Sejarah Sepak Takraw

oleh -
Sejarah Sepak Takraw —– Sepak Takraw merupakan Olahraga yang termasuk kedalam Olahraga bola Kecil,  Sepak Takraw ini merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki, Olahraga ini apabila kita amati seperti perpaduan antara Permainan Bola Voli dan Permainan Sepakbola karena untuk sentuhan bola bola dilakukan sebanyak 3 kali dan menggunakan Net layaknya permainan Volly dan akan tetapi dilakukan dengan menggunakan Kaki. Berbeda dengan olahraga lainnya bola yang digunakan dalam permainan Sepak Takraw ini terbuat dari anyaman Rotan yang dibentuk bundar seperti bola. pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan mengulas tentang Sejarah Permainan Sepak Takraw langsung saja “KE TKP…………………!!!!!” 

Sejarah Permainan Sepak Takraw

Sepak Takraw Berasal dari dua kata yaitu “SEPAK” (Malaysia) yang berarti menendang dan “TAKRAW” (Thai) yang berarti Bola ayaman, pemilihan nama untuk permainan ini merupakan kesepakatan dari dua negara pelopor yaitu Malaysia dan Thailand.
Olahraga Sepak Takraw ini pertama kali dimainkan pada masa Kesultanan Melayu pada Abad ke-15 yang pada kala itu dikenal sebagai Sepak Raga, sepak raga ini merupakan olahraga kaki yang menggunakan bola yang terbuat dari Rotan, pada waktu itu tun perak dan tun besar sedang bermain Sepak raga dan secara tidak sengaja bola yang di tendang mengenai tutup kepala Raja Muhamad sehingga membuat nya terjatuh, hal tersebut membuat Raja Muhammad murka dan kemudian Raja Muhammad langsung membunuh tun besar.

Kejadian tersebut membuat para saudara dari tun besar murka dan hendak membalaskan dendam dari tun besar, para saudara dari tun besar tersebut hendak membunuh Raja Muhamad, namu tun perak berhasil menahan mereka dan mengatakan bahwa ia tidak akan mengangkat Raja Muhammad sebagai pewaris Kesultanan. Kemudian setelah kejadian tersebut sultan Mansyus Syach menyuruh anaknya untuk meninggalkan Malaka dan kemudian mengangkatnya sebagai Penguasa di Pahang.

di Bangkok terdapat sebuah monumen yang menggambakan Dewa Hanuman bermain Sepak Takraw beserta pasukan keranya. Sejak saat itu Olahraga Sepak Takraw mulai berkembang dan mulai dimainkan oleh masyarakat Melayu, dan permainan ini mulai berkembang dan mulai diberlakukan perturan-peraturan permainan.
Pada tahun 1866 Asosiasi Olahraga Malaysia mulai menyempurnakan peraturan-peraturan pertandingan olahraga Sepak Takraw.  sejak saat itu perkembangan Olahraga Sepak Takraw ini mengalami perkembangan yang sangat Pesat dan menyebar ke berbagai negara Asia Tenggara.

 

 

Sejarah Sepak Takraw Di Indonesia

Sepak Takraw mulai berkembang di Indonesia sekitar tahun 1970, masuknya olahraga Takraw ke indonesia ini diawali oleh adanya kunjungan Muhibah Malaysia dan Singapura yang kemudian memperkenalkan Permainan Sepak Takraw, sebenar nya di Indonesia telah mengenal olahraga ini akan tetapi belum menjadi olahraga melaikan hanya sebatas permainan tradisional hal ini menjadi perkembangan Takraw relatif sangat cepat  berkembang khususnya di daerah Sulawesi Selatan, Riau, Sumatra Utara dan Sumatera Barat.

Keudian pada tahin 1971 mulai dibentuk induk Organisasi resmi Sepak Takraw yang bernama PERSERASI yang beranggotakan 4 anggota yaitu Pengda Sumut, Pengda Sumbar, Pengda Riau, dan Pengda Sulsel. yang kemudian pada tahun 1980 diadakan Kejurnas Sepak Takraw pertama dengan peserta sebanyak 14 tim.
Demikian lah ulasan tentang Sejarah Olahraga Sepak Takraw, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *