Sejarah Olahraga Dayung

oleh -
Sejarah Olahraga Dayung | Kumpulan-olahraga | ~ Sebagai negara maritim siapa yang tidak mengenal Olahraga Perlombaan yang menggunakan kayak yang satu ini, yaa…. Olahraga dayung.  sebagai Negara maritim yang hampir 70 persen wilayah negaranya dikelilingi oleh lautan Indonesia banyak banyak sekali potensi yang belum tergali dalam olahraga dayung ini, karena menurut cerita nenek moyang bangsa Indonesia adalah seorang pelaut yang handal saking handalnya dalam melaut dengan bangsa indonesia sampai menuangkan kehandalan dalam melaut kedalam suatu nyanyian. Untuk mengenal lebih jauh tenatang olahraga Dayung ini kumpulan Olahraga akan membahas tentang Sejarah Olahraga dayung secara umum.
Sejarah Olahraga Dayung ~  Secara umum Sejarah Olahraga Dayung itu sendiri tidak bisa ditentukan bangsda mana yang pertamakali menamukan olahraga tersebut, hal tersebut karena sejarah Olahraga dayung sudah ada sejak zaman kuno sampai Modern sekarang, dimana pada zaman kuno manusia belum banyak mengenal tulisan sehingga sangat sulit menentukan dengan pasti dari negara mana olaharaga dayung ini berasal. Dayung ini kemungkinan sudah dikenal sejak dahulu kala karena sebelum menggunakan motor sebagai penggerak perahu orang menggunakan Dayung sebagai alat untuk menggerakan/menjalankan perahu, hanya saja pada zaman dahulu belum ada balapan atau perlombaan seperti sekarang. Menurut catatan sejarah Mesir pada 1430 sebelum masehi menyatakan bahwa pejuang Amenhotep atau amenopis II terkenal dalam hal mendayung. di kepulauan Aenea para gadis melakukan salahsatu acara pemakaman yang dibuat oleh Aeneas untuk menghormati ayahnya. Menurut sejarah Pada abad ke 13 orang Venesia mengadakan Festival Regata yang didalam nya terdapat Balap / Perlombaan perahu antara satu dengan perahu yang lainnya.
1. Sejarah Olahraga Dayung Kuno. 
Sejarah olahraga Dayung ~ Canoe atau kayak merupakan Olahraga Perlombaan yang relatif baru, meski penggunaan jenis perahu kano ini kembali mengenang zaman kuno akan tetapi pada saat ini kano menjadi salahsatu olahraga yang di pertandingkan dalam perlombaan nasional dan internasional. Kayak ini di perkirakan berasal dari greenland dimana orang Eskimo telah mempergunakan kayak sebagai alat transportasi untuk berburu di perairan.
Sejarah Olahraga Dayung ~ W.P Stephens di dalam bukunya “Canoe dan Pembuatan Perahu untuk Para Amatir” pada tahun 1880 an. mendefinisikan kano sebagai “sebuah perahu yang panjang dan berproporsi sempit, Runcing dikedua ujung nya dan digerakan oleh dayung yang di genggamkan pada tangan, tanpa ada sebuah fulcrum yang tetap, pesertanya mengahadp ke depan” . Rekor pertama perlombaan perahu layar kayak dalam sejarah diselenggarakan di inggris pada tahun 1715 oleh seorang aktor inggris Thomas Dogget. Peninggatan besar dalam perlombaan kayak masuk pada tahun 1890 an seorang berkebangsaan Skotlandia John Mc. Gregor sering dianggap sebagai bapak kayak yang telah membuat, Rob Roy nya dengan panjang 4 meter, lebar 75 cm dan beratnya 30 Kg. 
Sejarah Olahraga Dayung ~ Kemudian  sekitar tahun 1864 dan 1867 ia melakukan tour ke perairan inggris kemudian, Perancis, Jerman, Swedia bahkan ke palestina dengan menggunakan perahu kayak. dan setelah beliau kembali ke inggris kemudian membentuk sebuah organisasi yang bernama The Royal Canoe Club. sejak tahun 1890 an kano menjadi salah satu kegiatan olahraga yang populer di seluruh benua eropa. sejak saat itu mulai muncul peningkatan konstruksi dan rancangan perahu kayak ini Alfred Heinrich membuat “Foltboat” pertama, Foltboat ini menjelaskan sebuah kayak yang dibuat secara rekreasional : sebuah kanvas yang berlapis karet yang melapisi sebuah kerangka kayu yang dapat dibentangkan dan dilipat kembali dengan mudah. 
kemudian seiring perkembangakn kano yang sangat oesat mulai muncullah keujuaraan kano Internasional dan kemudian memunculkan negara-negara yang mendoninasi kejuaraan kano internasional diantaranya adalah Rusia, Hungaria, Rumania, Jerman timur dan Bulgaria. Namun kemenangan diraih oleh negara Polandia, Inggris, Selandia Baru, Amerika Serikat, Australi, dan negara-negara eropa pada era 80-90 an. meskipun kano ini berasal dari daratan Eropa barat akan tetapi kano ini diterima dan dikembangkan bahkan yang mendominasi di setiap kejuaraan  adalah negara-negara yang berada di kawasan Eropa Timur, dan pada saat ini Federasi Canoe Internasional telah beranggotakan kurang lebih 80 negara dari seluruh dunia.
2. Sejarah Olahraga Dayung Modern
Sejarah Olahraga Dayung ~ Olahraga Dayung telah dikenal sejak zaman sebelum masehi akan tetapi baru diperkenalkan dan diresmikan sebagai Olahraga perlombaan  pada abad Ke-16, Menurut catatan sejarah raja hendri memperuntukan sungai Thames sebagai sugai yang hanya boleh dilewati oleh para pendayung yang memiliki Izin, sejak saat itu banyak sekali masyarakat inggris yang berlomba untuk menjadi seorang pendayung yang baik, dan sejak saat itu banyak bermunculan perlombaan-perlombaan yang diadakan untuk meperebutkan gelar sebagai pendayung terbaik, inilah yang kemudian menjadi awal terciptanya suatu Cabang Olahraga Dayung, dan sejak saat itu perlombaan dayung mulai menjamur dan diadakan hampir di seluruh perairan. 
Dan pada saat ini Olahraga dayung sudah menjadi Cabang Olahraga  yang sering di perlombakan dalam berbagai event nasional seperti Porda, dan PON dan di Internasional seperti SEA GAMES, Olimpiade dan kejuaraan-kejuaraan lainnya.
Demikian lah Sedikit ulasan tentang Sejarah Olahraga dayung secara umum yang berhasil kami rangkum, semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *