Review Asus RTX 2060 TUF Gaming, yang Cocok Buat PC Mini ITX Gahar

oleh -
Radar Ampera – Karena TUF Gaming sudah cukup berhasil dalam mengeluarkan produk-produk yang awalnya hanya laptop, merambah ke motherboard, dan sekarang TUF Gaming mulai mengeluarkan produk-produk VGA cardnya. Dan salah satunya yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah Asus RTX 2060 TUF Gaming. Apakah kualitas dan performa dari Asus RTX 2060 TUF Gaming ini bisa mengimbangi atau bahkan bisa menyaingi saudaranya, Seri Asus Strix ?

Asus RTX 2060 TUF Gaming, yang Cocok Buat PC Mini ITX Gahar

Review Asus RTX 2060 TUF Gaming, yang Cocok Buat PC Mini ITX Gahar

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Desain packaging dari graphic card TUF, hampir sama dengan desain packaging dari Asus TUF motherboard. Masih didominasi warna hitam, ngga dibikin warna-warni kaya Asus Strix line-up. Walaupun begitu, Asus ngeklaim ngga ada fitur-fitur yang disunat dari VGA card seri Asus Strix. Unboxing experience Asus TUF ini termasuk biasa, ngga kaya Seri Asus Strix yang lebih premium, itu juga karena beda harga.

Melihat ke GPU-nya, RTX 2060 TUF Gaming hanya mempunyai dua fan dengan konsep open air cooling. Jadi seharusnya ngga terlalu berisik sih jika dibandingkan dengan GPU blower fan. GPU-nya cukup tebal tapi tidak terlalu panjang-panjang banget, masih bisa muat apabila mau dipasang case kecil macam NZXT H210i, bahkan masih menyisakan di bagian bawahnya untuk ruang air flow VGAnya.

Buat koleksi port, TUF Gaming ini cukup lengkap. Ada satu port DVI, dua HDMI 2.0, satu display port 1.4, dan yang kurang hanya koneksi type-C aja menurut gue. Dipengetesan kali ini kita akan menggunakan spek yang sama dengan yang ada pada RTX 2070, agar bisa kita bandingkan.

Yaitu menggunakan processor Ryzen 7 2700X, RAM Corsair 32 GB yang diclock di 3200 Mhz, Corsair H100i untuk coolingnya, dan ditest di casing Corsair Cristal 570X. Saat dinyalakan, VGA ini ngga mempunyai lampu-lampu RBG layaknya VGA-VGA lain, kaya Strix yang heboh-heboh. Tetapi bukan berarti VGAnya tidak mempunyai fitur-fitur yang dipunyai VGA lain. Buktinya Asus GPU tweak aja bisa nge-tweak GPU-nya dari gaming mode ke OC mode.

Walaupun TUF Gaming memiliki harga yang lebih murah dari saudaranya, backlightnya tetap ada dan build qualitynya juga bagus kok. Bahkan desain dari bodynya bisa menutupi seluruh heat sink yang ada di dalamnya, beda dengan VGA-VGA lain seperti Galax yang ngga ngecover semua bagian heat sink.

Keunikan lainnya adalah clock speed VGA TUF Gaming ini bisa lebih banyak sedikit dari yang versi Strix. Padahal kan harganya mahal yang Strix. Dan berikut adalah hasil dari pengujian skor dan gamingnya.

Nah, selanjutnya adalah masalah heat manajemen. Suhu dari GPU ini juga ngga panas-panas banget. Karena pada dasarnya RTX 2060 ngga panas pada saat keadaan full load. TDP juga cuma sekitar 160 Watt, jadi hanya membutuhkan 8 power pin untuk support powernya.

Kesimpulannya, Asus RTX 2060 TUF Gaming adalah VGA yang solid, mewah, dan tetap low profile kalau misal kalian punya build PC kualitas tinggi yang ngga rame dengan RGB-RGBan. Kedepannya mungkin kita akan build PC full black dengan VGA TUF Gaming ini. Agar terlihat sama warnanya dengan VGA TUF Gamingnya. Ngga banyak RGB-RGBan tetapi tinggi diperfoma.

Harga per Tanggal 29 Januari 2020 Mulai dari
Rp 6.000.000

(*)