Jenis-jenis Sistem Pertandingan Olahraga

oleh -286 views
Jenis-jenis Sistem Pertandingan Olahraga |kumpulan-olahraga| ~ Dalam sebuah kejuaraan atau pertandingan Olahraga terdapat beberapa Jenis – jenis sistem Pertandingan, sistem pertandingan ini biasanya dituangkan dalam sebuah bagan pertandingan, tujuan dari penyusunan Bagan pertandingan ini adalah untuk menentukan siapa saja dan kapan tim atau orang yang akan bertanding, untuk mendapatkan posisi pada bagan tersebut seorang pemain atau tim yang akan bertanding panitia penyelenggara tournamen atau kejuaraan akan melakukan pengundian atau biasa di sebut dengan Drawing, yaitu dengan pengambilan nomor undian yang telah di sesuaikan dengan nomor yang tertera pada bagan pertandingan.
Dalam melakukan proses pengocokan Nomor Bagan Pertandingan ini biasanya terdapat beberapa tahapan yang akan dilakukan, adalah sebagai berikut :
  1. Panitia Penyelenggara pertandingan menyiapkan bagan pertandingan sesuai dengan tim yang telah terdaftar dan telah dilakukan screening atau pengesahan pemain.
  2. Memberikan Nomor pada bagan sesuai urutan biasanya nomor 1 di mulai dari bagian atas bagan Pertandingan.
  3. Siapkan kertas kecil dan diberikan Nomor yang telah di sesuaikan dengan nomor pada bagan pertandingan, kemudian gulung dan masukan kedalam wadah.
  4. Satu persatu peserta mengambil nomor undian.
  5. Nomor undian yang telah diambil oleh peserta tersebut menunjukan posisi tim tersebut pada bagan Pertandingan.
  6. Kemudian Panitia penyelengggara pertandingan menuliskan nama peserta pada bagan Pertandingan sesuai dengan nomor undian yang telah di peroleh peserta.
  7. langkah selanjutnya adalah menyusun Jadwal pertandingan sesuai dengan bagan Pertandingan tersebut.
Dalam sebuah pertandingan yang biasanya Pertandingan seperti pertandingan Bola Voli, Basket, Sepakbola dan Olahraga lainnya terdapat beberapa Jenis – Jenis sistem pertandingan yang biasanya di berlakukan, penentuan jenis sistem ini di tentukan oleh penyelenggara pertandingan, untuk lebih jelasnya mengenai Jenis-jenis sistem pertandingan tersebut marilah kita simak dibawah ini.

Jenis-jenis Sistem Pertandingan Olahraga

A. Jenis-jenis Sistem Pertandingan Olahraga ~ Sistem Gugur.

Pengertian dari Sistem Gugur adalah tim atau peserta yang kalah maka tidak dapat melanjutkan pertandingan ke tahap selanjutnya, dan tim yang menang berhak untuk melaju ke tahapan selanjutnya, Contohnya pada hari kamis dilakukan sebuah pertandingan Bola Voli antara tim “H vs  B”  kemudian tim B memenangkan pertandingan maka tim B akan melaju ke babak selanjutnya sedangkan untuk tim H tidak dapat melanjutkan ke babak selanjutnya (gugur).

Pada sistem pertandingan Sistem Gugur ini dibagi menjadi beberapa sistem yang di terapkan, jenis-jenis sistem pertandingan gugur tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sistem Gugur Tunggal.

Pada Sistem Gugur tunggal (Gugur Normal) ini biasanya dilakukan apabila jumlah peserta atau tim yang akan bertanding merupakan bilangan genap (Bilangan yang Habis di Bagi 2). sehingga jumlah pertandingan yang akan dilangsungkan yaitu Jumlah peserta di kurangi 1 ( Jml Peserta -1 = ……..) Contohnya apabila dlah sebuah kejuaraan terdapat 8 team yang akan bertanding maka jumlah pertandingan yang akan dilangsungkan adalah   8-1 = 7 pertandingan, untuk lebih jelasnya dapat sobat lihat pada Bagan Pertandingan Gugur Tunggal dibawah ini. 

Jenis-jenis Sistem Pertandingan Olahraga
Bagan Gugur Tunggal (Murni)

2. Sistem Gugur Dengan Bye.

Sistem Gugur dengan di berlakukan Bye terjadi apabila jumlah peserta nya berjumlah ganjil sehingga terdapat beberapa tim yang tidak mendapat lawan pada bagian bagan pertandingan, dan pada peserta yang tidak mendapatkan bagan yang kosong tersebut di beri hak istimewa yaitu yang disebut dengan “Bye” , pengertian dari Bye adalah Hak istimewa dari peserta pertandingan yang langsung mendapatkan dan akan bertanding pada putaran atau babak selanjutnya (Putaran II) tanpa melewati putaran I terlebih dahulu.
Pada prinsipnya sistem Gugur dengan sistem Bye ini sama saja dengan sistem gugur murni akan tetapi pada babak atau Putaran I di berlakukan sistem Bye, bye ini bertujuan agar pada putaran selajutnya jumlah peserta menjadi genap dan tidak ada peserta yang tidak mendapatkan lawan tanding, untuk penentuan peserta yang mendapatkan Bye ini adalah dengan dilakukan dengan Pengocokan atau Undian, Untuk contoh Bagan Pertandingan sistem Pertandingan Sistem Gugur dengan Bye dapat sobat lihat dibawah ini.
Jenis-jenis Sistem Pertandingan Olahraga
Bagan Gugur Dengan Bye

3. Sistem Gugur dengan Seeded.

Untuk sobat yang sudah terbiasa dengan olahraga pasti sudah tau apa yang di sebut dengan Istilah Seeded, akan tetapi untuk orang yang awam mengenai istilah-istilah dalam olahraga pasti belum mengetahui apa itu Seeded, Seeded adalah Pemisahan tim yang kuat dan di tempatkan pada bagan yang berbeda, dan tim yang dianggap kuat tersebut tidak akan saling bertemu pada babak penyisihan sehingga tim atau peserta yang masuk pada putaran selajutnya merupakan tim atau peserta yang benar-benar kuat (Bukan merupakan Keberuntungan).
Akan tetapi penerapan sistem seeded ini terdapat beberapa keuntungan dan kelemahan adalah sebagai berikut :
– Keuntungan Sistem Seeded.
  • Pertandingan tidak akan memakan waktu yang lama karena tim yang terkuat pasti akan sangat mudah untuk mengalahkan lawan nya.
  • Peserta yang terbaik berpeluang untuk masuk ke Putaran atau babak selanjutnya atau bahkan menjadi juara.
 – Kelemahan Sistem Seeded.
  • Peserta yang lemah hampir dapat dipastikan akan kalah dari peserta seeded, walaupun dalam kenyataanya bisa terjadi kejutan (tim Kuada Hitam).
  • Kurang ideal jika bertujuan untuk menyaring pemain yang memiliki kemampuan diatas standar.

3. Sistem Gugur Ganda.

Sistem gugur ganda adalah usaha untuk mengurangi kelemahan dari sistem gugur tunggal, dengan ketentuan peserta yang sudah mengalami kekalahan dua kali dianggap gugur serta tidak boleh melanjutkan pertandingan pada babak berikutnya. Pada Sistem gugur ganda ini peserta yang baru kalah satu kali masih memiliki kesempatan untuk bertanding kembali sampai peserta tersebut kalah dua kali Skema atau bagan hamper sama dengan siustem gugur tunggal, perbedaannya pada skema atau bagan pertandingan tersebut peserta yang menjadi juara pada kelompok kalah akan kembali bertanding melawan juara kelompok pemenang. dan apabila bila juara kelompok kalah pada waktu bertanding kembali mengalami kekalahan, maka pertandingan tersebut selesai karena sudah dua kali mengalami kekalahan . Akan tetapi , sebaliknya bila juara kelompok pemenang tersebut kalah, maka yang akan terjadi adalah juara kelompok pemenang baru satu kali kalah, jadi harus diulang sampai salah satu kalah.

B. Jenis-jenis Sistem Pertandingan Olahraga ~ Sistem Kompetisi.

Sistem pertandingan kompetisi merupakan sistem yang paling lama, karena sistem pertandingan ini memberikan peserta untuk melakukan pertandingan lebih dari satu kali, sehinnga setiap peserta tidak bertemu satu sama lain, pada sistem pertandingan Kompetisi ini juara akan ditentukan melalui perhitungan pengumpulan nilai (Point) tertinggi.
Pada sistem kompetisi ini dikenal ada 2 sistem Pertandingan Kompetisi yaitu Sistem Pertandingan dengan Kompetisi Penuh dan Juga Sistem Pertandingan dengan Setengah Kompetisi. Sistem Pertandingan Kompetisi Penuh merupakan sistem Pertandingan yang seluruh peserta kompetisi saling bertemu dalam dua pertandingan yaitu Pertandingan Home dan Pertandingan Away, dalam seistem Kompetisi penuh biasanya menggunakan menggunakan penilaian dengan Point yaitu sebagai berikut :
  • 3 Point : Apabila peserta memenangkan pertandingan.
  • 1 Point : Apabila kedua peserta pertandingan sama kuat (Seri).
  • 0 Poit   : Apabila Peserta Mengalami kekalahan.
Sedangkan pada Pertandingan setengah kompetisi merupakan sistem yang semua peserta bertemu dalam satu kali pertandingan, sehingga seluruh peserta tidak bertemu seluruhnya. 
Dalam sistem Pertandingan kompetisi ini terdapat beberapa kekurangan dan Kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kelebihan Sistem Pertandingan Kompetisi.

  • Juara merupakan tim yang benar-benar kuat.
  • Untuk peserta yang sudah memiliki Poit yang tinggi dapat mengatur strategi sesuai dengan situasi dan kondisi.
  • Kekalahan bukan suatu kegagalan dalam kompetisi tersebut karena dapat membalas pada pertandingan selanjutnya.
  • Akan lebih mempermudah untuk menyaring pemain yang memiliki Talenta.
2. Kekurangan Sistem Pertandingan Kompetisi.

  • Membutuhkan waktu yang sangat lama apalagi apabila jumlah peserta banyak sekali
  • Membutuhkan Biaya yang Besar.
  • Memungkinkan terjadinya sandiwara pertandingan, dimana peserta yang memiliki nilai yang tinggi maka dapat sengaja mengalah dari lawannya untuk mendongkrak klasmen (dari Degradasi) lawan nya tersebut.
Demikian lah pembahasan mengenai Jenis-jenis sistem Pertandingan yang berhasil kami rangkum, semoga dapat memberikan pengetahuan dan menambah wawasan sobat sekalian. Terimakasih atas kunjungan nya.


Artikel Olahraga lainnya :

No More Posts Available.

No more pages to load.