Inikah Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru yang Akan Dibangun Tahun Ini?

oleh -
Inikah Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru yang Akan Dibangun Tahun Ini?
Inikah Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru yang Akan Dibangun Tahun Ini?

JAKARTA, Radar Ampera – Pemerintah bakal mulai pembangunan atau groundbreaking Istana Presiden di Ibu Kota Baru pada tahun 2021. Pernyataan tersebut disampaikan langsung Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (17/3/2021).

Pembangunan itu bisa dilakukan jika persiapannya sesuai rencana dalam masterplan. Saat ini, desain dasar Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur, juga sedang disiapkan.

Lalu, bagaimana desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru?

Melihat dari video Pemenang I Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara, ada sekilas digambarkan mengenai Istana Presiden. Desain β€˜Nagara Rimba Nusa’ yang dibuat Urban+ terpilih sebagai Juara I kontes desain tersebut.

Dalam foto desain β€˜Nagara Rimba Nusa,’ terlihat desain gedung dengan keterangan Astana Indonesia Raya, yang bentuk atapnya unik menjulang lancip, dilengkapi lambang negara Burung Garuda. Hal itu digambarkan atau menunjukkan refleksi Bhinneka Tunggal Ika.

Tiang dan bendera merah putih terlihat berada di depan rancangan desain bangunan tersebut. Selain itu, di sekelilingnya tampak kawasan hijau dan danau yang disiapkan.

Belum diketahui pasti, apakah gambaran tersebut yang akan dipakai dalam membangun Istana Kepresidenan di ibu kota baru. Saat ini, Kementerian PUPR sedang mematangkan desain pastinya.

“Desain dalam proses penyiapan. Basic desain sudah ada. Basic desain terpilih dari desain beberapa arsitek terpilih,” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, saat dihubungi, Kamis (18/3/2021).

Selain istana, akan dibangun juga gedung untuk eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Urban+ memberinya nama Sumbu Tri Praja yang menggambarkan jati diri bangsa yakni Indonesia sentris.

Ada juga Plaza Bhinneka Tunggal Ika yang dibuat dengan konsep merayakan keberagaman budaya setiap provinsi. Plaza ini akan menjadi ruang sosial dan edukasi warga dan pengunjung.

Tempat terbuka lainnya adalah Danau Pancasila. Kelima sila yang ada bakal direfleksikan pada lima bangunan di sekitar danau. Ada juga Galeri Nasional, Kompleks Keagamaan, Sumbu Kebangsaan, dan Konektor antar-Kementerian. Tak lupa ada juga pelabuhan dan marine coastal pool. [*/kumparan]

No More Posts Available.

No more pages to load.