Catat! Ini 5 Bahayanya Kamu Makan Sambil Berdiri, Jangan Dibiasakan ya!

oleh -194 views
Catat! Ini 5 Bahayanya Kamu Makan Sambil Berdiri, Jangan Dibiasakan ya!
Ilustrasi/Makan Sambil Berdiri

Radar Ampera – Ladies, makan sambil berdiri merupakan etika yang buruk bagi sebagian orang utamanya orang tua. Dengan alasan terburu-buru atau tak tersedianya kursi yang cukup ketika pergelaran acara pernikahan, dan lain-lain.

Sebaiknya, jangan jadikan perilaku tersebut sebagai suatu kebiasaan. Karena ternyata makan sambil berdiri bukan hanya soal etika dan larangan agama semata, ladies. Meski terdengar sepele, nyatanya makan sambil berdiri mempunyai dampak buruk bagi tubuh.

Berikut 5 bahaya makan sambil berdiri yang harus ladies tahu:

  1. Gangguan Pencernaan

Posisi tubuh saat makan ternyata juga berpengaruh pada sistem pencernaan dalam tubuh, ladies. Yups, makan sambil berdiri membuat lambung terlalu cepat mengosongkan isi perut. Hal ini berakibat pada partikel makanan tak dapat terurai dengan baik dan tertahan di usus. Sehingga, dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti peningkatan asam lambung, iritasi lambung, dan lain-lain.

  1. Gangguan Kesehatan Ginjal

Terhambatnya penyerapan nutrisi makanan membuat ginjal harus bekerja ekstra untuk proses penghancuran partikel makanan. Hal ini justru berbahaya karena dapat membuat ginjal mengalami iritasi, kelelahan, dan jika tak segera ditangani maka akan menyebabkan ginjal mengalami kerusakan parah.

  1. Sering Merasa Lapar

Pengosongan perut lebih cepat justru membuat kita lebih sering lapar ingin terus makan karena lambung dapat menampung makanan lebih banyak. Selain itu, makan sambil berdiri juga memicu makan lebih cepat dari biasanya dan dapat menyebabkan orang tersedak. Sehingga, membuat kinerja sistem pencernaan tak berjalan optimal.

  1. Perut Kembung

Saat menghadiri acara pernikahan teman atau saudara, makan sambil berdiri menjadi pilihan karena terbatasnya kursi yang tersedia. Hal tersebut ternyata membuat kita menyantap makanan dengan terburu-buru. Tentu, ini bukan perilaku yang baik ladies karena menyebabkan peningkatan volume udara yang masuk dalam tubuh sehingga berakibat pada perut kembung dan penumpukan jumlah gas.

  1. Nyeri Ulu Hati

Nyeri ulu hati bisa disebabkan oleh makan sambil berdiri sehingga terjadilah peregangan otot dan aliran darah tak lancar. Bahkan, bisa memicu keringan dingin dan stress ringan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.