nah Guys? Review Zenfone Max Versi Laptop, Asus Vivobook Ultra K403 yang Kuat 24 Jam

oleh -
Radar Ampera – Kalian pasti tahu dengan seri smartphone Zenfone Max milik Asus yang memiliki performa good ditambah baterai badak. Nah pada artikel kali ini ElliotMayot akan membahas sebuah laptop yang menurut ElliotMayot adalah adaptasi dari sebuah Zenfone Max. Yaitu laptop Asus Vivobook Ultra K403. Asus sendiri mengklaim bahwa Asus Vivobook Ultra K403 ini mampu bertahan sampai satu hari penuh atau 24 jam. Tetapi apakah benar demikian? Atau hanya gimik promosi belaka.

nah Guys? Review Zenfone Max Versi Laptop, Asus Vivobook Ultra K403 yang Kuat 24 Jam




Review Zenfone Max Versi Laptop, Asus Vivobook Ultra K403 yang Kuat 24 Jam

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Seluruh bodi laptop Asus Vivobook Ultra K403 ini terbuat dari alumunium kecuali hinges dan frame layar. Hal tersebut membuat seluruh bodinya jadi kokoh dan solid. Ditambah lagi dengan sertifikasi MIL-STD-810G. Saking kokohnya hinges ini tidak bisa dibuka dengan satu tangan. Warna yang dijual di Indonesia baru hanya ada warna silver.

Seperti yang sudah dikatakan, bahwa nih laptop memiliki baterai yang gede, tetapi walau memiliki baterai yang gede laptop ini hanya memliki berat sebesar 1,3 Kg dan tebal 1,65 cm. Lumayan ringan dan tipis sih. Itu semua mungkin karena tidak adanya VGA card di laptop ini, hanya mengandalkan VGA on board. Bezel layarnya sangat pas untuk ukuran laptop, tidak terlalu kecil.

Layar 14 Inch Asus Vivobook Ultra K403 ini memang belum tertulis IPS, tetapi sudah hampir mendekati layar IPS. Panel layarnya WVA dengan refresh rate 60 Hz dan resolusi Full HD. Dengan layar tersebut plus baterai badak, kalian bisa nonton di Netflix and chill seharian dengan nyaman.

Asus juga tidak lupa dengan menempatkan finger print di bagian pojok kanan atas touchpadnya yang bisa express login ketika sedang kondisi sleep. Untuk kecepatan finger print sendiri tidak ada yang perlu dikeluhkan, kecuali kalau emang jari kalian yang sulit dibaca oleh sensor finger printnya.

Kelengkapan slotnya menurut ElliotMayot kurang di port USB-nya sih, karena hanya tersedia dua saja. Kita mulai dari bagian sisi kanan yang terdapat combo audio jack, slot SD card full size, dan 1 USB 2.0. Di bagian sisi kiri juga terdapat 1 USB 3.2 Gen 1, charging port, full HDMI port, dan USB type-C 3.2 Gen 1.

Sebelum membahas baterai mari kita bahas performa terlebih dahulu. Asus Vivobook Ultra K403 ini memiliki dua pilihan spesifikasi yaitu processor i3 8145U dengan RAM 4 GB atau i5 8265U dengan RAM 8 GB. RAM di kedua SKU tersebut tidak bisa diupgrade alias RAMnya di solder. Dan berikut skor hasil pengujian dari laptop Asus Vivobook Ultra K403.

Sebagai laptop low power, heat management dari laptop ini hanya terdiri dari single fan dan satu heat pipe. Jadi ketika kerja keras masih terasa hangat di bagian keyboardnya. Untungnya nih laptop sudah diberi storage SSD NVMe 512 GB di kedua SKUnya.

Terakhir mari kita bahas nilai jual utama dari laptop Asus Vivobook Ultra K403, yaitu baterai badak. Baterai berkapasitas 72 Wh atau 6 cell ini memakan porsi jeroan yang gede. Dalam percobaan untuk streaming video 720p atau HD selama 1 jam, baterai nih laptop hanya berkurang 5% saja. Jadi laptop ini kalau berdasarkan pengujian tersebut hanya mampu bertahan 20 jam.

Spesifikasi Asus Vivobook Ultra K403
Processor Intel Core i3 8145U / i5 8265U
GPU
Intel HD 620
RAM 4 GB / 8 GB DDR4 2400 MHz
Storage 512 GB M.2 NVMe SSD
Layar 14 inch WVA 1920 x 1080
Battery 6-cell Li-on
System Operation Windows 10 Pro
Harga per Tanggal 25 Agustus 2019 Mulai dari
Rp 8.000.000

(*)