Peraturan Sepak Takraw

oleh -
Peraturan Sepak Takraw ——- Sepak Takraw merupakan Olahraga yang sangat mengandalkan kekuatan kaki, sepak takraw ini merupakan Permainan yang berasal dari kerajaan melayu (Malaysia & Thailand) sehingga kata Sepak Takraw ini diambil dari bahasa kedua negara tersebut. Pada artikel saya sebelumnya saya telah membahas tentang Sejarah Permainan Sepak Takraw, nahhh pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Peraturan Permainan Sepak Takraw. Cekidotttttt……………..:::::)

Peraturan Sepak Takraw.

Banyak yang menyebutkan bahwa Sepak Takraw ini merupakan perpaduan antara Sepak Bola dan Bola Volly karena permainan ini merupakan olahraga kaki yang mengandalkan Tendangan dan Jugling dengan bola yang terbuat dari anyaman Rotan. akan tetapi permainan Sepak Takraw ini sangat lah mirip dengan permainan Bola Volly karena untuk mendapatkan Point kita harus menjatuhkan/menendang bola dengan melewati net (Seperti Permainan Bola Volly).
Sepak Takraw Ini memiliki Peraturan-peraturan dasar yang harus di patuhi diantaranya :

1. Lapangan

Untuk lapangan Sepak Takraw ini memiliki ukuran panjang  13,40 m  dan lebar 6,10 m dengan bagian tengah lapangan dibatasi oleh jaring Net yang membagi lapangan menjadi 2 (Dua) bagian sama besar, Sepak Takraw ini dapat dilakukan di dalam ruangan meupun di luar ruangan akan tetapi apabila permainan dilakukan didalam ruangan maka tinggi atap gedung minimal harus 8 m dari permukaan lantai dan lapangan di tandai oleh garis selebar 4 cm.
berikut ini merupakan Contoh Lapangan Sepak Takraw .
Gambar Lapangan Sepak Takraw

2. Net

Seperti hal nya Permainan Volly tinggi net pada permainan Sepak Takraw ini pun di bedakan antara pemain Putra dan Putri, untuk ukuran tinggi net adalah sebagai berikut :
  • Putra : Tinggi Net 1,55 m pada bagian pinggir dan minimal 1,52 m pada bagian tengah lapangan
  • Putri : Tinggi Net 1,45 m pada bagian tengah dan minimal 1,42 m pada bagian tengah lapangan.
  • Posisi tiang net harus berada 30 cm dari garis pinggir lapangan.
Net haruslah terbuat dari bahan yang kuat dimana tiap lubangnya memiliki lebar 6-8 cm, untuk lebar net ini 70 cm dengan panjang 6,10 m
Bola Sepak Takraw

3. Bola

Untuk bola pada permainan Sepak takraw ini sangatlah berbeda dengan bola bola lainnya karena pada Sepak Takraw bola yang digunakan Terbuat dari anyaman Rotan atau plastik, dn antara pemain putri dan putra terdapat perbedaan ukuran bola, untuk Putra bola memiliki ukuran Lingkaran 42-44 cm dengan berat 170-180 gr dan untuk putri memiliki ukuran 43-45 cm dengan berat 150-160.

 

 4. Pemain

 Permainan Sepak takraw ini setiap regunya terdiri dari 3 orang dengan masing masing tim terdiri dari 4 orang (3 Permain inti dan 1 Pemain Cadangan) posisi pada permainan Takraw ini terdiri dari 3 macam yaitu Tekong, Apit Kiri dan apit Kanan), Tekong adalah pemain yang bertugas sebagai penendang awal ketika permainan dimulai, sedangkan apit kiri dan apit kanan merupakan pemain yang bertugas untuk mengumpan bola kepada tekong ketika akan memulai permainan (Servis). dalam olahraga ini sistem pergantian pemain hampir sama dengan permainan Futsal jadi pemain yang telah di gantikan oleh pemain cadangan dapat digantikan kembali oleh pemain lainnya, akan tetapi apabila pemain yang endapatkan kartu merah maka pemain tersebut tidak dapat di gantikan oleh pemain lainnya, dan regu yang pemainnya kurang dari 3 orang maka akan dianggap kalah.

Pelanggaran

Pelanggaran Penyepak Bola.

  1. Apabila pelambung masih memainkan Bola, melemparkan Bola pada teman sendiri, memantulkan, melempar dan menangkap lagi setelah wasit menyebut posisi angka.
  2. Apabila Penyepak bola mengangkat kaki, menginjak Garis, menyentuh / melewati garis bawah net ketika melambungkan bola.
  3. Tekong melakukan lompatan ketika melakukan Service, kaki tumpuan tidak berada dalam lingkaran atau menginjak garis lingkaran servis.
  4. Tekong tidak menendang bola yang dilambungkan ke arahnya.
  5. Bola menyentuh salah seorang pemain tim sendri sebelum bola melewati net.
  6. Bola jatuh diluar lapangan 
  7. Bola tidak melewati net.
Permainan Sepak Takraw

Pelanggaran Penerima Servis

Pelanggaran penerima servis juga ada beberapa macam diantaranya adalah berusaha mengalihkan perhatian lawan seperti Isyarat tangan, menggeretak atau membuat keributan sehingga dapat merugikan lawan.

Sistem Perhitungan Angka.

Dalam pertandingan Takraw ini sistem perhitungan Angka / Point dilakukan apabila terjadi hal-hal sebagai berikut :
  • Penerima servis melakukan kesalahan, maka secara otomatis tim yang bertahan akan mendapatkan Point sekaligus mendapatkan tendangan servis.
  • Angka kemenangan setiap set adalah sebanyak 15 Point, Pada saat Point angka Kembar (14-14) maka dilakukan Deuce dan tim yang menang apabila telah mencapai angka selisih 2 dari tim lawan (14-16).
  • Tim pemenang adalah tim yang terlebih dahulu memenangkan 2 set.
  • Sistem perhitungan Point dengan cara Rally Point.
Demikian lah ulasan tentang peraturan Permainan Sepak Takraw Semoga bermanfaat.
untuk Sobat yang akan memperdalam pengetahuan tentang Sepak takraw, kunjungi lah 
  • Sejarah Sepak Takraw
  • Peraturan Sepak Takraw
  • Teknik Permainan Sepak Takraw

     

     

     

     

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *