Efek Earphone terlalu keras

oleh -

Mereka yang terlalu sering mengunakan earphone dengan suara lebih keras diatas rata rata, akan terkena dampak pada kesehatan pendengaran. Mungkin akan sulit membedakan suara.

Dr. Hidehiko Okamoto dan Dr. Ryusuke Kakigi dari National Institute Physiological Sciences Jepang. Melakukan studi dari 26 orang dewasa, lalu dibagi 2 group. Satu group mendengarkan musik dengan suara lebih keras, dan group lain memakai volume suara normal.

Ketika di uji, peneliti meminta setiap responden mendengar suara tertentu dari sebuah film. Dan dilakukan pencatatan dengan alat MEG yang mengukur aktivitas otak responden. Hasilnya, mereka yang mendengar suara keras pada earphone akan sulit memisahkan kebisingan di latar belakang film.
Kesimpulan yang didapat, mereka yang mendengar atau mengunakan earphone terlalu kuat, akan memberikan beban pada saraf otak dan pendengaran lebih besar. Hal ini dapat menurunkan kemampuan dalam membedakan suara.

JANGAN LEWATKAN!:   Resep Masak Buat Mie Ayam Lezat Sederhana

Kedua peneliti menyebutkan, bila ingin mengunakan earphone yang baik. Sebaiknya mengunakan teknologi noise cancel, dari pada meningkatkan volume earphone untuk menutup suara di sekitar. Atau bersiap kehilangan pendengaran permanen.

loading…