Kenapa sich Oppo Berani Jualan Nih Smartphone Yah? Review Oppo Find X2 Pro

oleh -
Radar Ampera – Oppo merupakan salah satu merk smartphone android yang biasa memproduksi hanya sampai untuk kelas mid, tetapi dibulan Maret ini tiba-tiba Oppo secara resmi meluncurkan produk termahalnya secara resmi di Indonesia. Saya cukup kaget sih karena berani banget gitu Oppo, apa ngga takut ngga laku gitu. Padahal sudah benar bersaing di kelas mid aja, ngga usah ke flagship. Tapi ya terserah Oppo sih. Mungkin lagi pengin nglebarin pasar aja. Dan bagaimana dengan performanya, apakah segahar harganya?

Kenapa sich Oppo Berani Jualan Nih Smartphone Yah? Review Oppo Find X2 Pro


Kenapa Oppo Berani Jualan Nih Smartphone Yah? Review Oppo Find X2 Pro

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Smartphone tersebut adalah Oppo Find X2 Pro. Seperti biasa, kita mulai dari desain. Yang sudah pasti terkesan mewah dan sangat jauh berbeda dari smartphone Oppo yang di bawahnya. Gimana ngga mewah, lapisan di bagian belakangnya pakai kulit loh. Walaupun itu kulit sintetis sih.

Dikombinasikan dengan warna orange yang dibalut warna emas di bagian logo Oppo dan kameranya. Kayaknya Oppo pengin memberikan kesan makmur pada smartphone ini, dan Oppo berhasil. Intinya suka banget dengan desain belakangnya.

Untuk desain di bagian depan, kesan saya agak nyampur. Disatu sisi desain kaca ultra vision screennya yang melengkung ini cakep banget dimata. Serasa ngga ada bezelnya di kanan kiri. Bagi kalian yang belum biasa dengan layar lengkung mungkin bisa ngga sengaja kesentuh, atau bisa malah kesusahan untuk disentuh. Oh ya ngomong-ngomong tentang layar, display Oppo Find X2 Pro ini cakep.

Memiliki resolusi sudah Quad HD+, ukuranya 6,7 Inch, punya refresh rate 120 Hz, panelnya super amoled dan proteksi corning gorilla glass 6. Ngga ada yang bisa dikeluhin sih dari layarnya. Smartphone ini juga mempunyai fitur 01 Ultra Vision Engine yang berguna untuk nambahin frame rate video biasa. Selain itu kita juga bisa mengatur layarnya ke resolusi Quad HD+ dan refresh rate 120 HZ tapi dengan catatan baterai yang digunakan juga besar, kalau HP lain hanya bisa salah satunya.

Fitur-fitur smartphone ini juga lumayan tapi kurang lengkap buat sebuah flagship. Pakai USB type-c sudah pasti ngga mungkin ngga, speakernya sudah stereo atas dan bawah udah mantep. Ngga ada audio jack ya sudahlah. SIM tray nya sudah triple shot. NFC ? Ngga usah ditanya pasti ada. Sudah tahan air karena punya, ratingnya IP68. Yang kurang dari smartphone ini adalah belum bisa wireless charging. Entah kenapa belum ada. Walaupun ngga semua orang pakai tapi untuk orang-orang yang biasa pakai pasti akan mengeluhkannya.

Mungkin Oppo mikirnya, elu ngga usah mikirin wireless charging dah, pakai aja Supervooc 2.0 65 Watt kami. Itu lumayan masuk akal sih, soalnya kecepatan nge-charge 4260 mAh nih HP kenceng banget kalau pakai charger bawaan. Dalam 38 menit sudah penuh dari 0% sampai 100%. Dalam 5 menit bahkan bisa ngisi 20%nan. Buat daya tahan baterainya standar-standar aja yah. Seharian bisa tahan, disettingan resolusi dan refresh rate otomatis.

Sekarang kita ke performanya yang sudah tentu yang paling maksimal yah. Dengan chipset terbaiknya Qualcomm, yaitu Snapdragon 865 yang dibantu dengan RAM 12 GB dan storagenya 512 GB. Untuk kameranya ada nanti akan saya bahas sendiri di bawah. Sistem Operasinya Color OS 7.1 dengan basis Android 10. Processor yang dipakai lumayan spesial loh, karena Oppo Find X2 Pro menjadi pemakai pertama processor terbaru milik Qualcomm ini. Jadi sudah tentu memiliki performa yang wuz-wuz.

Walaupun begitu masih ada catatan buat Oppo nih, yaitu pas dilakukan test pakai AnTuTu hasilnya itu turun naik. Itu mungkin disebabkan oleh suhu yang tinggi jadi si processor nurunin performanya. Karena pas buat main PUBG Mobile itu suhunya langsung anget tapi setelah 20 menit sudah adem lagi. Itu karena sifat processornya atau sistem coolingnya yang kurang efektif, saya masih belum tahu.

Lanjut ke kamera, Oppo Find X2 Pro ini memiliki kamera belakang triple shot yaitu lensa utama 48 MP, lensa ultra wide 48 MP, dan lensa telephoto 13 MP yang semuanya itu bagus bukan kaya yang maksa enam kamera tapi hanya beberapa kamera saja yang bagus. Sensor kamera smartphone ini menggunakan Sony IMX 689 yang ukurannya gede banget. Lensa telephotonya memiliki fitur hybrid zoom 10x. Dan untuk kualitas foto sudah selevel flagshiplah. Kameranya ini punya banyak potensi untuk dikembangin karena menggunakan processor Snapdragon.

Kesimpulannya, lewat Oppo Find X2 Pro ini ngebuktiin kalau mereka pengin bikin kamera yang kerasa mewahh, fitur berlimpah, dan spesifikasi ngga ada duanya mereka bisa. Dan kali ini bukan untuk pamer doang kaya Oppo Find X generasi pertama berkat kamera naik turunnya. Oppo Find X2 Pro ini hampir semuanya bisa dipamerin.

Mulai dari desainnya yang beda dari yang lain, berani tapi tidak norak. Fitur-fiturnya sudah flagship, punya layar tinggi yang tidak dibatesin, nge-charge hanya 38 menit sudah penuh, dan chipset yang dipakai yang terbaik. Walaupun ngga unggul disemua sisi tapi cukup direkomendasikan untuk kalian yang pengen beli flagship dengan uang yang lebih.

Spesifikasi Oppo Find X2 Pro
Processor Snapdragon 865
GPU Adreno 650
RAM 12 GB
Memory Internal 512 GB
Rear Camera 48 MP + 48 MP + 13 MP
Front Camera 32 MP
Battery 4260 mAh
System Operation Color OS 7.1
Harga per Tanggal 1 April 2020 Mulai dari
Rp 17.999.000

(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.