Peraturan dan Perlengkapan Permainan Anggar

oleh -

Peraturan Anggar

Peraturan Anggar —- Anggar merupakan Olahraga yang sangat mengandalkan ketangkasan baik itu ketangkasan dalam melakukan serangan seperti ketangkasan menusuk, menangkis, dan memotong dengan menggunakan senjata (Pedang Khusus Anggar) atau pun ketangkasan dalam melakukan gerak. Selain itu seorang pemain Anggar harus memiliki Refleks yang baik, hal ini bertujuan agar seorang pemain dapat dengan cepat mengambil keputusan baik dalam melakukan serangan maupun dalam melakukan pertahanan, dalam permainan anggar terdapat beberapa nomor diantaranya adalah Floret/Foil, Degen/Epee, dan Saber/Sabre, untuk wanita biasanya dipertandingkan di nomor floret.

Peraturan Anggar —- Dalam permainan Anggar terdapat beberapa peraturan dan perlengkapan yang harus di patuhi dan dikenakan oleh seluruh pemain Anggar diantaranya sebagai berikut :

1. Peraturan Anggar —- Arena Pertandingan

Lapangan Prtandingan Anggar
Arena Pertandingan Anggar

Peraturan Anggar —- Arena Pertandingan Anggar biasanya terbuat dari Kayu dengan lebar Arena minimum 13 meter dan pada umumnya pada kejuaraan resmi panjang Arena adalah sepanjang 15 Meter,

2. Peraturan Anggar —-  Wasit

Peraturan Anggar —- Pertandingan Anggar ini di pimpin oleh dua orang wasit yang bertugas untuk memimpin pertandingan, selain wasit untuk mempermudah dalam menghitung point pertandingan di gunakan juga peralatan elektronik yang akan memastikan bahwa tusukan yang dilakukan mengenai sasaran atau tidak, ujug pedang pada permainan anggar akan menyalakan lampu di meja juri jika tusukan yang dilakukan tersebut mengenai lawan karena ujung pedang tersebut berfungsi sebagai sebuah sakelar pada lampu. pada bagian belakang pemain Anggar dilengkapi oleh kabel yang menghubungkan Lampu pada meja Juri yang disebut dengan Apparatus Of Judging, selama pertandingan berlangsung pemain dilarang untuk memindahkan pegangan dari tangan kanan ke tangan kiri ataupun sebaliknya.
   

3. Peraturan Anggar —- Nomor Pertandingan Anggar 

a. Floret/Foil

loading…

 Peraturan Anggar — Pada pertandingan Anggar nomor Floret/Foil Atlet anggar hanya diperbolehkan bergerak maju dan mundur dan serangan atau tusukan pedang nya hanya diperbolehkan / diarahkan ke daerah yang disebut “Torso“.
Torso adalah bagian Dada, Perut Bagian Bawah, Perut, dan Bahu depan, pemain akan mendapatkan nilai apabila melakukan tusukan pada daerah Torso tersebut dan apabila mengenai bagian lain selain torso pemain tidak akan mendapatkan nilai. Pada Anggar Nomor Floret ini apabila seorang Atlet melakukan tusukan pada daerah torso dan pihak lawan pun berhasil melakukan tusukan maka keduanya tidak akan mendapatkan Point jadi seorang pemain akan mendapatkan Nilai apabila dia berhasil melakukan tusukan pada torso dan pihak lawan tidak berhasil melakukan tusukan balasan atau menangkisnya.
dan seorang pemain dinyatakan sebagai pemenang apabila pemain tersebut berhasil mengumpulkan 5 angka dari 6 menit mas tanding. pada floret ini Anggar pedang yang digunakan adalah sebanjang 90 Cm tidak termasuk dengan bagian pedang yang digunakan sebagai pegangan, dan memiliki mata pedang yang lentur.

b. Degen/Epee

Peraturan Anggar —- Berbeda dengan Floret pada pertandingan Anggar Nomor Degen /Epee ini sasaran tusukan Pedang Anggar di lakukan pada seluruh bagian tubuh termasuk tangan, sehingga pemain akan mendapatkan angka jika berhasil melakukan tusukan pada bagian badan lawan, baik itu kaki maupun tangan atau bagian badan lainnya, dan apabila kedua pemain yang bertanding keduanya bersama-sama berhasil melakukan tusukan maka kedua pemain tersebut berhak mendapatkan poin yang sama, dan pemain dinyatakan sebagai pemenang apabila pemain tersebut terlebih dahulu memperoleh 5 angka selama 6 menit waktu pertandingan. Pedang yang digunakan pada Degen ini memiliki panjang 90 cm tidak termasuk pangkal (Genggaman), dan potongan melintang dari pedang ini hampir berbentuk segitiga.

c. Sabel/Sabre

loading...

Peraturan Anggar —- Pada Anggar nomor Sabre ini sasaran tusukan pedang di tujukan kepada bagian Torso, Kepala dan Tangan lawannya. jika kita melakukan tusukan pada perut bagian bawah maka pemain tersebut tidak mendapatkan nilai, untuk penilaian pada anggar jenis Sabre ini sama persis dengan pertandingan anggar Nomor Foil dan Degen, untuk pedang yang digunakan pada Sabre ini memiliki bentuk potongan melintang seperti segitiga namun terdapat alur yang dalam pada bagian salahsatu sisinya sehingga menyerupai huruf “Y” panjang pedang Sabre ini adalah 86 cm.

4. Peraturan Anggar —- Baju

Peraturan Anggar —- Pada permainan anggar baju merupakan bagian yang paling penting karena, baju pengaman ini merupakan pengaman dari tusukan pedang Anggar, standar baju tersebut harus terbuat dari bahan yang kuat 800 newton, yang harus diperhatikan pada baju adalah bagian jahitan karena bagian ini merupakan bagian yang sangat rentan jika terkena tusukan pedang Anggar, pakaian yang digunakan seorang pemain harus nyaman, enak dipakan dan dapat melakukan pergerakan yang luwes sehingga tidak menghambat gerakan Atlet yang sedang bertanding. Pemain juga wajib mengenakan jaket khusus dan jaket tersebut harus melebihi bagian belakang pemain sekurang-kurangnya 10 cm saat Atlet Anggar dalam posisi siap, Untuk Wanita wajib mengenakan pelindung dada yang terbuat dari bahan yang relatif keras, Pada semua jenis senjata sarung tangan besi harus menutupi secara penuh bagian tangan hal ini untuk mencegah mata pedang lawan masuk kedalam lengan jaket.
dan bagian yang paling penting adalah masker / Topeng / Pelindung kepala yang terbuat dari bahan serupa dengan kawat yang berfungsi untuk melindungi bagian muka dan kepala dari tusukan pedang anggar.

Demikian lah Peraturan Dasar Permainan Anggar” terimakasih.
Bagi sobat yang memperdalam tentang anggar kunjungi lah “Sejarah Permainan Anggar”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *