Peraturan Tenis Lapangan

oleh -
Selamat siang sobat Kumpulan Olahraga, dalam artikel saya sebelumnya saya telah sekilas membahas tentang Sejarah Tenis lapangan. nahhhhhhh….. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sekilas tentang Peraturan Tenis Lapangan. 

Peraturan dasar Tenis Lapangan

Dalam Permainan Tenis lapangan raket tenis harus memenuhi standar yaitu 29 Inchi (73,66 Cm) dan lebar 12,5 Inchi ( 31,75 Cm) dan terdapat arel pukul berupa senar dan harus Rata. dalam permainan Tenis tidak diperkenankan memukul bola menggunakan alat lain atau anggota tubuh lain nya.
Raket Tenis
Untuk ukuran Net pada permainan Tenis ini terdapat perbedaan tinggi antara pinggir net dengan bagian tengah, pada bagian tengah nya dibuat lebih pendek sedikit yaitu 0,914 meter (4 Milimeter nya harus tepat) sedangkan bagian pinggir tingginya 1,07 meter dan pada bagian tengah nya terdapat tali untuk memastikan bagian tengah net lebih rendah dari bagian Pinggir.
Net Tenis
Untuk bola Tenis terbuat dari karet yang dilapisi bulu optik dengan diameter bola antara 6,541 cm sampai dengan 6,858 cm, sedangkan untuk berat bola tenis harus memenuhi standar yaitu antara 56,0 gram sampai 59,4 gram 
Bola tenis
Lapangan dalam permainan Tenis harus rata dan untuk luasan harus memenuhi standar internasional yaitu dengan panjang 23,78 meter dan dibagi dua sama panjang, untuk lebar lapangan permainan tunggal yaitu 8,23 m sedangkan untuk permaian double/ganda menambah alley 1,37 m di kedua sisinya. utnuk garis lapangan harus memiliki ketebalan tertentu yaitu satu sampai dua inchi (25,4 – 50,8 mm). khusus untuk garis baseline sama panjang antara bagian kiri dan kanan.
dalam memukul bola diharuskan bola memantul 1 (satu) kali pada daerah sendiri`dan jika kita membiarkan bola memantul lebih dari satu pantulan maka Poin untuk lawan. akan tetapi dalam tenis ini diperbolehkan memukul tanpa harus menunggu bola memantul (Volley) dan bola dinyatakan masuk apabila dapat melewati net dan tanpa memantul di daerah sendiri, sedangkan bola dinyatakan keluar jika jatuh di luar lapangan atau tidak menyentuh garis sama sekali. 
didalam lapangan terdapat dua kotak kecil dengan ukuran 6,40 m dan memiliki lebar yang sama kotak tersebut berfungsi sebagai area pantul ketika melakukan Serve.
Dalam melakukan s


Ukuran Lapangan Tenis

Serve (Pukulan Pertama) Server (sebutan untuk yang melakukan Serve) dan Reserver (Yang menerima bola) harus berada bersilangan / berbeda kotak, jadi apabila serve dilakukan di kotak sebelah kiri maka penerima serve harus berada di kotak sebelah kanan. Bola serve harus memantul di kotak kecil tersebut dan apabila maka point untuk lawan.


Contoh Skor Tenis
Perhitungan SKOR dalam Tenis ini sangat lah berbeda dengan olah raga lainya saat kita mencetak Point kita tidak langsung mendapatkan 1 game, untuk mendapatkan 1 game kita harus mencetak beberapa point terlebih dahulu dan ini disebut Point kecil. Untuk point kecil dimulai dari angka 0-0 , jika kita mencetak point maka skor berubah menjadi 15-0 , bila kita mencetak point lagi maka skor berubah menjadi 30-0, dan apabila kita mencetak point lagi maka skor menjadi 40-0 (Emang bukan kelipatan 15 hehehehe. untuk deuce dilakukan apabila Skor sama kuat 40-40 tetapi apabila serve mendapat point lagi maka akan terjadi game. dalam satu permainan pemain harus memenangkan 6 game, pemain dianggap memenangkan pertandingan jika skor 6-0, akan tetapi jika permainan sama kuat dengan skor 6-6 maka diadakan game ke 7 dan dilakukan point kecil tie-break, yang berbeda dengan game-game sebelumnya tie -break menggunakan skor kecil 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 dan jika skor 6-6 maka dilakukan Deuce sampai permainan berakhir (ada Pemenang.

Sekian dulu ya Sobat Kumpulan Olahraga, semoga bermanfaat.
terimakasih……!!!!!  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *