Peraturan Panahan

oleh -
Peraturan Olahraga Panahan —- Panahan merupakan olahraga yang menggunakan Olahraga yang menggunakan Busur dan Anak panah, panahan ini mulai dikenal sejak 5000 tahun yang lalu yang pada awalnya panahan ini merupakan alat untuk berburu yang kemudian seiring perkembangan zaman panahan ini digunakan untuk Berperang dan selanjutnya panahan ini dimasukan kedalam bagian dari cabang olahraga ketepatan. Pada Artikel saya sebelumnya saya mengulas tentang Sejarah Panahan nahh pada kesempatan kali ini saya akan Sedikit mengulas tentang Peraturan Olahraga Panahan.

Sasaran Panahan
Peraturan olahraga Panahan —- Didalam olahraga panahan ini terdapat beberapa peraturan diantaranya sebagai berikut :

 1. Peraturan Panahan —- Nomor Olahraga Panahan.

  • Panahan Nomor Tradisional : Pada Nomor Panahan Tradisional ini Busur panah masih menggunkan kayu yang utuh seperti pada zaman dahulu, dan kegiatan Panahan ini dilakukan di luar ruangan (Outdor), dan posisi menembak dilakukan dalam posisi duduk dengan target menyesuaikan.
  • Panahan Nomor Nasional : Pada Nomor panahan Nasional Busur yang digunakan terbuat dari kayu dan Bambu, akan tetapi pada hal peraturan hampir sama dengan Panahan Nomor Internasional.
  • Panahan Nomor Internasional : Berbeda dengan Nomor-Nomor panahan lain nya pada Nomor panahan Internasional Busur panah terbuat dari bahan sintetis, dan juga pada bagian lapangan (arena) di bedakan lagi menurut jenis lapangan nya yaitu Outdor (Luar Ruangan) dan Indor (Dalam Ruangan) , Pada Panahan Nomor Internasional di bedakan menurut jenis busurnya yaitu nomor Recuve dan Nomor Cumpound.

2. Peraturan Olahraga Panahan —- Busur, Anak Panah dan Sasaran.

Coumpound Bow

  1. Busur —- Dalam olahraga panahan terdapat beberapa jenis busur yaitu busur Tradisional dan Busur Recuve, dalam panahan Busur recuve adalah busur yang terdiri dari 4 bagian utama yang dapat dibongkar pasang. pada bagian Handle terbuat dari kayu keras atau alumunium pada limb (Daun Busur) terdapat dua bagian yaitu atas dan bawah, pada busur panahan ini terbuat dari bahan yang elastis separti Bambu dan serat akrbon dan yang terakhir pada bagian string terbuat dari bahan yang tahan atas regangan, seluruh bagian dari busur ini dapat di bongkar pasang sehingga memudahkan untuk di bawa.
  2. Anak Panah —- Anak panah yang digunakan pada olahraga panahan ini umum nya terbuat dari bahan Kayu atau Bambu akan tetapi anak panah yang terbuat dari bambu umum nya lebih tahan lama dibandungkan anak panah yang terbuat dari kayu karena bambu memiliki elastisitas yang lebih baik dibandingkan dengan kayu, Pada bagian belakang ujung anak panah terdapat Nock yang berfungsi sebagai alat untuk memegang tali busur (String), dan pada bagian depan nya terdapat kepala anak panah yang biasanya terbuat dari mata logam.
  3. Sasaran —- Sasaran pada Olahraga panahan ini disesuaikan dengan nomor olahraga yang dilakukan, pada nomor Outdor ukuran targetnya berdiameter 80 cm seang pada nomor indor ukuran targetnya 40 cm atau 60 cm, dan pada nomor outdor jaraka sasaran adalah sejauh 80 meter sedangkan untuk Indor hanya 25 meter.

3. Peraturan Olahraga Panahan  —- Ronde Panahan

 Di dalam olahraga panahan terdapat beberapa Ronde panahan dan klasifikasi berdasarkan alat diantaranya : 

  1. Ronde Fita Recuve Panah buatan Amerika dan korea ini dipakai untuk standar pertandingan Panahan Internasional, bahan nya terbuat dari campuran Fiber dan Karbon dan memiliki berat sekitar 5 kg dan jarak yang dilombakan yaitu 90 meter, 70  Meter, 50 Meter, dan 30 Meter. 
  2. Ronde Fita Coumpound Sama seperti Recuve hanya saja pada Coumpound terdapat roda pada sisi-sisi busur, dan pada saat ditarik itu memiliki angka Nol dan jarak yang dilombakan yaitu 90 meter, 70 Meter, 50 Meter, dan 30 Meter.  
  3. Ronde Fita Nasional / Standar Bow untuk ronde ini hanya di berlakukan di Indonesia dan jarak yang diperlombakan adalah 50 Meter, 40 Meter, dan 30 Meter. ini relatif lebih ringan dibandingkan dengan Recuve dan Coumpound dan untuk pada pemula dianjurkan agar memakai ini.
  4. Tradisional (Tanpa Asesoris) pada ronde ini posisi memanah dilakukan dengan posisi duduk akan tetapi pada saat ini ronde ini sudah sangat jarang sekali di pertandingkan.

3. Peraturan Olahraga Panahan —-  Lapangan Panahan

Lapangan panahan ini dapat di bedakan menjadi dua yaitu Lapangan Panahan Outdor dan Lapangan Panahan Indor, pada lapangan panahan ini dilengkapi dengan kamera dari berbagai sisi hal ini digunakan agar mempermudah juri dalam melakukan penilaian.
Demikian lah ulasan tentang Peraturan Olahraga panahan, semoga bermanfaat.
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *