan Voli Pantai ini pertama kali dimainkan sekitar tahun 1920-an di sebuah kota yang bernama Santa Monica yang terletak di California, akan tetapi penyebaran permainan Voli Pantai ini perkembangan nya sangat lamban, penyebaran Voli Pantai ini mulai terlihat di mainkan di wilayah Benua Eropa sekitar tahun 1930 an dan Voli Pantai ini mulai Populer dan banyak dimaikan sekitar tahun 1980.
Pada waktu itu terdapat dua negara yang selalu mendominasi permainan Voli Pantai ini yaitu Brazil dan Amerika, kedua negara ini telah berpuluh-puluh tahun berkecimpung dan mendominasi Permainan Voli Pantai di setiap Even Internasional, Kemudian seiring dengan perkembangan Voli Pantai mulai masuk ke daratan Asia dan Australia sehingga mulai munculah negara ketiga yang mendominasi Permainan Voli Pantai ini setelah Brazil dan Amerika yaitu Australia.

Sejarah Voli Pantai  Di Indonesia

Permainan Voli Pantai mulai masuk dan berkembang  di Indonesia sekitar tahun 1990 an, ini terbukti dari keikutsertaan Indonesia dalam Kejuaraan Bola Voli Pantai level Asia pada tahun 1993, dan pada kala itu Atlet Indonesia yang di wakili oleh Zaenal & Dikdik berhasil mendominasi dan menjuarai Kejuaran asia Voli Pantai yang digelar di negara Filipina tersebut. dan sejak saat itu team Voli Pantai Indonesia menjadi team yang sangat diperhitungkan, dan hampir setiap Event Sea Games team indonesia selalu masuk ke dalam 5 besar bahkan pada Sea games Tahun 2009 tim putra Voli Pantai Indonesia berhasil mendapatkan Medali Emas.
Demikian lah Sejarah Singkat tentang Sejarah Voli Pantai semoga bermanfaat .

Artikel Olahraga Bola Voli lainnya  :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *