Latihan Fisik Permainan Bola Voli

oleh -
Latihan Fisik Permainan Bola Voli |Kumpulan Olahraga| ~ Dalam Permainan Bola voli Latihan Fisik merupakan salah satu point latihan yang paling penting hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan organ tubuh, karena apabila telah melakukan Latihan fisik Bola Voli hal akan memudahkan untuk upaya pembinaan selanjutnya contohnya untuk libero setter dan Spiker akan diberikan latihan yang berbeda, Persiapan Peningkatan Kondisi Fisik ini bertujuan agar pemain Bola Voli siap dalam menghadapi pertandingan. Pada kesempatan sebelumnya Kumpulan Olahraga telah membahas tentang Cara Untuk Meningkatkan Jumping Smash pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan membahas tentang Latihan Fisik Permainan Bola Voli, untuk lebih jelasnya dapat sobat baca dibawah ini. 
Latihan Fisik Permainan Bola Voli
Latihan Fisik Permainan Bola Voli

Latihan Fisik Permainan Bola Voli 

Ketika kita akan  melakukan latihan Fisik Permainan Bola Voli alangkah baiknya kita siapkan terlebih dahulu tubuh kita, jangan sampai ketika kita melakukan Latihan Fisik Permainan Bola Voli ini kita mengalami kelelahan atau bahkan bisa terjadinya cedera yang fatal, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan latihan Fisik Permainan Bola Voli diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Latihan Fisik Permainan Bola Voli ~  Peregangan Otot dan Pemanasan.

Peregangan merupakan syarat yang paling penting ketika kita melakukan aktifitas fisik yang cukup berat seperti olahraga, apalagi apabila kita akan melakukan Latihan Fisik Permainan Bola Voli ini, tujuan dari peregangan dan Pemanasan Otot ini adalah untuk mempersiapkan seluruh organ tubuh agar dapat menerima aktivitas yang berat. untuk lebih jelasnya mengenai Tahapan Pemanasan yang baik dan benar dapat Sobat Baca “DISINI”.

2. Latihan Fisik Permainan Bola Voli ~ Joging / Lari.

Setelah selesai melakukan pemanasan langkah selanjutnya adalah melakukan joging selama kurang lebih 15 menit, Joging atau lari ini sangat penting yaitu sebagai latihan untuk meningkatkan kinerja jantung, Paru-paru, dan kekuatan tungkai kaki. Untuk melatih Fisik pemain Bola Voli Joging atau lari ini sebaiknya dilakukan secara rutin (Bukan Hanya Pada Saat akan melakukan Latihan), karena semakin banyak dan rutin (3-4x seminggu) seseorang melakukan Joging atau lari maka kondisi Fisik pemain akan terbentuk dan akan menjaga Kondisi fisik agar tidak menurun.

3. Latihan Fisik Permainan Bola Voli ~ Latihan Senam Jalan.

Latihan senam jalan ini sangatlah membantu kita dalam membentuk Otot dan Kondisi Fisik, senam jalan ini dapat dilakukan secara bersama sama dengan tahapan sebagai berikut :
a. Joging dengan kaki diangkat setinggi panggul
b. Joging dengan kaki diangkat kebelakang.
c. Joging dengan langkah kaki di silang kedepan.
d. Joging dengan posisi menyamping dan langkah kaki di silangkan ke samping
e. Joging dengan posisi mundur kebelakang dan Langkah kaki di silangkan.
f. Joging dengan kaki diangkat kedepan secara bergantian dan tangan di angkat secara bergantian.
g. Joging dengan kaki diangkat kedepan sedangkan tangan diayun ke samping kiri dan kanan.
h. Joging seperti hendak melakukan awalan spike akan tetapi hanya sampai tolaka.
i. Joging seperti pada saat awalan spike dan kemudian melompat seperti melakukan spike.
Seluruh gerakan senam jalan tersebut bertujuan agar melatih kekuatan Otot terutama otot kaki.

4. Latihan Fisik Permainan Bola Voli ~Program Latihan Lompat tali (Skipping)

Latihan yang satu ini bertujuan untuk melatih kelincahan dan daya tahan tubuh serta melatih kemampuan gerak pergelangan tangan agar lebih lentur dan kuat, bentuk latihan ini dapat dilakukan dengan lompat menggunakan kedua kaki dengan kaki di rapatkan, atau juga dapat dilakukan dengan loncat dengan sebelah kaki secara bergantian (Seperti melakukan Lari biasa), dan bisa juga dilakukan dengan lompat menggunakan sebelah kaki (bahasa sundanya mah Engkle) hehe.

5. Latihan Fisik Permainan Bola Voli ~ Latihan Gabungan.

Program latihan gabungan ini menggunakan gabungan alat seperti Bola, Tali, Cone, bangku dan sebagainya, akan tetapi yang paling banyak digunakan dalam metode pelatihan adalah  bola bangku dan cone. tujuan dari latihan ini adalah untuk melatih kelincahan, kemampuan gerak. akan tetapi dalam melakukan latihan gabungan ini pelatih harus lebih variatif dan banyak melakukan inovatif untuk menciptakan rangkaian gerak yang dapat melatih kekuatan dan kelincahan pemain.

6. Latihan Fisik Permainan Bola Voli ~ Latihan Penguatan

Setelah melakukan latihan gabungan dilanjutkan dengan latihan penguatan, untuk latihan penguatan ini menitik beratkan penguatan otot seperti otot kaki, perut, dan otot lainnya. bentuk latihan penguatan tersebut adalah sebagai berikut :

a. Push Up

Push Up ini bertujuan untuk menguatkan otot bagian lengan tangan, cara unntuk melakukan gerakan Push Up ini cukup mudah, cukup dengan telungkup di atas permukaan tanah dengan tangan di simpan pada bagian dada dan digunakan sebagai tumpuan kemudian angkat lengan tangan hingga posisi tangan lurus dan badan terangkat setinggi lengan, dan kemudian kembali ke posisi semula lakukan gerakan ini secara berulang dengan interval atau jumlah ulangan tertentu.

b. Sit Up

Untuk sit up ini merupakan kebalikan dari pada Push up, sit up ini bertujuan untuk menguatkan Otot perut cara untuk melakukan Sit up ini pertama-tama badan berbaring di lantai dengan posisi kedua kaki di tekuk, kedua tangan di simpan di belakang kepala kemudian angkat badan keatas sampai posisi badan dalam keadaan duduk, dan kemudian kembali ke posisi semula, ulangi gerakan sampai dengan hitunggan tertentu.

c. Back Up

Gerakan Back Up ini merupakan gerakan yang bertujuan untuk melatih otot punggung dan pundak, dalam permainan bola Voli sangat di butuhkan kekuatan otot punggung karena pada saat melakukan spike otot punggung sangat berpengaruh untuk kekuatan spike karena lecutan yang dihasilkan oleh otot punggung ini, cara untuk melakukan Back Up ini adalah posisi badan telungkup diatas lantai dan tangan di simpan di belakang kepala kemudian angkat tubuh ke atas hingga badan tidak menyentuh lantai, kemudian turunkan ke posisi semula ulangi gerakan hingga hitungan yang teolah di tentukan.

7. Latihan Fisik Permainan Bola Voli ~ Latihan Kelenturan

Latihan kelenturan ini bertujuan untuk melenturkan otot dan persendian, sehingga seluruh tubuh dapat bergerak luwes tanpa ada kaku karena latihan yang berat.

8. Latihan Fisik Permainan Bola Voli ~ Latihan Kelincahan dan kecepatan (Agilitas)

Kelincahan merupakan hal yang penting dalam Olahraga Permainan Bola Voli karena, dalam melakukan gerakan Menyerang atau pun dalam Defend kelincahan dan Kecepatan sangat lah dibutuhkan, sehingga pemain mampu malakukan gerakan yang berkesinambungan dalam bentuk yang sama dengan waktu yang singkat untuk memeperoleh kelincahan dan kecepatan ini dapat di latih dengan cara melakukan Shutle Run (Lari Bolak-balik). Untuk lebih jelasnya dapat Sobat baca “DISINI”.

9. Latihan Fisik Permainan Bola Voli ~ Latihan Daya Tahan (Endurance) 

Daya tahan (Endurance) adalah kemampuan Kondisi tubuh untuk melakukan kerja / Kegiatan dalam waktu tertentu, sedangkan Pengertian Daya tahan di tinjau dari kerja Otot adalah kemampuan otot atau sekelompok otot dalam jangka waktu tertentu, sedangkan pengertian Daya tahan dari system energi adalah kemampuan Kerja organ-organ tubuh dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan dalam Dunia Olahraga Daya Tahan Tubuh diartikan sebagai kemampuan peralatan organ tubuh atlet untuk melawan kelelahan selama berlangsungnya aktifitas kerja.  
Untuk melatih daya tahan di butuhkan beban yang ringan akan tetapi dengan frekuensi yang banya dan interval yang cepat juga dalam waktu yang relatif lama akan tetapi latihan yang sering dilakukan oleh sebagian atlet untuk meningkatkan daya Tahan adalah dengan melakukan lari partlek (lari ke pada daerah berbukit) akan tetapi dengan jarak yang jauh serta tidak terlalu lama berhenti. Untuk lebih jelasnya mengenai Latihan Daya Tahan (Endurance) dapat sobat baca “DISINI”.
Demikian lah beberapa Cara Latihan Fisik Permainan Bola Voli mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan atau pengertian dalam artikel Kumpulan Olahraga ini, Kritik dan Saran sangat kami butuhkan dalam kemajuan Blog Kumpulan Olahraga ini Terimakasih.

Artikel Terkait Bola Voli :