Pengertian dan Teknik Dasar Tolak Peluru

oleh -
Pengertian dan Teknik Dasar Tolak Peluru | Kumpulan-Olahraga | ~ Dalam olahraga Atletik terdapat beberapa Nomor yang dipertandingkan yaitu Nomor Lari (Marathon, Lari Jarak Pendek, Lari Jarak Menengah, Lari Estafet), Nomor Lompat (Lompat Jauh, Lompat galah), Nomor Lempar (Lempar Lembing, Lempar Cakram dan Tolak Peluru), pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan membahas tentang Pengertian dan teknik Dasar Tolak peluru karena kebanyakan orang tidak mengetahui apa dan dan bagaimana cara dan Teknik Dasar Tolak Peluru ini karena olahraga Tolak peluru ini tidak sepopuler olahraga permainan seperti Sepak Bola, Voli, Basket dan Olahraga permainan lainnya.

Pengertian dan Teknik Dasar Tolak Peluru 

1. Pengertian Tolak Peluru

Tolak peluru atau dalam bahasa Inggris nya di sebut dengan Shoot put merupakan salah satu cabang dari Olahraga Atletik dari Nomor lempar, sesuai dengan nama nya olahraga ini dilakukan dengan cara menolak atau mendorong tidak dilempar, sehingga sesuai dengan namanya pengertian tolak peluru adalah Suatu gerakan menolak atau mendorong suatu alat bundar (Peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan menggunakan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya
Atlet Tolak Peluru

2. Teknik Dasar Tolak Peluru.

Dalam melakukan olahraga tolak peluru harus dilakukan dengan baik dan benar karena jika dilakukan tidak dengan teknik dasar tolak peluru yang benar maka hasilnya tidak akan maksimal juga bisa mengakibatkan cedera pada tangan dan bahu. Teknik dasar tolak peluru diantaranya adalah sebagai berikut :

a.  Teknik Dasar Tolak Peluru  ~ Teknik Memegang Peluru

Teknik memegang peluru merupakan hal yang hars dikuasai oleh semua atlet tolak peluru, dalam Olahraga Tolak Peluru terdapat tiga cara yaitu :
  1. Jari di renggangkan sementara jari kelingking agak ditekuk dan berada di samping peluru, sedang ibu jari dalam posisi sewajarnya (Teknik ini dugunakan untuk orang yang memiliki jari kuat dan sedikit panjang)
  2. Jari-jari agak rapat, Ibu jari di samping, dan jari kelingking berada di samping belakang peluru
  3. Seperti cara no 2 akan tetapi posisi jari-jari agak direngggankan lagi, sedangkan letak jari kelingking berada di belakang peluru, pegangan ini sangat cocok untuk atlet yang memiliki jari-jari pendek dan kecil.
JANGAN LEWATKAN!:   Macam-macam Gaya Pada Lompat Jauh

 b. Teknik Dasar Tolak Peluru  ~ Teknik Meletakan Peluru pada Bahu

Setelah kita menguasai teknik memegang peluru, teknik selanjutnya yang harus dikuasai adalah Teknik meletakan Peluru pada bahu, teknik ini adalah dengan meletakan peluru pada bahu dan menempel pada leher bagian samping, dan siku yang memegang peluru agak dibuka kesamping dengan tangan satunya rileks di samping badan.

Gaya Memegang Peluru

 

c.Teknik Dasar Tolak Peluru  ~ Persiapan awal 

  • Kaki kanan di letakan di bagian depan dan kaki kiri di simpan selebar badan, segaris dengan arah lemparan.
  • Peluru dipegang dengan tangan kanan (Tangan yang Dominan) untuk kidal dapat menyesuaikan.
  • Peluru diletakan pada bagian leher di bawah telinga
  • Lengan kiri di depan dada dan sedikit ditekuk 
  • tumpuan diletakan pada kaki bagian kanan dengan badan membungkuk dan agak condong ke kanan 
  • Kaki kiri diayunkan ke depan dan belakang.
JANGAN LEWATKAN!:   Teknik dasar Olahraga Lempar lembing

d. Teknik Dasar Tolak Peluru  ~ Awalan

  • Setelah kaki kiri diayunkan kemudian kaki kanan sedikit ditekuk.
  • Pada waktu melakukan ayunan kaki kiri berada di belakang kemudian diayunkan ke kiri (Ke arah lemparan) dan secepatnya mendarat, bersamaan dengan itu kemudian kaki kanan menolak ke arah lemparan dan kemudian mendarat.
  • pada saat kaki kanan mendarat badan sedikit disondongkan kekanan.
  • Pada saat melakukan gerakan diatas diusahakan Pegangan peluru jangan sampai berubah karena pada posisi ini atlet harus siap untuk melakukan lemparan.

e. Teknik Dasar Tolak Peluru  ~ Cara Menolak Peluru

  • Ketika memulai putaran badan ke arah tolakan, Sikut sedikit ditarik serong ke atas (Ke arah samping kiri), badan dicondongkan ke arah depan sedikit ke atas dengan dagu di angkat dan pandangan lurus ke arah lemparan.
  • kemudian pada saat badan telah menghadap ke arah tolakan dengan segera peluru yang dipegang ditolakan sekencang-kencangnya, tolakan di ikuti dengan gerakan tolakan kaki kanan dan melonjakan seluruh badan ke atas.
  • setelah peluru dilepaskan agar tidak jatuh di luar lapangan maka kaki kanan segera dilangkahkan kedepan bersamaan dengan langkah kakikanan kaki kiri di tarik ke belakang demikia juga dengan lengan hal ini bertujuan untuk menjaga agar badan tetap seimbang.
JANGAN LEWATKAN!:   Kumpulan DAHSYAT Kata-Kata Mutiara Cinta & Kehidupan Mahasiswa Sesuai Jurusan Masing-Masing

Demikian lah bahasan tentang Pengertian dan Teknik Dasar Tolak Peluru, semoga dapat menambah wawasan sobat tentang cabang olahraga Atletik nomor lempar ini. terimakasih.

Artikel Atletik Lainnya  :

4.   Lari Jarak Jauh
7.   Teknik Dasar Lari Jarak Menengah. 
13. Pengertian dan Teknik Dasar Tolak Peluru

 

 

 

loading…