Cara Melatih Meningkatkan VO2Max Seorang Atlet

oleh -606 views

Cara Melatih VO2Max Seorang Atlet

Cara Melatih VO2Max Seorang Atlet |Kumpulan Olahraga| ~ Dalam melakukan aktivitas Olahraga baik itu Olahraga Bola besar atau pun Olahraga Bola kecil yang memiliki Intensitas gerakan yang tinggi dan menguras tenaga seperti Sepak Bola, Bola Voli, Bulutangkis tentunya sangat di butuhkan ketahanan VO2max, apa Itu VO2max?? VO2max atau Kemampuan tubuh adalah Volume maksimal O2 yang di proses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif. VO2max ini merupakan sebuah tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter / menit atau mililiter/menit/Kg berat badan.

Setiap sel dari tubuh manusia ini sangat memerlukan Oksigen dalam melakukan aktivitasnya untuk mengubah energi makanan menjadi ATP (Adenosine Triphosphate) yang siap dipakai untuk bekerja dari tiap sel, yang paling sedikit mengonsumsi oksigen adalah bagian Otot dalam keadaan istirahat. akan tetapi Sel Otot yang berkontraksi sangat membutuhkan banyak ATP, hal ini mengakibatkan apabila kita sedang melakukan aktivitas latihan yang melibatkan Otot-otot akan membutuhkan lebih banyak asupan Oksigen. Sel otot akan membutuhkan banyak oksigen dan akan menghasilkan CO2, akan tetapi kebutuhan tubuh akan oksigen ketika melakukan aktivitas latihan dapat diukur melalui pernafasan kita. Semakin tinggi jumlah otot yang dipakai dalam melakukan aktivitas makin tinggi pula intensitas kerja otot tersebut.
Semakin tinggi VO2max seorang atlet maka atlet tersebut akan memiliki daya tahan dan stamina yang prima dan kuat. Akan tetapi sekali pun seorang atlet memiliki VO2max yang istimewa hal ini juga harus ditunjang dengan teknik-teknik permainan cabang olahraga atlet tersebut sehingga akan mengefisiensikan kerja otot, dan memungkinkan atlet tersebut dalam memenangkan permainan. 
Pada Artikel Kumpulan Olahraga sebelumnya kami telah membahas tentang Cara Menghitung VO2Max atlet untuk lebih jelasnya dapat sobat baca DISINI.
Pada kesempatan kali ini kumpulan Olahraga akan membahas tentang Cara Melatih Meningkatkan VO2Max seorang Atlet, karena ini dipandang sangat penting untuk mmeningkatkan daya tahan tubuh atlet agar tidak cepat mengalami kelelahan selama pertandingan.

Cara Melatih Meningkatakan VO2Max Atlet

Selain faktor genetika, kemampuan Vo2Max yang bagus juga di dasarkan pada program latihan yang dijalankan, Program latihan yang dapat meningkatkan VO2Max  adalah latihan yang intensitas nya mampu menghasilkan VO2Max atau dengan kata lain adalah alatihan yang mampu membuat sobat bernafas dengan kuat. salah satu cara untuk mendapatkan VO2Max sobat adalah berlari selama kurang lebih 6-12 menit, jadi sobat dapat melakukan latihan VO2Max yang terdiri dari pemanasan 10 Menit, Berlari selama 6-12 menit dan pendinginan selama 10 menit. akan tetapi latihan tadi bukan cara yang terbaik dalam melatih meningkatkan VO2Max karena pada saat berlari sobat akan merasa sangat lelah. 
Dalam melatih VO2Max sobat dapat melatih dengan beberapa jenis latihan lain yang berdurasi relatif lebih pendek yang berintensitas sama atau lebih tinggi yang terbagi kedalam beberapa periode pemulihan, cara seperti ini akan membuat sobat mencapai VO2 Max sebelum sobat kelelahan. Dibawah ini ada beberapa contoh program latihan VO2Max adalah sebagai berikut :
 

