Peraturan Permainan Hockey

oleh -

Hockey merupakan sebuah Olahraga bola kecil yang menggunakan tongkat sebagai alat untuk memukul, menggiring dan memasukan bola kedalam gawang. Pada postingan saya sebelum nya saya telah mengulas tentang Sejarah Olahraga Hockey. Nahhhhh…. pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang peraturan olahraga Hockey.
Permainan Hockey ini merupakan Olahraga pertandingan sehingga mempertemukan 2 tim dalam satu lapangan yang terdiri dari 11 orang dari masing-masing tim. dalam permainan Hockey ini ada peraturan umum yang harus di patuhi setiap pemain diantaranya :

A. Dinyatakan sebagai Pelanggaran

  1. Ketika sedang bertanding setiap pemain dilarang untuk mengangkat alat stick/Pemukul bola diatas pundak nya karena dapat membahayakan pemain lainnya.
  2. Melakukan gerakan yang membahayakan pemain lainnya.
  3. setiap pemain dilarang keras memukul bola keudara.
  4. Menahan Bola atau menendang bola dengan kaki Kecuali Penjaga gawang memiliki hak penuh unutk menendang, menahan dengan anggota badan lainnya asalkan tidak berbaring dengan bola diatas atau d bawah tubuhnya.
  5. Menahan atau memukul stick lawan.
  6. menjatuhkan lawan, menghalangi serta menjegal pergerakan lawan.

B. Hukuman.

a. Fre Hit / Pukulan Bebas.

Freehit ini intinya hampir sama dengan Freekick pada Sepakbola, Freehit ini dilakukan dimana pelanggaran dilakukan.

b. Penalty Corner-Short Corner

Penalty Corner dilakukan di bagian garis pinggir gawang regu sekurang-kurangnya 2,75 meter dari tiang gawang terdekat, hal ini dilakukan apabila pemain yang bertahan menyentuh bola di daerah gawangnya atau disebabkan oleh pekanggaran lainnya di daerah Sriking Circle.

 C. Penalty Stroke

Penalty Stroke ini diberikan apabila terjadi sebuah pelanggaran didalam area Striking Circle atau salah seorang pemain bertahan menghalangi bola yang akan masuk kedalam gawang dengan cara yang tidak dianjurkan sehingga menghasilkan pelanggaran, Penalty Stroke ini dilakukan dari jarak 7,31 m dan dilakukan tepat didepan gawang  dan pemain lain nya berada di belakang garis 25 yard. dan bila mana penjaga gawang dapat menahan atau memblok pukulan Penalty ini maka tim yang bertahan akan mendapatkan pukulan bebas free hit dari titik yang berjarak  14,63 dari gawang.

D. Corner Hit – Long Corner 

Corner hit ini diberikan apabila salah seorang pemain bertahan memukul atau memainkan bola ke belakang garis gawang, Corner hit ini dilakukan dari sebuah titik sejauh 9,14 m dari tiang gawang terdekat dan pemain yang melakukan serangan harus berada di belakang Striking Circle atau garis D

E. Offside

Offside terjadi apabila salah seorang pemain lawan mendahului bola yang di umpan / Di oper oleh tim yang melakukan serangan menyerang dan orang tersebut berada di belakang pemain bertahan di daerah pertahanan lawan.

F. Hit In.

Pukulan ini dilakukan apabila bola yang dipukul keluar atau bola mengenai stick lalu keluar lapangan, pukulan ini dilakukan di tempat dimana bola tersebut keluar garis pinggir, akan tetapi apabila bola yang dipukul oleh seorang penyerang melampaui garis gawang maka dilakukan dari suatu titik 14,63 m pada arah dimana bola tersebut keluar lapangan.

Untuk melakukan serangan secara sempurna dibutuhkan Stop/Menahan Bola yang baik, karena keberhasilan sebuah serangan sangat ditentukan oleh keberhasilan menyetop/menahan Bola. Stop bola ini juga berguna untuk mempermudah seorang pemain untuk melihat dan mengontrol kemana bola tersebut akan di berikan, akan tetapi kebanyakan pemain sering tidak sempurna dalam melakukan Stop Bola ini apalagi jika dilakukan dengan Stp Berdiri karena stop berdiri ini membutuhkan ketepatan posisi badan dan pegangan Stik harus benar benar sempurna.

Demikian lah Artikel tentang Peraturan Permainan Hockey, Jangan lupa kunjungi lah artikel tentang Sejarah Permainan Hockey
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *