Jenis-jenis Servis pada permainan Bola Voli

oleh -
Jenis-jenis Servis pada permainan Bola Voli || Kumpulan-Olahraga || — Dalam Permainan Voli terdapat beberapa Teknik Dasar Permainan Bola Voli yang harus dikuasai oleh pemain seperti Teknik Passing, Teknik Smash / Spike dan Teknik Servis, pada artikel kami sebelumnya kami telah mengulas tentang Teknik Cara melakukan Pasing Bawah, Teknik Cara melakukan Smash. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Jenis-jenis Servis pada permainan Bola Voli.
Pengertian Servis adalah Sebuah langkah awal atau pembukaan dalam permainan bola Voli, Servis juga dapat diartikan sebagai serangan awal (Pertama) untuk menghasilkan Point. oleh karena itu dalam melakukan servis ini harus dilakukan dengan benar dan mematikan agar servis tersebut dapat menghasilkan point. Servis ini dilakukan di luar lapangan bagian belakang dan tidak bolah menyentuh/menginjak line lapangan dan dilakukan dengan Servis Bawah, Servis Atas, dan Jump Serve, ketiga jenis servis ini memiliki perbedaan  cara dan bola yang dihasilkan berkut ini adalah cara melakukan servis adalah sebagai berikut :
memukul bola ke lapangan lawan dengan melintasi net. Dalam permainan Voli Servis dibagi kedalam beberapa jenis diantaranya

 

1. Jenis-jenis Servis pada permainan Bola Voli — Servis Bawah.

Salah satu Jenis Servis pada permainan Bola Voli adalah Servis bawah, Cara Servis Bawah ini  merupakan teknik melakukan servis dengan cara mengayunkan lengan dari bawah ke arah bola dan kemudian memukulnya dengan menggunakan genggeman tangan, langkah-langkah melakukan servis bawah adalah sebagai berikut :
  1. Posisi berdiri dengan tubuh agak dicondongkan ke bagian depan 
  2. Kaki kiri agak kedepan sedangkan kaki kanan agak sedikit kebelakang (Untuk Kidal menyesuaikan)
  3. Lambungkan bola dengan tangan kiri, setelah bola kira-kira setinggi pinggang, ayunkan tangan kanan dengan kondisi lurus.
  4. Pukulan dilakukan dengan genggaman tangan.
Servis Bawah

 

 

2. Jenis-jenis Servis pada permainan Bola Voli — Servis Atas

Salah satu Jenis Servis pada permainan bola voli adalah Servis Atas, Servis Atas ini  merupakan servis yang paling sering digunakan oleh kebanyakan pemain karena bola yang dihasilkan servis atas ini relatif lebih kencang dibandingkan dengan servis bawah. dilihat dari bola yang dihasilkan Servis Atas ini dibagi kedalam 2 yaitu Tennis Servis dan Floating Servis, langkah langkah melakukan servis tersebut adalah sebagai berikut :

 

a. Jenis-jenis Servis pada permainan Bola Voli — Tennis Servis

Cara melakukan Tennis Servis adalah sebagai berikut :
  1. Sikap siap dengan kaki kiri di bagian depan dan sedikit ditekuk
  2. Kedua tangan memegang bola, dan posisikan tangan kanan ada diatas bola sedangkan tangan kiri menyangga bola dari bawah
  3. Lambungkan Bola ke atas dengan tangan kiri dan tangan kanan di tarik kebelakang atas kepala dan bersiap memukul bola
  4. Ketika bola diatas kepala ayunkan tangan kanan untuk memukul bola.
  5. Agar bola yang dihasilkan melaju kencang, lecutan pukulan dilakukan seperti melakukan smash tetapi tidak menukik kebawah.

 

b. Jenis-jenis Servis pada permainan Bola Voli — Floating Servis

Floating Servis (Servis Mengambang) adalah Cara memukul bola dimana bola yang dihasilkan meluncur mengambang dan tidak berputar dan terkadang dapat berubah arah cara melakukan Floating Servis ini sebenarnya tidak terlalu jauh dengan Tennis Servis, saat melakukan pukulan dapat menggunakan tepalak tangan dengan ibu jari ditekuk atau dengan genggaman tangan.
Servis Atas

 

 

2. Jenis-jenis Servis pada permainan Bola Voli — Jump Serve

Jenis Servis pada permainan bola voli selanjutnya adalah Jump Serve, Jump Serve ini  merupakan Servis yang paling sulit untuk dilakukan karena Jump Serve ini dilakukan seperti hendak melakukan Spike, jadi dengan demikian bola yang dihasilkan pun cukup kencang, akan tetapi jika jump serve tidak benar bola yang dihasilkan akan sangat mudah di terima lawan. langkah langkah melakukan Jump Serve adalah sebagai berikut :
  1.  Posisi Siap seperti hendak melakukan spike.
  2. Tangan Kiri memegang bola dan kemudian bola di lemparkan / Dilambungkan ke atas 
  3. Setelah bola melambung kejar bola seperti hendak melakukan spike (Smash) .
  4. Ketika bola telah sampai pada titik jatuh maka segera lompat dan pukul seperti hendak melakukan Spike / Smash.
  5.  Agar bola yang dihasilkan kencang dan spin (Berputar) cepat maka ketika melakukan pukulan baik nya di di sertai dengan lecutan tangan.
Jumping Serve
Dari pemaparan diatas dapat di simpulkan bahwa pengertian Servis adalah serangan pertama selain smash / Spike yang dilakukan pemain untuk mendapatkan Point yang dilakukan dari belakang luar lapangan. demikian lah Jenis-jenis Servis pada permainan Bola Voli semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait :

1. Sejarah Permainan Voli

2. Peraturan Permainan Voli 

3. Ukuran Lapangan Bola Voli

4. Teknik Dasar Permainan Voli

5. Teknik Dan Latihan Pasing Atas dan Pasing Bawah

6. Teknik / Cara Melakukan Smash/Spike

7. Cara Melatih Lompatan Smash 

8. Posisi-Posisi Permainan Bola Voli

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *