Cara Melatih Pukulan Forehand dan Back Hand pada Bulutangkis

oleh -
Cara Melatih Pukulan Forehand dan Backhand pada Bulutangkis |Kumpulan Olahraga| ~ Cabang olahraga Bulutangkis ini merupakan Olahraga yang saat ini populer di kalangan masyarakat, sehingga banyak sekali orang yang memainkan Olahraga Bulutangkis ini, mulai dari kalangan anak-anak sampai yang lanjut usia sangat gemar memainkan Olahraga Bulutangkis. Indonesia merupakan Negara yang cukup di segani dalam cabang olahraga Bulutangkis ini dan banyak sekali menghasilkan Atlet-atlet yang berprestasi, hal ini membuktikan bahwa olahraga Bulutangkis ini memang sudah menjadi salah satu olahraga Populer di kalangan masyarakat.
Untuk menjadi seorang pemain Bulutangkis yang berprestasi bakat dan kekuatan saja tidak cukup akan tetapi dibutuhkan latihan yang sunguh-sungguh, pemain yang bagus dalam bermain Bulutangkis apabila ia tidak latihan maka ia tidak akan dapat menjadi pemain yang berprestasi. Dalam Bulutangkis ini banyak sekali aspek yang harus dilatih terutama pada kekuatan Pukulan dan ketepatan Pukulan. Pada Olahraga Bulutangkis dikenal ada dua jenis pukulan diantaranya adalah pukulan Forehand dan Backhand, untuk pemula mungkin akan mengalami sedikit kesulitan dalam melakukan pukulan forehand dan backhand ini sehingga dibutuhkan latihan khusus, sungguh-sunguh dan berkesinambungan agar dapat mahir melakukan pukulan forehand dan backhand tersebut. Pada artikel kumpulan Olahraga sebelumnya kami telah membahas tentang Jenis-jenis Pukulan dalam Bulutangkis untuk lebih jelasnya dapat sobat baca  DISINI
Contoh Pukulan Backhand
Pada Kesempatan kali ini Kumpulan olahraga akan membahas tentang Cara melatih pukulan Forehand dan Backhand karena pukulan forehand dan Backhand ini merupakan syarat penting yang harus dikuasai oleh seluruh pemain Bulutangkis, Berikut ini adalah beberapa cara melatih pukulan Forehand dan backhand adalah sebagai berikut :

1. Cara melatih pukulan Forehand dan Backhand Pada Bulutangkis ~ Pukulan Forehand 

Pukulan Forehand merupakan pukulan yang dilakukan dengan menggunakan bagian depan raket, cara untuk melatih pukulan forehand ini adalah sebagai berikut :
  1. Pertama-tama posisi badan berdiri dengan posisi siap dengan memasang kuda-kuda di tengah lapangan dan diusahakan raket berada di bagian depan.
  2. Pandangan lurus kepada arah datang nya bola.
  3. Kemudian mulai lah meminta teman atau pelatih untuk melemparkan Bola (Shutlecock)
  4. Setelah umpan datang maka segera lah lakukan pukulan dengan menjemput bola dan diusahakan dilakukan dengan cepat.
  5. Posisi raket ketika memukul di usahakan harus berada diatas bahu agar siap melakukan pukulan.
  6. Usahakan bola yang dipukul harus sedekat mungkin dengan bibir net 
  7. Setelah melakukan pukulan segeralah bersiap kembali untuk menerima pukulan selanjutnya.

 2.Cara Melatih pukulan Forehand dan Backhand Pada Bulutangkis ~ Pukulan Backhand

Backhand merupakan pukulan yang relatif sulit untuk dilakukan, apalagi untuk seorang pemula, pukulan backhand ini dilakukan apabila bola berada pada bagian tubuh sebelah kiri (Untuk dominan tangan kanan) dan sebalik nya untuk tangan kiri. sebelum melakukan Pukulan Backhand sebaiknya sobat memperhatikan cara memegang raket terlebih dahulu cara memegang raket ini dapat sobat pelajari DISINI   
Setelah sobat mengetahui dan mempelajari cara memegang raket yang benar dilanjutkan dengan latihan Pukulan Forehand dan Backhand, Cara untuk melatih Pukulan Backhand adalah sebagai berikut :
  1. Pertama-tama posisi badan berdiri dengan posisi siap dengan memasang kuda-kuda di tengah lapangan dan diusahakan raket berada di bagian depan.
  2. Pandangan lurus kepada arah datang nya bola.
  3. Kemudian mulai lah meminta teman atau pelatih untuk melemparkan Bola (Shutlecock) ke arah kiri badan kita.
  4. Setelah umpan datang maka segera lah lakukan pukulan dengan menjemput bola dan diusahakan dilakukan dengan cepat.
  5. Pergelangan tangan harus rileks, karena untuk melakukan pukulan backhand ini bukan hanya membutuhkan kekuatan akan tetapi juga kelenturan dan lecutan pergelangan tangan.

3. Cara Melatih Pukulan Forehand dan Backhand  Pada Bulutangkis ~ Melatih Kekuatan Pukulan dengan menggunkan Botol air Mineral

Cara yang satu ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kekuatan pukulan dan kelenturan pergelangan tangan, sehingga ini merupakan salah satu cara melatih pukulan Forehand dan Backhand. bahan yang di perlu di persiapkan untuk melakukan latihan ini adalah cukup dengan menggunakan Botol Air mineral ukuran 800 ml yang telah di isi air dan juga cara untuk latihan ini dapat dilakukan dalam keadaan santai sepeti Nonton TV atau istirahat, cara Melatih pukulan Forehand dan Backhand dengan cara ini adalah sebagai berikut :
  1. Lakukan Pemanasan yang cukup agar otot siap untuk melakukan latihan ini, dan meminimalisir akan terjadinya cedera.
  2. Ambil botol Air mineral yang telah diisi air tesebut.
  3. Genggam botol air mineral seperti cara kita memegang raket.
  4. Angkat tangan ke atas dan luruskan diatas kepala
  5. Kemudian gerakanlah pergelangan tangan kedepan dan kebelakang, untuk pemula cukup dengan interval 5 dan diulang sesuai kemampuan.
  6. Dilanjut kan dengan melakukan putaran pada pergelangan tangan hal ini agar memperkuat pergelangan dan lecutan pergelangan.

4. Cara Melatih Pukulan Forehand dan Backhand Pada Bulutangkis ~ Push Up

Cara yang satu ini merupakan cara yang dilakukan untuk mendapatkan power pukulan Forehand dan Backhand lakukan lah Push Up dengan interval tertentu maka sobat akan menapatkan pukulan yang relatif lebihkeras dari sebalum nya.
Demikian lah pembahasan tentang Cara melatih Pukulan Forehand dan backhand Bulutangkis, untuk menjadi pemain Bulutangkis yang handal dan berprestasi jangan pernah mengabaikan latihan karena sebagus apa pun permainan Bulutangkis seseorang apabila tidak di tunjang dengan latihan yang rutin maka akan mudah dikalahkan dan tidak akan berprestasi, Untuk memperdalam pengetahuan tentang Bulutangkis bisa sobat baca DISINI
Artikel Bulutangkis Lainnya : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *