Cara Untuk Menghitung VO2max Seorang Atlet

oleh -

Cara Untuk Menghitung VO2max

Cara Untuk Menghitung VO2max |Kumpulan-Olahraga| ~ Dalam melakukan aktivitas Olahraga baik itu Olahraga Bola besar atau pun Olahraga Bola kecil yang memiliki Intensitas gerakan yang tinggi dan menguras tenaga seperti Sepak Bola, Bola Voli, Bulutangkis tentunya sangat di butuhkan ketahanan VO2max, apa Itu VO2max?? VO2max atau Kemampuan tubuh adalah Volume maksimal O2 yang di proses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif. VO2max ini merupakan sebuah tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter / menit atau mililiter/menit/Kg berat badan.

Cara Untuk Menghitung VO2max ~ Setiap sel dari tubuh manusia ini sangat memerlukan Oksigen dalam melakukan aktivitasnya untuk mengubah energi makanan menjadi ATP (Adenosine Triphosphate) yang siap dipakai untuk bekerja dari tiap sel, yang paling sedikit mengonsumsi oksigen adalah bagian Otot dalam keadaan istirahat. akan tetapi Sel Otot yang berkontraksi sangat membutuhkan banyak ATP, hal ini mengakibatkan apabila kita sedang melakukan aktivitas latihan yang melibatkan Otot-otot akan membutuhkan lebih banyak asupan Oksigen. Sel otot akan membutuhkan banyak oksigen dan akan menghasilkan CO2, akan tetapi kebutuhan tubuh akan oksigen ketika melakukan aktivitas latihan dapat diukur melalui pernafasan kita. Semakin tinggi jumlah otot yang dipakai dalam melakukan aktivitas makin tinggi pula intensitas kerja otot tersebut. 
Cara Untuk Menghitung VO2max ~ Tingkat kebugaran sobat dapat diukur dari jumlah asupan oksigen saat latihan pada volume dan kapasitas maksimum, Kelelahan yang dirasakan akan menyebabkan turunnya konsentrasi terhadap suatu permainan dan bahkan akan mengalami kegagalan dalam melakukan permainan tersebut. Semakin banyak Asupan Oksigen yang diserap oleh tubuh menunjukan semakin baik kinerja otot dalam melakukan aktivitasnya sehingga zat-zat sisa yang menyebabkan kelelahan jumlah nya akan semakin sedikit, VO2max diukur dari banyaknya oksigen dalam liter per menit (l/min) atau banyaknya oksigen dalam mililiter per berat badan dalam kilogram per menit  ( mi/kg/min).

Cara Untuk Menghitung VO2max  ~ Dilihat dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi VO2max seorang atlet maka atlet tersebut akan memiliki daya tahan dan stamina yang prima dan kuat. Akan tetapi sekali pun seorang atlet memiliki VO2max yang istimewa hal ini juga harus ditunjang dengan teknik-teknik permainan cabang olahraga atlet tersebut sehingga akan mengefisiensikan kerja otot, dan memungkinkan atlet tersebut dalam memenangkan permainan. 

Cara Untuk Menghitung VO2max ~ Dalam melakukan pengukuran kemampuan VO2Max harus dilakukan tes sedemikian rupa sehingga pasokan oksigen kepada otot dan jantung harus berlangsung secara maksimal, kegiatan fisik yang memenuhi kriteria ini adalah sebagai berikut :
1. Melibatkan minimal 50% dari total masa Otot.

Cara Untuk Menghitung VO2max ~ Aktivitas yang memenuhi kriteria ini adalah Lari, Bersepeda, mendayung akan tetapi cara yang paling umum dan sering dilakukan adalah Treadmill, yang bisa diatur kecepatan dari sudut inklinasinya.
2. Test harus menjamin terjadinya kerja jantung maksimal
Cara Untuk Menghitung VO2max ~ Test ini harus harus berlangsung secara maksimal sehingga akan menjadikan kinerja jantung yang maksimal sehingga pasokan oksigen ke seluruh tubuh juga akan maksimal dan umum nya berlangsung selama 6 sampai 12 menit.
Cara Untuk Menghitung VO2max ~ Dalam mengukur VO2Max ini terdapat cara yang sederhana yaitu dengan metode Cooper Test, metode ini tidak memerlukan biaya yang cukup besar dan akurasi nya cukup wajar, yaitu dengan cara atlet melakukan lari selama 12 menit pada lintasan lari sepanjang 400 meter, dan setelah waktu habis catatlah jarak yang di capai oleh atlet tersebut. kemudian dimasukan kedalam rumus sederhana yaitu sebagai berikut :
(Jarak Tempuh (Meter) – 504,9) / 44,73 =
Contoh : Rully melakukan Cooper test dengan lari selama 12 menit, dan jarak yang dicapai sejauh 3100 meter.
Sehingga perhitungannya adalah sebagai berikut :

= (3100 M -504,9) / 44,73 = 58,02 mls/kg/min
Untuk sobat yang ingin Melatih dan meningkatkan VO2Max dapat sobat baca DISINI
 
Demikianlah pembahasan tentang Cara menghitung VO2Max, mohon maaf apabila banyak kekurangan dari pembahasan kami, kritik dan saran sangat kami butuhkan untuk memajukan Blog Kumpulan-olahraga ini. terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *