Hati-hati Coy! Kebiasaan yang Bikin Laptop Cepat Rusak, Sering Dilakukan Banyak Orang

oleh -
Radar Ampera – Bang, biar laptop kita awet dan ngga gampang rusak gimana bang caranya? Caranya gampang cuy, kalian tinggal pakai aja terus pas baterainya kosong dicharge, usahain jangan buat main saat lagi dicharge. Dibersihin laptopnya. Dipakai sesuai kemampuan, ngga bisa gaming berat ya jangan paksa. Sebenarnya sesimpel itu sih, tetapi kali ini yang akan kita bahas lebih ke pengalaman aja, agar kalian tahu bahwa hal tersebut bisa membahayakan laptop kalian.

Hati-hati Coy! Kebiasaan yang Bikin Laptop Cepat Rusak, Sering Dilakukan Banyak Orang


Kebiasaan yang Bikin Laptop Cepat Rusak, Sering Dilakukan Banyak Orang

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Kebiasaan pertama yang bikin laptop cepat rusak dan mungkin sering dilakukan oleh para siswa atau mahasiswa adalah membawa tas berisi laptop sambil lari-lari.  Terutama bagi kalian yang laptopnya masih pakai hardisk, kalau yang sudah SSD sih ngga masalah.

Karena pernah ada kejadian teman mahasiswa yang lari-lari ngejar bis sambil bawa tas berisi laptop. Pas sudah turun dari bis dan masuk kelas, tiba-tiba laptopnya sudah corrupt datanya. Setelah diselidiki ternyata hardisknya rusak dan harus diganti. Jadi usahain jangan sampai terjadi goncangan pada laptop yang masih menggunakan hardisk sebagai storagenya, karena itu sangat berbahaya.

Masih ngomongin tentang tas, kebiasaan kedua yang bikin laptop cepat rusak adalah mencampur laptop dengan barang lain seperti charger, mouse, buku-buku dalam satu tas. Jangan lah seperti, kasihan laptop kalian nanti luka-luka. Yang namanya jalan sambil bawa tas berisi barang, pastinya barang-barang tersebut akan beradu.

Itu yang akan menyebabkan baret dan luka pada laptop kalian. Walaupun tidak berpengaruh ke performa, tetapi nilai estetika laptop kalian akan berkurang. Kalau emang tas kalian ngga ada slot buat laptopnya, usahain pakaikan sleeve pada laptopnya. 

Kebiasaan ketiga yang bikin laptop cepat rusak adalah tidak menjaga suhu laptop. Karena baterai pada laptop itu tidak suka dengan suhu yang panas, seperti kalian. Kalau baterai terbiasa terekspos dengan panas, maka umur baterainya akan memendek.

Salah satu hal yang bikin laptop cepat panas adalah terblokirnya ventilasi laptop. ElliotMayot sering melihat orang bermain laptop dan laptopnya ditaruh di atas kasur, bantal, selimut, dan itu mestinya haram. Kalau mau main laptop ya di meja masa di ranjang.

Kebiasaan keempat yang bikin laptop cepat rusak adalah tidak menjaga kebersihan laptop dan kebersihan disekitar laptop itu sendiri. Kalau kalian mau main laptop bersihkan dulu tempat yang akan kalian taruh laptop tersebut. Jika tidak debu-debu disekitar akan terserap laptop dan lagi-lagi bisa ngeblokir ventilasi laptop.

Dulu pernah ada kejadian laptop yang awalnya normal-normal aja setelah dipakai satu tahun, terus pas dipakaibuat main game 5-10 menit sudah mati. Ternyata setelah diinvestigasi, pas dibongkar laptopnya, isi didalamnya debu semua dimana-mana. Itu semua adalah penyebab laptop sering overheating dan mati.

Kebiasaan kelima yang bikin laptop cepat rusak adalah menggoyang saat mencabut sesuatu yang tercolok di laptop kalian seperti flash disk, USB, Full HDMI, VGA dan masih banyak yang lainnya. Ini mungkin sering diajarkan ketika pelajaran komputer di sekolah kalian, ya kan? Sebenarnya itu salah, karena dapat membuat port semakin longgar.

Semisal terbiasa menggoyang saat mencabut, lama-kelamaan port akan rusak bahkan sampai tidak dapat tersambung ke laptop.  Yang seharusnya kalian lakukan ketika mencabut adalah dengan tarik lurus sekuat tenaga, itu lebih aman dibandingkan dengan cara menggoyang.

Dan yang terakhir adalah membahas sebuah mitos yaitu mitos tentang sering sleep laptop dapat membuat laptop menjadi rusak. Itu adalah pernyataan yang salah. Karena ElliotMayot sendiri sering melakukan sleep pada laptop, dan itu tidak membuat umur laptop menjadi pendek. Sleep itu sendiri pada dasarnya mengehentikan aliran daya pada seluruh komponen laptop kecuali RAM.

Dan juga di forum-forum banyak yang mengatakan kalau sering mati nyala mati nyala, itu lebih berbahaya dibandingkan dengan meninggalkan laptop dalam keadaan sleep. Saran dari ElliotMayot sih kalau mau meninggalkan laptop sebentar dan masih akan menggunakannya lebih baik disleep aja. Tetapi kalau mau ditinggal lama kaya tidur atau berpergian lebih dishutdown aja deh. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.