Sejarah Softball

oleh -
Olahraga Sofbol atau bahasa keren nya adalah SoftBall mungkin sebagian dari sobat ada yang belum mengetahui Olahraga ini, Softball adalah permainan beregu yang berasal dari Amerika Serikat tepatnya di Chicago yang diciptakan oleh George Hancook  tahun 1987. Pada awalnya sekelompok pemuda berkumpul sambil mendengarkan hasil pertandingan Sepakbola kemudian setelah diumumkan pemenang salah seorang pemuda mengeluarkan dan melemparkan Sarung Tinju dan melemparkannya ke salah seorang pemuda dan kemudian pemuda tersebut mengambil gagang sapu yang digunakan sebagai bat dari situlah asal muasal permainan Softball dimulai.
Dan beberapa waktu kemudian George Hancook mulai mengembangkan dan merancang Bola Softball dan bat yang Oversize, dan mulai membuat peraturan dasar permainan, setelah itu Peraturan Resmi permainan Softball mulai dibuat dan dikembangkan oleh Farragut Boat Club dan mulai dari saat itu olahraga Softball ini mulai dikenal, menyebar dan menjadi olahraga yang di mainkan oleh seluruh masyarakat pada saat itu. Dengan mulai dikenal dan mulai menjalarnya Olahraga Softball ini maka diperlukan peraturan resmi, sehingga mulai dibentuk International Softball Federation (ISF) peraturan ini berlaku menyeluruh, sehingga sejak saat itu mulai diadakan pertandingan-pertandingan baik lokal maupun antar negara.
Olahraga Softball ini mulai dikenal dan menjalar ke Eropa dan Asia, setelah `berakhirnya Perang Dunia II Softball menjadi permainan Olahraga yang diminati masyarakat terutama di Negara Jepang, Taiwan, Philipina dan Negara-negara lainnya. sehingga mulai dibentuklah Amateur Softball Asia (ASA-ASIA) yang beranggotakan Jepang, Philipina, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, Pakistan, India, Singapura, Muangthai, dan Indonesia. Kejuaraan Softball Asia pertama digelar di manila yang diikuti oleh lima (5) negara diantaranya Piliphina, Jepang, Taiwan, Korea Selatan dan Hongkong. sejak saat itu Olahraga Softball ini dilakukan setiap tahun. 

Perkembangan Softball di Indonesia

Olahraga Softball di Indonesia sebetulnya sudah dikenal dari Zaman pendudukan Belanda akan tetapi Softball hanya dilakukan pada Sekolah tertentu dan hanya dilakukan olehWanita saja karena ada anggapan bahwa Softball adalah permainan yang dilakukan oleh wanita saja. Akantetapi pada saat Asian Games Bangkok Olahraga Softball ini mulai digemari oleh Pria maupun Wanita.
Seiring dengan pesatnya penrkembangan Olahraga Softball ini maka mulai dibentuk lah Induk Organisasi Perserikatan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (PERBASASI). melalui PERBSASI ini di indonesia mulai diadakan Kompetisi Kejuaraan Softball tingkat Nasional, yang pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1967 dan pada PON ke VII Softball ini menjadi salah satu Olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional.

JANGAN LEWATKAN!:   Teknik dasar permainan Bulutangkis / Badminton

Demikian lah Artikel tentang Sejarah Olahraga Softball Semoga bermanfaat.
Bagi Sobat yang ingin mendalami Olahraga Softball Jangan lupa kunjungi Peraturan Permainan Softball.