Olimpiade

oleh -

Olimpiade adalah Ajang olahraga empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin, Olimpiade ini merupakan Even terbesar dan terkemuka di dunia dengan peserta dari berbagai negara dengan jumlah kurang lebih 200 negara.
Pada awalnya Olimpiade ini mulai dimainkan pada zaman yunani kunosejak ribuan tahun yang lalu bangsa yunani sudah mengenal Olahraga dalam arti yang paling sederhana mereka melakukan olahraga tersebut untuk kepantingan militer dimana Olahraga tersebut bertujuan agar para prajurit sigap dan tangkas dalam bertempur. Olimpiade pada masa yunani kuno itu dilakukan setiap 4 tahun sekali dengan mengumpulkan seluruh atlet diarena sekitar gunung Olimpus akan tetapi mereka bertanding atas nama perorangan bukan atas nama tim / Negara.
Pada awalnya di Yunani sering terjadi perang saudara namun setelah diadakannya Olimpiade maka pihak yang bertikai diharuskan melakukan gencatan senjata, dan apabila ada yang melanggar dan melakukan Konsensus akan dikenakan denda. Pertandingan olahraga dalam Olimpiade Kuno ini bisa dikatakan serba keras karena pada masa itu Olahraga dilakukan tanpa memakai perlaengkapan separti sepatu dan alat perlengkapan keamanan lainnya, dan olahraga terkeras pada masa itu adalah Pankration, Pankration ini merupakan perpaduan atara Gulat dan Tinju, para atlet diperbolehkan untuk meninju, menendang bahkan mencekik lawan akan tetapi tidak diperbolehkan untuk mencolok mata, menggigit, dan mematahkan anggota tubuh dan pemenang tinju adalah pihak yang dapat memukul kepala lawan dan pihak yang menyerah / mengaku kalah harus mengacungkan tangan tanda mengakui kekalahan.

Akan tetapi pada tahun 393 Masehi olimpiade kuno dihentikan oleh Kaisar Romawi. akan tetapi pada tahun 1986 Olimpiade kembali dihidupkan oleh seorang bangsawan Perancis Piere Fredy Baron de Coubertin, kemudian pada tahun 1984 didirikanlah Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan pada tahun 1896 Athena dipilih menjadi tuan rumah penyelengaaraan Olimpiade modern pertama yang diikuti oleh 14 negara dengan 241 atlet yang berlaga dalam 43 pertandingan.
Sebagian besar atlet yang berpartisipasi dalam Olahraga / Olimpiade tersebut adalah berasal dari Yunani, Jerman Prancis dan Britania Raya. akan tetapi pada saat itu Perempuan tidak diperkenankan mengikuti pertandingan Olimpiade karena penyelenggara menyebut kesertaan wanita tidak Praktis, tidak menarik, dan tidak tepat. Meskipun Yunani belum berpengalaman dalam menyelenggarakan Even sebesar Olimpiade namun berhasil mempersiapkan segala sesuatu dengan tepat waktu dan walau pun keikut sertaan peserta Olimpiade masih diikuti oleh beberapa negara akan tetapi Olimpiade Athena ini merupakan Event olahraga terbesar pada masanya. 
 kemudian sampai saat ini Olimpiade diadakan setiap 4 tahun sekali dengan mengadakan Olimpiade Musimpanas dan Olimpiade Musim dingin, kemudian Evolusi yang diadakan IOC selama abad ke 20 sampai abad 21 telah menyebabakan beberapa parubahan pada penyelenggaraan, dengan melakukan beberapa penyesuaian termasuk penciptaan olimpiade musim dingin untuk olahraga Es dan Salju, Pralimpiade untuk atlet yang memiliki kekurangan Fisik dan Olimpiade remaja untuk para atlet remaja.
Dengan 241 Atlet dan 14 Negara yang mengikuti Olimpiade 1896, Peserta Olimpiade ini terus tumbuh dan berkembang sepanjang tahun dan pada Olimpiade Beijing 2008 terhitung sebanyak 10.500 atlet dari 204 Negara turut berpartisipasi dalam Olimpiade tersebut. Selama Olimpiade berlangsung Atlet dan Official ditempatkan pada subuah desa yang disebut Desa Olimpiade fasilitas yang terdapat pada desa tersebut terbilang cukup lengkap dengan Kafetaria, Klinik Kesehatan dan Tempat Ibadah.
IOC memperbolehkan Pembentukan Komite Olimpiade Nasional (NOC) yang mewakili negara-negara tidak Berdaulat namun diakui secara Internasional, Akibatnya negara Koloni, Teritori, dan depedensi diizinkan untuk berlaga dalam Olimpiade. Negara-negara Koloni, Teritori dan dependensi seperti Buerto riko, Bermuda, Palestina dan Hongkong dapat membawa nama negara menreka sendiri meskipun secara hukum merupakan bagian dari Negara lain.
Seluruh 192 Negara anggota Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) memiliki Komite nasional beserta 14 teritori lainnya sedengakan NOC lain nya belum diakui oleh IOC yaitu Britania, Polinesia Perancis, Niue, Kosovo, Somaliland, Kaledonia baru, Kurdistan Irak, Siprus Utara, Abkhaiza, Kepulauan Faroe, Anguilla, Montserrat, dan Kepulauan Turk & Caicos.
Gerakan Olimpiade menggunakan simbol untuk mewakili Cita-cita yang terkandaung dalam Piagam Olimpiade, Piagam Olimpiade adalah seperangkat aturan dan Pedoman mengenai Penyelenggaraan dan peraturan Olimpiade dan untuk mengatur gerakan Olimpiade, piagam ini disusun oleh IOC dengan memuat Prinsip dasar, Peraturan dan Anggaran Olimpiade. Piagam ini terakhir direvisi pada tahun 2013. Simbol Olimpiade yang lebih dikenal dengan nama Cincin Olimpiade yang terdiri deri lima buah Cincin yang saling berkaitan dan merupakan Kesatuan dari lima benua yang ada di Dunia ( Amerika, Asia, Eropa, Afrika, dan Australasia). Olimpiade ini memiliki Moto yang berasal dari ungukapan bahasa Latin Yaitu Citius, Altius, Fortius  yang berarti “Faster, Higer, Stronger (Lebih Cepat, Lebih Tinggi, Lebih Kuat).
Kutipan Coubertin selanjutanya dinyatakan dalam Kredo Olimpiade yang berbunyi :

Hal yang terpenting dalam Olimpiade bukanlah untuk menang, tetapi untuk berpartisipasi, separti juga hal yang paling penting dalam hidup bukanlah kemenangan tetapi perjuangan. Hal yang terpanting bukannya karena telah berhasil mengalahkan, namun karena telah berjuang dengan baik.

Sebulan sebelum perayaan Olimpiade dimulai Api Olimpiade dinyalakan di tempat asal Olimpiade yaitu di Olympia (Yunani) dengan mengadakan sebuah acara ritual budaya yunani Kuno yaitu dengan dibakarnya obor dengan menempatkannya didalam cermin parabola yang memfokuskan sinar matahari yang kemudian pendeta wanita tersebut membawakan Obor Estafet pertama dan akan membawakan Obor estafet be berbagai Kota didunia dan berakhir di stadion di kota tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade. meskipun penyalaan Obor telah dikenal sejak 1928, Estafet obor ini baru diperkenalkan pada Olimpiade Berlin 1936.
Olimpiade terdiri dari 35 cabang olahraga, 30 Disiplin dan 400 pertandingan dan  Masing-masing disiplin diperlombakan ke dalam empat belas pertandingan untuk pria dan empat pertandingan untuk wanita, masing-masing mewakili kelas berat yang berbeda. Olimpiade Musim Panas mempertandingkan 26 cabang Olahraga, sedangkan Olimpiade Musim Dingin hanya menawarkan 15 cabang Olahraga untuk diperlombakan, olahraga musim panas yang tidak pernah absen diperlombakan adalah Atletik, Renang, Anggar, dan Senam Artistik  sedangkan untuk olahraga musim dingin Ski Lintas Alam, Seluncur Indah, Hoki dan Seluncur Es.  Untuk Bulutangkis, Volly Ball, dan Basket  Pada awalnya merupakan olahraga Demonstrasi yang kemudian dipromosikan sebagai Olahraga tetap pada ajang Olimpiade ini. Setiap Olahraga diatur oleh Federasi Olahraga Internasional (IF) yang dikelola oleh IOC dan pada saaqt ini terctat ada 35 IF yang mewakili masing-masing Olahraga dalam Olimpiade.
Pada Kongres IOC ke 112 tahun 2002 dilakukan pembatasan cabang lahraga dalam Olimpiade  maksimal 28 Cabang Olahraga, 301 Pertandingan dan 10.500 atlet, dan tiga tahun kemudian dilakukan kembali kongres ke 117 dan dilakukan revisi yang menyebabkan olahraga Sofbol dan Bisbol tersingkir dari daftar cabang olahraga pada Olimpiade London 2012 karena tidak adanya kesepakatan untuk mempromosikan kedua Olahraga tersebut sehingga Olimpiade london 2012 hanya memeper tandingkan 26 cabang Olahraga akan tetapi pada Olimpiade mendatang dengan tuan rumah Brazil (Rio de janeiro) Olimpiade akan kembali mempertandingakan 28 cabang Olahraga dengan menambahkan Rugbi dan Golf kedalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan.

Keikutsertaaan Indonesia Dalam Olimpiade.

Di indonesia Olimpiade yang sering dikenal adalah Olimpiade musim Panas dan indonesia mulai berpartisipasi dalam Olimpiade pertama kali adalah pada Olimpiade Helsinki (Finlandia). sejak keikut sertaan indonesia dalam Olimpiade tercatat telah mengumpulkan 27 medali dengan rincian 6 Medali Emas, 10 Perak dan 11 Perunggu.
pada olimpiade London 2012 indonesia mengirimkan 22 atlet dengan rincian Bulu tangkis 9 Atlet, Angkat Besi 6 Atlet, Atletik 2 Atlet, sedangkan anggar, Panahan, Renang Judo dan Menembak masing-masing meloloskan 1 atlet.

Demikian lah Artikel mengenai Olimpiade semoga bermanfaat.
terimakasih atas Kunjungan Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *