Sejarah Anggar

oleh -

Sejarah Anggar

Cabang Olahraga di dunia ini terdapat beberapa olahraga yang diadopsi dari ilmu Ketangkasan Berperang seperti Panahan, Anggar, Gulat, Tinju, dsb. olahraga ini berkembang karena kegiatan ini dinilai sangat penting pada masanya. karena dahulu kegiatan ini sangatlah penting untuk meningkatkan keterampilan berperang, dan seiring berkembang nya zaman maka kegiatan tersebut mulai dimasukan kedalam Kegiatan Olahraga.
Pada artikel saya sebelumnya saya saya telah mengulas tentang Sejarah Panahan dan Peraturan Panahan dan Teknik Panahan, dan pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Sejarah Olahraga Anggar.
Sejarah Anggar —- Kata Anggar berasal dari bahasa Perancis “en Garde” yang dalam bahasa indonesia berarti “Bersiap”. sehingga kata “en Garde” ini digunakan sebelum permainan Anggar ini dimulai yang berarti memberi isyarat kepada pemain untuk bersiap, Anggar adalah sebuah cabang olahraga ketangkasan yang menggunakan pedang sebagai alat untuk bermain menurut sejarah dahulu Olahraga Anggar ini merupakan olahraga Beladiri yang menggunakan pedang, menurut sejarah cikal bakal permainan Anggar ini berasal dari bangsa Persia, Yunani, Romawi dan Babilonia, hal ini ditunjukan dengan ditemukannya relief di candi Luxor di mesir yang menggambarkan Permainan ketangkasan Anggar, di sana tergambar dua orang yang sedang melakukan permainan dengan menggunakan Pedang dan perlengkapan baju perang sebagai pelindung/pengaman dari tajam nya pedang, dan di relief tersebut tergambar pula seorang pencatat hasil pertandingan hal ini semakin mempertegas bahwa Anggar sudah dilakukan pada zaman dahulu.
Sejarah Anggar —- Seiring dengan perkembangan zaman permainan Anggar ini mengalami beberapa modifikasi dalam permainan dan perlengkapan yang dikenakan yang semula menggunakan pakaian Perang yang berat dan pedang yang tajam dan besar kini menggunakan pedang yang ringan dan kecil juga pakaian khusus sebagai pelindung dari pedang Anggar. di Eropa olahraga Anggar ini mulai berkembang pesat ini terbukti dengan berdirinya sekolah-sekolah Anggar, dari sekolah Anggar ini lah mulai lahir Juara-juara Anggar salah satunya adalah Frankfurt dan Marxbruder sejak saat itu lah olahraga Anggar ini mulai menyebar ke seluruh Benua.
Sejarah Anggar —- Pada masa pemerintahan Louis XIV mulai dilakukan penyempurnaan Pakaian Permainan Anggar yang semula masih menggunakan Baju besi menjadi pakaian yang berbahan dasar Sutera Satin, Jas panjang Brookat dan celana dengan panjang samapai Lutut, dengan kaos kaki panjang, dan setelah itu sekitar tahun 1780 di sempurnakan lagi oleh Pria berkebangsaan perancis La Boesiere dengan penggunaan pelindung wajah dengan menggunakan Topeng, pada saat itu juga permainan Anggar ini merupakan permainan yang paling penting dikalangan orang-orang terhormat, dan pada tahun 1986 Permainan Anggar ini mulai diperkenalkan di Perhelatan Internasional yaitu Olimpiade.

Sejarah Anggar Di Indonesia 

Sejarah Anggar —- Permainan Anggar masuk ke indonesia dibawa Oleh Bangsa Belanda, pada waktu itu Permainan Anggar ini diwajibkan bagi seluruh pasukan dikarenakan Permainan Anggar ini digunakan untuk melatih dalam mengunakan Sangkur / Belati, dengan tujuan untuk berperang.

Sejarah Anggar —- Permainan Olahraga Anggar ini pertama kali dipertandingkan di Indonesia sekitar tahun 1948 pada pekan olahraga di Kota Solo, Jawa Tengah sampai sekarang Olahraga Anggar ini di ikutkan kedalam  Cabang Olahraga yang dipertandingkan di setiap Ajang Olahraga tingkat daerah maupun tingkat Nasional (PON). Perkumpulan Olahraga Anggar di indonesia petama kali didirikan oleh Kasimin Atmoseowirjo, Soekarno, dan Drh. Singgih, pada tahun 1950 ketiganya mulai mengembangkan Olahraga Anggar ini sehingga olahraga Anggar ini mulai menyebar ke seluruh penjuru Indonesia, Induk Organisasi Olahraga Anggar di Indonesia adalah IKASI (Ikatan Anggar Seluruh Indonesia).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *