Cara melakukan Pemanasan yang Baik dan Benar

oleh -

Cara Pemanasan yang baik dan Benar | Kumpulan olahraga|

Pemanasan adalah serangkaian aktivitas gerak tubuh yang berfungsi untuk mempersiapkan tubuh agar dapat melakukan aktivitas fisik yang lebih tinggi intensitas nya seperti Olahraga, dan gerak lainnya. Pemanasan ini sangatlah penting untuk dilakukan oleh semua orang yang akan melakukan Aktivitas hal ini bertujuan agar mempersiapkan Urat dan Otot agar bisa menerima gerakan yang lebih kompleks dan memiliki intensitas tinggi seperti olahraga Sepak bola, Voli, Bulu tangkis.
Dalam melakukan Pemanasan diharuskan dilakukan dengan baik dan benar karena apabila pemanasan dilakukan dengan asal-asalan maka akan berakibat sangat fatal yang dapat membahayakan diri atlet itu sendiri, dan juga resiko Cedera akan semakin tinggi. Karena saking semangatnya kita ketika hendak melakukan Olahraga atau aktivitas lainnya hingga kita lupa untuk melakukan Pemanasan, salah satu jenis pemanasan yang biasanya dilakukan olek kebanyakan orang adalah Peregangan otot mulai dari kepala sampai dengan ujung kaki dan juga melakukan lari-lari kecil yang dikombinasikan dengan gerakan lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan pemanasan yang baik dan benar adalah sebagai berikut :
Salah satu gerakan pemanasan

 

1. Cara melakukan pemanasan yang baik dan benar — Peregangan Otot

Peregangan otot merupakan sebuah aktivitas pemanasan yang bertujuan untuk melonggarkan persendian dan meregangkan otot-otot yang kaku sehingga otot tidak kaget untuk menerima aktivitas gerakan yang memiliki intensitas yang tinggi.
Contoh gerakan Peregangan

 

2. Cara melakukan pemanasan yang baik dan benar  — Memutar persendian.

Setelah melakukan peregangan dianjurkan pula untuk memutar persendian yang memiliki sendi putar pemanasan ini bertujuan agar sendi putar dapat bergerak luwes dan tidak kaget ketika akan melakukan manuver gerakan. akan tetapi gerakan memutar ini hanya dilakukan pada persendian yang memiliki sendi putar seperti leher, bahu pergelangan tangan, pinggang, dan pergelangan kaki. karena apabila putaran dilakukan pada sendi yang tidak memiliki sendi putar maka akan berakibat dislokasi sendi yang dapat mengakibatkan cedera.

 

3. Cara melakukan pemanasan yang baik dan benar — Joging dan Gerakan Kombinasi

Setelah kita melakukan peregangan dan gerakan memutar persendian pemanasan dilanjutkan dengan melakukan Joging dan gerakan kombinasi hal ini bertujuan agar memanaskan / mempersiapkan otor agar dapat menerima gerakan yang lebih berat dan kompleks, joging dilakukan sekitar 6-10 menit dengan disertai gerakan kombinasi seperti lari di tempat, steps, lompat dada, locat kidang, dan gerakan kombinasi lainnya.

 

4. Cara melakukan pemanasan yang baik dan benar — Jumping Jack

Pemanasan dengan Jumping jack ini minimal dilakukan sebanyak 25 kali hal ini berguna agar seluruh organ tubuh sobat siap untuk melakukan gerakan yang lebih berat, 
Demikian lah beberapa Cara melakukan pemanasan yang baik dan benar yang berhasil di rangkum kumpulan-olahraga.blogspot.com, terimakasih atas kunjungan nya bagi sobat yang ingin menambahkan cara melakukan pemanasan yang baik dan benar dapat di cantumkan di kolom komentar. 

Artikel Terkait : 

1.  Pengertian Olahraga

2. Olahraga Bola Besar

3. Olahraga Bola Kecil

4. Olahraga Bela diri

5. Olahraga Tradisional

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *