Cara Mengatasi, Agar Baterai Laptop Kamu Tidak Mudah Bocor dan Rusak

oleh -
Radar Ampera – Perawatan merupakan salah satu hal penting yang dilakukan pada semua barang, bahkan diri kita sendiri. Termasuk laptop kita. Ya, laptop yang memiliki kualitas bagus bukan hanya sekedar memiliki spesifikasi yang gahar, tetapi juga dapat dilihat cara kita merawatnya. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk membuat laptop tetap awet. Pertama kita akan membahas perawatan baterai laptop agar tidak mudah bocor, atau seenggaknya bisa bertahan lama. Bagaimana sih caranya ?

Cara Mengatasi, Agar Baterai Laptop Kamu Tidak Mudah Bocor dan Rusak

Cara Mengatasi, Agar Baterai Laptop Kamu Tidak Mudah Bocor dan Rusak
Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Sebelum kita membahas lebih jauh, saya akan membuat disclaimer bahwa tips-tips ini merupakan berdasarkan pengalaman pribadi saya selama memiliki laptop, jadi tips-tips ini berdasarkan pendapat pribadi yang sudah dikombinasikan dengan pendapat dari sumber-sumber terpercaya. Oke langsung saja kita bahas satu persatu, apa saja sih yang bikin baterai laptop kita mudah bocor atau tidak awet ? Dan bagaimana sih caranya agar baterai laptop kita tidak mudah bocor?

Yang pertama yaitu tidak mencabut baterai laptop ketika kita akan memakai laptop sambil dicharge. Kebanyakan orang yang saya lihat, saat mereka bermain laptop sambil dicharge, mereka melepaskan baterai dari laptopnya. Saya dulu juga begitu tetapi setelah tau hal tersebut tidak dibenarkan maka saya pun tidak pernah melakukannya lagi. Tindakan tersebut tidak dibenarkan karena baterai laptop sekarang sudah memakai baterai berjenis Lithium atau Liion yang memiliki circuit untuk over charging protection.

Over charging protection ini berguna untuk menghentikan pengisian daya saat baterai laptop sudah 100%. Jadi sebenarnya aman-aman saja jika kita bermain laptop sambil dicharge. Lagian untuk memaksimalkan performa laptop, apalagi laptop gaming adalah dengan memainkannya sambil dicharge. Namun untuk laptop-laptop yang berjenis non gaming yang digunakan untuk melakukan pekerjaan sebaiknya cabut saja chargernya jika sudah penuh dan colok lagi jika sudah hampir habis.

Ngelanjutin yang di atas, kapan sih kita harus mencolokan charger ke laptop kita ? Apakah harus menunggu sampai 0% ? Jawabannya adalah kita harus mengecharge laptop kita jika baterai sudah mencapai 20% atau paling sedikit 15%. Kenapa begitu ? Karena baterai laptop berjenis Lithium ini tidak dibenarkan berada dalam keadaan 0%. Dan sebenarnya kita juga tidak mengecharge baterai apapun yang berjenis Lithium ini dari 0% – 100%.

Sebenarnya hal tersebut sudah pasti diketahui seluruh insan di dunia yang memiliki barang elektronik, namun kebanyakan masih melupakannya. Dan membiarkan baterai laptop dalam keadaan 0%, apalagi dalam waktu yang lama. Biasa ini terjadi pada orang yang mempunyai laptop lebih dari satu. Jadi sebaiknya kalian lebih baik mengecek setiap hari untuk memastikan baterai laptop kalian tidak kurang dari 15%.

Dan tips yang terakhir adalah tidak membiarkan laptop berada di tempat dengan suhu diatas suhu ruangan dan tidak membiarkan suhu laptop diatas normal. Tempat-tempat tersebut contohnya di dalam mobil yang sedang terparkir di siang hari dan terkena sinar matahari langsung. Dan untuk suhu normal laptop sebenarnya berbeda-beda namun untuk batasan saja suhu laptop sebaiknya jangan dibiarkan di atas 70 derajat.

Sebenarnya untuk menjaga suhu laptop tetap rendah dan stabil itu mudah. Yaitu dengan tidak menggunakan laptop di atas bahan yang empuk seperti sofa dan kasur. Sangat dianjurkan untuk menggunakan laptop di atas bahan yang keras seperti meja. Dan untuk mendapatkan suhu yang lebih rendah dan stabil kita bisa menggunakan laptop di atas meja dan di dalam ruangan ber-AC. Atau paling ngga ruangan yang adem lah dan pastikan laptop tidak terpapar sinar matahari langsung.

Jadi kesimpulannya adalah, sebenarnya untuk menjaga baterai tetap awet dan tidak mudah bocor itu sangat mudah. Tinggal kaliannya saja mau repot sedikit atau tidak. Walaupun kalian misalnya mempunyai banyak uang dan jika baterai laptop rusak tinggal diganti, itu ngga papa. Tetapi apa salahnya kita merawat laptop sendiri. Lagian sangat mudah kok merawatnya. Setelah baterai, next artikel insya Allah saya akan membahas perawatan dibagian softwarenya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.