Macam-macam Aliran Senam Irama

oleh -567 views
Macam-macam Aliran Senam Irama |Kumpulan-olahraga| ~ Dalam cabang olahraga Senam terdapat banyak sekali Jenis-jenis Senam yang sering di lakukan baik itu untuk menjaga kesehatan tubuh atau pun dilakukan untuk olahraga Prestasi, akan tetapi kebanyakan orang melakukan senam bertujuan sebagai aktivitas untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Pada saat ini banyak sekali jenis-jenis senam yang dilakukan oleh masyarakat akan tetapi sebagian masyarakat kurang mengetahui apa saja Macam-macam senam yang ada. Pada kesempatan sebelumnya Kumpulan Olahraga telah membahas tentang Jenis-Jenis Senam dan Juga Senam lantai untuk lebih Jelas nya dapat sobat baca DISINI.
Kali ini kumpulan olahraga akan membahas tentang Macam-macam Senam Irama yang sering dimainkan baik dalam perlombaan atau pun hanya sekedar untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi sebelum kita melangkah ke Macam-macam Senam Irama alangkah baik nya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan senam irama adalah sebagai berikut :

A. Macam-macam Aliran Senam Irama ~ Pengertian Senam Irama
Senam Irama atau biasa juga disebut sebagai senam Ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau pun tidak sama sekali, akan tetapi apabila senam Irama ini menggunakan alat, alat yang sering digunakan untuk senam irama atau senam Ritmik ini adalah Gada, Tongkat, Pita Tali, Simpai dan Selendang. Senam Irama atau senam Ritmik ini merupakan sebuah gerakan senam yang memadaukan antara gerakan olahraga tubuh dengan rasa seni dan keindahan untuk membina dan meningkatkan seni gerak.

Pada Prinsipnya Senam Irama atau Senam Ritmik sama saja dengan senam biasa dan tidak ada bedanya hanya saja pada senam ritmik atau senam irama ini ditambahkan dengan irama atau ritme. Senam irama ini dilakukan dengan sengaja memilih serangkaian gerak dan dilakukan dengan mengikuti irama musik yang juga telah disesuaikan dengan gerakan, sehingga akan menghasilkan gerakan yang Ritmis, Kontinuitas, dan durasi tertentu. Senam irama ini dapat dilakukan secara bersama-sama atau pun secara mendiri akan tetapi agar dapat dilakukan dengan penuh semangat dan gembira Senam Irama ini sebaiknya dilakukan secara bersama-sama atau berkelompok, senam irama atau senam ritmik ini lebih menekankan pada kelentukan tubuh, kontinuitas gerakan, dan gerakan ayunan tangan.


B. Macam-macam Aliran Senam Irama ~ Macam / 3 Aliran Senam Irama 
1. Senam Irama Yang berasal dari Seni Sandiwara
Aliran Senam Irama yang berasal dari senam sandiwara ini di pelopori oleh Delsarte pada tahun 1811-1871, beliau merupakan seorang sutradara, ia menghendaki agar gerakan dalam sandiwara yang di lakukan oleh Aktor dan aktris nya yang dibuat-buat dapat dilakukan dengan gerakan yang wajar. Akan tetapi penerapan Senam irama dalam sandiwaranya kurang berjalan dengan lancar dan cenderung gagal karena sifat kesandiwaraan nya masih terlihat dalam aliran ini, akan tetapi beliau lah yang pertama kali menciptakan System Irama senam.
2. Senam Irama Yang berasal dari Seni Musik
Aliran Senam Irama yang berasal dari Seni Musik ini dipelopori oleh Jacques Dalcrose, seorang guru musik yang ingin menyatukan lagu-lagu dalam bentuk gerakan. Dalam sistem ini tentunya menonjolkan dan lebih mementingkan musik dari pada gerakan senamnya. Murid Dalcrose, Bode berpendapat bahwa gerakan itu harus digerakan dari dalam ke Feri-feri. maka dengan itu gerakannya dikenal dengan nama “Ausdruk Gymnastiek”. artinya senam yang dijalankan dengan penuh perasaan. Murid Bode ini merupakan murid yang sangat senang memberikan latihan dengan alat seperti Bola, Gada dan Simpai.
3. Senam Irama yang berasal dari Seni Tari 
Aliran Senam Irama yang berasal dari seni musik ini dipelopori oleh Rudolf Laban pada tahun 1879-1958. beliau berpendapat bahwa Senam Irama atau senam Ritmik mengandung Dresur dan Prestesi Olahraga.
Demikian lah Pembahasan tentang Macam-macam senam irama dan aliran Senam irama yang berhasil kami kumpulkan semoga bermanfaat, Pada Artikel sebelum nya Kumpulan Olahraga Telah membahas tentang Macam-Macam Senam Ritmik atau senam Irama selengkapnya dapat di kunjungi DISINI.
Kami sangat menyadari artikel yang kami tulis banyak sekali kekurangan dalam pemaparan dan penjelasan maka dengan begitu kami sangat mengharapkan Kritik saran dan masukan dari sobat semua untuk kemajuan Blog Kumpulan-olahraga. Terimakasih

Artikel Senam Irama lainnya :

1. Macam-macam Senam Irama
2. Macam-macam Aliran Senam Irama
2. Langkah Dan ayunan Lengan Senam Irama  

No More Posts Available.

No more pages to load.