Inilah! Kombinasi Terbaik X570 Aorus Master, Ryzen 9, dan NVMe SSD Aorus Gen 4

oleh -
Radar Ampera – Motherboard merupakan komponen yang sangat penting sebenarnya, terutama bagi mereka para overclocker. Nah pada artikel kali ini gue akan membahas 3 komponen komputer terbaru yang akan gue uji performanya, yaitu motherboard Aorus Master X570, SSD NVME Gen 4 dari Aorus, dan juga Processor Ryzen 9. Aorus Master X570 merupakan motherboard dengan chipset X570, yang merupakan salah satu flagshipnya motherboard Aorus. Apakah motherboard ini menjadi yang terbaik jika disandingkan dengan Ryzen 9 ?

Inilah! Kombinasi Terbaik X570 Aorus Master, Ryzen 9, dan NVMe SSD Aorus Gen 4

Kombinasi Terbaik X570 Aorus Master, Ryzen 9, dan NVMe SSD Aorus Gen 4

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Si Aorus Master ini lebih fokus ke durabilitas VRM-nya. Meskipun kita sudah sama-sama tahu mungkin dari luarnya kalau kalian lihat, motherboard ini memiliki segudang fitur yang lumayan banyak juga, beserta gimik-gimik yang di berikan Gigabyte atupun Aorus. Peningkatan jumlah core pada AMD Ryzen generasi ke 3 membuat para vendor motherboard harus mendesain VRM yang cukup tinggi standarnya.

Tentunya Aorus Master X570 ini ditujukan kepada kalian yang ingin menggunakan CPU 12 core atau 16 core dari Ryzen. Yaitu Ryzen 9 3900X atau Ryzen 9 3950X. Motherboard ini memiliki direct 14 power face digital, 12 face untuk CPU v-core, dan 2 face untuk SoC. Tentu desain VRM seekstrim ini bertujuan untuk mengangkat jumlah core yang banyak.

Yang dimana semakin banyak core, pastinya akan semakin banyak juga power yang dibutuhkan. Di X570 Aorus Master juga terdapat 2×8 pin untuk power CPUnya. Kalian tetap bisa menggunakan motherboard ini dengan 1×8 pin saja. 2×8 pin akan sangat membantu jika kalian akan melakukan overclocking tingkat lanjut.

Selain desain VRM yang mumpuni, Aorus juga menginginkan VRM motherboard ini tetap memiliki suhu yang adem. Karena meskipun VRM-nya sanggup, kalau suhunya terlalu tinggi juga akan mengurangi durabilitas dari motherboard dan CPUnya itu sendiri. Solusi pendinginnya ada heat sink dan heat pipe yang langsung direct ke VRM-nya. Ini juga sudah dilengkapi dengan thermal pat.

Pastinya, karena motherboard ini menggunakan chipset X570 jadinya kita sudah bisa merasakan yang namanya PCIe Express Generasi ke 4 yang di mana untuk saat ini kita sudah bisa menikmati NVMe SSD generasi ke 4. Dan juga GPU terbaru yang sudah mendukung PCIe Express generasi ke 4 salah satunya AMD Radeon RX5700. Slot PCIe Express di sini juga sudah tercover metal, sangat diwajarkan mengingat harga motherboard ini tidak murah.

Kalau kita lihat IO portnya pun super lengkap ada 2 LAN Gigabit dan 2,5 Gigabit, terus WiFi di sini juga sudah WiFi 6 alias 502.11AX. Bagi kalian yang suka overclocking juga sudah dimanjakan dengan tombol instan clear CMOS di bagian belakang, lalu ada QFlas untuk instan flash BIOS. Selain itu, terdapat juga indikator pause code, tombol power, dan tombol reset.

Di sebelahnya terdapat 4 slot DDR4 dual channel diklaim di website Aorus bahwa motherboard ini bisa menjalankan memory hingga 4400 MHz. Tentunya untuk mencapai speed tersebut dibutuhkan memory yang tepat dan setting yang tepat. Di sini gue menjalankan memorynya dikecepatan 3600 MHz.

Terdapat 3 slot M.2 ketiga-tiganya sudah mendukung PCIe Express Generasi ke 4 dan sudah dilengkapi dengan heat sink. Gue juga sempat ngetes slot M.2 tersebut dengan NVMe SSD Aorus Gen 4. SSD tersebut sudah terpasang heat sink yang cukup tebal. Kecepatannya pun bener-bener stabil dengan sequence read 5 Gbps dan write 4,2 Gbps.

Tampilan BIOS dari X570 Aorus Master ini masih belum banyak berubah. Terlihat cukup klasik dengan setting yang sangat mendetail. Nah untuk pengujiannya kita pasangkan motherboard ini dengan Ryzen 9 3900X. Pengujian yang cukup simpel dengan hanya menjalankan stres test lalu mengecek suhu VRM-nya seperti apa.
Dan berikut adalah hasil dari pengujiannya.

Selebihnya dari motherboard ini sudah dikemas secara estetik. Mulai dari motherboardnya yang hampir penuh tercover, dan sudah terdapat RGB-RGBan. Tentunya X570 Aorus Master ini cocok untuk pengguna yang berencana rakit PC dengan Ryzen 9 12 core atau 16 core. Agar mendapatkan performa yang lebih maksimal dengan keadaan komponen yang sehat. 

Oke itulah artikel dari ElliotMayot yang berjudul Kombinasi Terbaik X570 Aorus Master, Ryzen 9, dan NVMe SSD Aorus Gen 4. Buat kalian yang mau artikel-artikel menarik dan informatif lain dari ElliotMayot silahkan share artikel ini (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.