1. Cara Melatih Meningkatkan VO2Max. ~ Interval 30/30 dan 60/60

Pertama-tama kita lakukan dengan interfal 30/30, pertama kira lakukan pemanasan dengan jogging minimal selama 10 menit, detelah selesai pemanasan dilanjutkan dengan berlari sekuat mungkin (Sprint) selama 30 detik, lalu kembali jogging selama 30 detik. Lakukan berulang-ulang bergantian sampai jumlah masing-masing adalah 12. kemudian apabila sudah kuat dengan interval 30/30 maka pada latihan berikutnya Tingkatkan jumlahnya masing-masing sampai maksimal 20 kali. Jika sudah, lakukan cara yang sama dengan metode interval 60/60. Lakukan metode interval 60/60 dengan jumlah masing-masing minimal sebanyak 6 kali dan maksimal sebanyak 10 kali.

2. Cara Melatih Meningkatkan VO2Max. ~  Interval Jalur Menanjak

Dalam melakukan latihan Meningkatkan VO2Max ini sobat harus mencari jalur atau daerah yang memiliki tanjakan yang relatif panjang, apabila sobat telah menemukan track yang tepat lakukan pemanasan dengan jogging minimal selama 10 menit, kemudian apabila pemanasan telah selesai mulai berlarilah (Sprint) di jalur menanjak selama 2-3 menit, lalu kembali jogging selama 10 menit, dan ulangi lagi tahapannya. Pilihlah sebanyak 4 kali dalam waktu 2 menit atau 3 kali dalam waktu 3 menit. Untuk tahapan mahir, Anda bisa melakukan sebanyak 10 kali 2 menit atau 7 kali 3 menit. Sebaiknya lakukan lah lari dengan kecepatan semaksimal mungkin. akan tetapi jangan sampai Anda tidak mampu melakukan sebelum menyelesaikan metodenya, atau jangan sampai pula Anda merasa masih mampu melakukannya lagi ketika sudah menyelesaikan.

3. Cara Melatih Meningkatkan VO2Max. ~ Interval Laktat

Program Latihan VO2Max ini merupakan yang lumayan cukup berat, Sebelum sobat melakukan latihan VO2Max ini sobat harus sudah benar-benar menjalankan dan menguasai metode interval 30/30, 60/60, dan jalur menanjak. Program interval laktat ini dilakukan di jalur/trek khusus berlari yang banyak tersedia di stadion atau lapangan perlombaan lari. pertama tama lakukan pemanasan dengan jogging minimal selama 10 menit, kemudian lakukanlah lari dengan jarak 800-1200 meter mengelilingi trek, lalu kembali jogging sejauh 400 meter. Sebaiknya sobat memilih jarak interval 800 meter terlebih dahulu sebelum ditingkatkan menjadi interval 1200 meter hingga total jaraknya adalah 5000 meter atau 5 km. Jadi urutannya dari jarak yang paling pendek adalah misalnya 6-7 x 800 meter, lalu 5 x 1000 meter, dan 4 x 1200 meter, akan tetapi hal yang harus di perhatikan adalah kecepatan lari sobat harus dalam dalam keadaan sprint akan tetapi harus di sesuaikan jangan sampai sobat kelelahan sebelum selesai melakukan Program Interval Laktat ini.

Jenis latihan VO2Max ini memang latihan yang tergolong cukup berat sehingga tidak sedikit atlet yang malas melakukan latihan VO2Max ini, akan tetapi untuk seorang atlet yang telah merasakan manfaat dari Program latihan VO2Max ini atlet tersebut akan semakin meningkatkan latihan VO2Max ini.

Demikian pembahasan tentang Cara Melatih Meningkatkan VO2Max atau daya tahan semoga bermanfaat, mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulissan atau pengertian di dalam artikel saya terimakasih.

No More Posts Available.

No more pages to load.