Jenis-jenis Senam

oleh -
Jenis-jenis Senam Senam merupakan Olahraga yang populer dikalangan masyarakat khususnya bagi kaum perempuan karena Olahraga senam ini sangat bermanfaat bagi kesehatan selain itu senam juga dapat dilakukan di luar maupun di dalam ruangan yang tidak terlalu luas. – Jenis-Jenis senam –
Pengertian Senam menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut :
Imam Hidayat (1982:2) menyatakan bahwa Senam merupakan suatu latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan sengaja dan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.
Agus Mahendra (2001:2) menyatakan bahwa Senam adalah suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan Keterampilan dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.
Pada saat ini banyak sekali bermunculan bermacam-macam Jenis-jenis senam mulai dari senam kesehatan Jasmani (SKJ), Senam Pagi, Senam Pernafasan, Senam Jantung dll. setiap senam memiliki gerakan yang sistematis dan sengaja dibuat serta memiliki tujuan tertentu
Senam ini merupakan olahraga yang sangat mengandalkan aktifitas gerak karena itu senam juga sering dilakukan kaum wanita yang ingin memperoleh tubuh yang indah.
Pada artikel sebelumnya Inforaga.net telah mengulas tentang Sejarah Senam pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Jenis-jenis Senam berikut ini adalah beberapa Jenis-jenis Senam diantaranya :

 

1. Senam Artistik (Artistic Gymnastic) 

Senam Artistik merupakan  senam yang  memiliki gerakan yang cepat dan Eksplosif, pada umum nya Senam ini menonjulakan gerakan kelentukan dan keseimbangan dengan gerakan yang relatif lambat dan terkontrol yang akan menghasilkan gerakan yang indah dan mengejutkan bagi semua yang melihat.

 

2. Senam Akrobatik ( Acrobatic Gymnastic) 

Senam Akrobatik ini merupakan jenis senam yang sangat mengandalkan Kelentukan dan Keseimbangan dan memiliki gerakan yang cepat dan Eksplosif, senam ini banyak biasanya memiliki gerakan-gerakan yang berbahaya seperti Salto dan putaran sehingga untuk melakukan senam akrobatik ini sangat dianjurkan didampingi oleh Instruktur senam Akrobatik.

 

3. Senam Ritmik Sportif (Sportive Ritmik Gymnastic)

Senam Ritmik ini adalah Senam yang dilakukan dengan mengikuti tuntunan musik tertentu sehingga senam ini akan menghasilkan gerakan tubuh yang indah, biasanya senam ritmik ini menggunakan peralatan seperti pita agar menambah keindahan gerak pesenam.

 

4. Senam Aerobik ( Sport Aerobic)

Senam Aerobik adalah senam yang memiliki serangkaian gerak yang telah dipadukan dengan Irama Musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu, Aerobik duga mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan Oksigen di dalam jaringan tubuh, karena pemasukan Oksigen didalam tubuh kita ditentukan oleh kapasitas maksimal Paru-paru saat mengirup udara. Bagi Sobat yang ingin menjaga kesehatan Jantung dan Paru-paru maka lakukanlah senam Aerobik ini secara teratur.    

 

5. Senam Trampolin ( Trampolinning) 

Senam Trampolin adalah pengembangan dari suatu latihan senam yang dilakukan diatas trampolin, yaitu dengan menggunakan sejanis pemantul yang memiliki daya pantul yang sangat besar.

 

6. Senam Umum (General Gymnastic) 

Senam Umum ini merupakan segala jenis senam diluar senam yang telah saya cantumkan diatas.
 
Diantara jenis Senam diatas terdapat satu jenis Senam yang sangat pupoler dikalangan Masyarakat yaitu Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) ini merupakan sebuah rangkaian gerakan Senam yang diiringi musik tertentu yang bertujuan unutk meningkatkan dan mempertahankan kesegaran dan kebugaran Jasmani dan Rohani. Senam SKJ ini mampu meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru secara optimal dan melenturkan Otot-otot. untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar sebaiknya senam SKJ ini dilakukan pada pagi hari sebalum melakukan Aktivitas karena dapat menjadikan badan Sehat dan Bugar.