Cara melakukan Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli

oleh -478 views
Cara melakukan Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli |Kumpulan Olahraga| ~ Permainan Bola Voli merupakan salah satu permainan olahraga yang saat ini banyak sekali dimainkan oleh seluruh lapisan masyarakat, dalam melakukan olahraga Bola Voli ini tergolong cukup sulit karena di perlukan kekuatan-kekuatan otot tubuh salah satunya adalah  kekuatan Otot kaki. Pada permainan Bola Voli ini terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai oleh setiap pemain bola voli diantranya Teknik Passing, Teknik Spike, dan teknik bertahan untuk lebih jelasnya dapat sobat baca DISINI.
Pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan membahas tentang Cara Melakukan Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli. karena Cara Melakukan Teknik Blocking ini dipandang sangat penting untuk dapat memenangkan permainan Bola voli, Blocking ini merupakan pertahanan pertama ketika lawan melakukan serangan Spike ke daerah pertahanan kita. selain itu apabila blocking dilakukan dengan baik dan benar dan bola mati di daerah pertahanan lawan maka akan menambah perolehan point untuk tim kita.

 

Berikut ini merupakan Dasar-dasar Cara Melakukan Teknik Blocking pada permainan Bola Voli adalah sebagai berikut :

  1. Posisi pemain yang akan melakukan Blocking berada di dekat net, hal ini bertujuan agar mempermudah dalam melakukan blocking dari serangan yang akan dilakukan lawan.
  2. Melihat posisi setter (Toser), dan juga melihat pergerakan pemain lawan di mana spiker akan melakukan spike.
  3. Posisi tangan berada di depan dada hal ini bertujuan supaya mempermudah dalam melakukan Blocking juga untuk mengurangi resiko tangan menyangkut pada net.
  4. Ketika bola telah di umpankan lawan oleh setter kepada spiker dengan segera bergerak dan melompat ke arah jatuh nya bola yang akan di pukul oleh spiker untuk melakukan Blocking.
  5. Ketika melakukan Blocking telapak tangan dibuka dengan jari telunjuk tangan kanan dan kiri di rapatkan.
  6. Kemudian mendarat dengan kedua kaki dengan posisi tangan tetap berada di depan dada. dan siap untuk melakukan Blocking berikutnya.
Dalam melakukan teknik Blocking dengan sempurna memang lah bukan perkara yang mudah, karena di butuhkan ketepatan dalam membaca serangan lawan  yang dirancang oleh setter lawan sehingga di butuhkan kejelian dalam memperhatikan arah bola yang diumpan oleh setter (toser). dalam melakukan Cara teknik Blocking dalam permainan Bola Voli ini harus dilakukan dengan teknik yang benar karena apabila melakukan kesalahan baik itu dalam membendung atau kesalahan gerakan dapat mengakibatkan bertambah point untuk lawan, berikut ini beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan Blocking diantaraya adalah sebagai berikut :

  1. Posisi badan jauh dari Net, hal ini dapat mengakibatkan bola yang di bendung (Blocking) akan jatuh di daerah pertahanan kita sendiri karena biasanya spiker akan cenderung melakukan spike menukik ke arah pertahanan sehingga bola yang di block akan jatuh di daerah pertahanan kita.
  2. Salah Membaca arah serangan yang dirancang oleh setter (Toser)
  3. Timing Block tidak tepat.
  4. Tidak memperhatikan arah bola yang di umpan setter.
  5. Telapak tangan dan jari tangan tidak di buka pada waktu melakukan
    Blocking.
  6. Tangan bergerak pasif sehingga mempermudah lawan mengubah arah serangan ketika melakukan spike / Smash.
  7. Tidak melihat gerakan Spiker lawan yang akan melakukan serangan 
  8. Tangan di simpan di bawah dada sehingga ketika melakukan lompatan dapat mengakibatkan tangan menyangkut pada net atau dapat juga mengenai teman yang akan melakukan blocking.
  9. Tangan (Lengan) terlalu membuka sehingga blocking dapat di tembus pada celah tengah-tengah antara lengan kanan dan lengan kiri.
  10. Kesalahan dalam melakukan pendaratan (dengan satu kaki) sehingga dapat mengakibatkan cedera yag serius.
  11. Melakukan Blocking dengan lompatan melayang. sehingga dapat membahayakan pemain lainnya baik yang melakukan serangan atau pun teman yang bersama-sama melakukan Blocking.
Demikian lah pembahasan tentang Cara melakukan Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli , bagi sobat yang hendak memperdalam pemahaman tentang Olahraga Bola Voli dapat sobat baca DISINI. apabila Sobat ingin menambahkan atau mengkoreksi artikel Cara melakukan Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli ini dapat sobat tulis kan di kolom komentar, karena saran dan kritik sobat sangat membantu dalam perkembangan dan kemajuan blog Kumpulan-Olahraga ini. Terimakasih.

Artikel Terkait :

No More Posts Available.

No more pages to load.