Jangan Beli Smartphone yang Dijual dengan Harga yang Murah di Instagram

oleh -
Radar Ampera – Instagram selain menjadi platform media sosial, banyak penggunanya yang memanfaatkan Instagram sebagai tempat untuk mempromosikan dan menjual barang-barang dagangan ataupun produk lainya. Salah satunya adalah smartphone yang dijual dengan harga miring. Dan pada artikel kali ini ElliotMayot akan membahas tentang smartphone-smartphone yang dijual dengan harga miring di Instagram, apakah itu benar atau penipuan? atau benar tapi barangnya KW?

Jangan Beli Smartphone yang Dijual dengan Harga yang Murah di Instagram




Jangan Membeli Smartphone yang Dijual dengan Harga yang Murah di Instagram

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Banyak akun Instagram yang jual-jual smartphone murah, tetapi ElliotMayot tidak bisa menyebutkan akun-akun tersebut takut ada apa-apa. Biasanya mereka menggunakan alasan sedang cuci gudang, HP blackmarket, atau HP yang tidak kena pajak dan masih banyak yang lainya. Itu merupakan alasan yang ngawur sebenarnya.

Kenapa ngawur? Yang pertama adalah cuci gudang. Promo cuci gudang pada dasarnya dilakukan pada barang produksi yang berlebih dan menumpuk atau tidak laku. Sedangkan smartphone sendiri merupakan barang yang tidak bisa ditimbun, artinya semakin tua usia smartphone sejak tanggal launching, maka akan semakin murah pula harganya.

Yang kedua HP blackmarket atau tidak kena pajak. Gini aja deh logikanya, faktanya biaya produksi rata-rata Apple dalam memproduksi iPhone hanya 33,07% dari harga peluncurannya. Yang termurah adalah biaya produksi iPhone 6 Plus yaitu 3 juta. Sedangkan harga resminya saat peluncuran 10,5 juta. Mahal bukan? tentunya mahal dong, padahal harga tersebut juga belum kena pajak loh.

Biasanya segala jenis smartphone flagship ataupun smartphone yang sedang hype dijual dengan harga di bawah 2 juta semua bahkan ada yang di bawah 1 juta semua. Harga tersebut tidak sebanding dengan biaya produksi smartphone-nya. Masa produsen mau jualan barang tanpa dapat untung, kan ngga mungkin. Jadi jangan gampang percaya dengan akun-akun tersebut.

Kemudian ElliotMayot mencoba menghubungi 5 akun yang jual smartphone murah tetapi terindikasi sebagai penipu. Dari 5 akun tersebut hanya 4 yang membalas. Langkah pertama untuk membuktikan bahwa itu adalah kita tanyai lokasi toko fisiknya. Ada dua kemungkinan jawaban yang pertama jawab dengan alamat lengkap tetapi pas dicek ternyata ngga ada toko fisiknya, atau langsung to the point ngga punya toko fisik hanya jualan online.

Langkah selanjutnya kita bilang bahwa kita akan datang langsung ke tokonya. Disini juga ada dua kemungkinan, jika admin mengetahui alamat kalian jauh dari alamat toko fisiknya maka mereka akan memperbolehkan. Tetapi jika dekat maka admin tidak akan membolehkan pelanggan mengunjungi tokonya dengan alasan yang beraneka ragam.

Dari jawaban-jawaban atas pertanyaan terebut sebenarnya bisa kita pastikan itu merupakan penipuan. karena jawaban tersebut sudah tidak bisa dilogikakan lagi.

Dan pilihan terakhir untuk membuktikan akun tersebut menipu atau tidak yaitu dengan meminta foto barang plus tulisan yang kalian inginkan. Jika mereka bisa, kemungkin tidak menipunya 25% sisanya meniou. Tetapi jika tidak bisa berarti 100% menipu.

Pilihan paling aman untuk membeli smartphone adalah datang lansung ke toko fisiknya. Yang kedua bisa kita beli smartphone online lewat situs-situs yang sudah populer dan terpecaya seperti Bukalapak dan Tokopedia. Dari artikel ini ElliotMayot tidak melarang kalian untuk membeli smartphone di Instagram, ElliotMayot hanya sekedar mengingatkan dan share pengetahuan. Silahkan jika kalian ingin membelinya, tetapi harus siap menerima segala resikonya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.