Cara Cerdas Mengetahui Klasifikasi Sumber Daya Alam

oleh -244 views
Cara Cerdas Mengetahui Klasifikasi Sumber Daya Alam
Ilustrasi/SDA

Radar Ampera – Sama seperti dengan Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam memiliki peranan yang tak kalah penting dalam pembangunan suatu negara. Ibarat jumlah aset, semakin banyak sumber daya alam yang dikuasai, maka akan semakin mudah pula suatu negara dalam mewujudkan rencana pembangunannya. Sumber Daya Alam sendiri bisa diartikan sebagai sebuah kekayaan alam yang dimanfaatkan untuk mencukupi kehidupan manusia agar lebih sejahtera.

Sumber daya alam mencakup banyak hal, tidak hanya komponen biotik seperti hewan, tumbuhan ataupun yang lainnya, tetapi juga komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, dan sebagainya. Sebagai sebuah negara, Indonesia menjadi salah satu dengan kekayaan alam yang melimpah. Mulai dari baru bara, rempah-rempah, padi, minyak bumi hingga timah.

Sumber Daya Alam sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu berdasarkan materi, tempat, proses terbentuknya, hingga undang-undang. Maksudnya apa?

Untuk lebih jelasnya mengenai klasifikasi sumber daya alam, berikut uraian singkatnya:

Sumber Daya Alam Berdasarkan Materi

Berdasarkan materinya, sumber daya alam digolongkan menjadi dua, yang dilihat dari bahan dasar pembentuknya, yaitu SDA Organik (hayati), dan SDA Anorganik (nonhayati).

Sumber daya alam organik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. SDA ini bisa juga disebut sebagai sumber daya alam biotik. Ini meliputi makhluk hidup yakni hewan dan tumbuhan, sumber daya pertanian dan perkebunan. Intinya, yang bisa dibudidayakan oleh manusia. Sementara itu, Sumber daya alam anorganik adalah sumber daya alam yang berasal dari benda mati, atau berasal dari pembusukan hewan yang terjadi selama jutaan tahun. Ini meliputi minyak bumi, gas alam , dan sebagainya, yang tidak bisa diperbarui.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Tempatnya

Berdasarkan tempatnya,SDA digolongkan menjadi 3 (dilihat dari tempat ditemukannya), yaitu SDA terestris (daratan), SDA akuatik (perairan), dan SDA udara.

Sumber daya alam terestrial, yang sumbernya dari permukaan muka bumi meliputi hutan, fosil, hasil tambang dan lainnya; Sumber daya alam akuatik, yang merupakan SDA perairan atau berhubungan dengan laut meliputi macam-macam danau , sungai, rawa, air hujan dan lainnya.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Proses Terbentuknya

Berdasarkan proses terbentuknya, SDA dibagi menjadi 3, yaitu SDA biotik, fisik dan lingkungan (perpaduan antara SDA Fisik dan biotik).

Sumber Daya Alam Berdasarkan Nilai Kegunaan atau Ekonomisnya

Berdasarkan nilai ekonomisnya, SDA digolongkan menjadi 3, yaitu SDA Ekonomis tinggi (bernilai jual tinggi), ekonomis rendah (bernilai jual rendah) dan non ekonomis. SDA ekonomis sendiri bisa diartikan sebagai sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomis, atau dengan kata lain memiliki nilai jual yang tinggi, dan dianggap sebagai barang-barang berharga.


Berdasarkan Sifatnya/pembentukannya

Klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua, yaitu Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resource) dan Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resource).

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan dapat dibentuk kembali oleh alam dalam siklus yang relatif cepat. Contohnya air, udara, dan tanah; sedangkan SDA yang tidak dapat diperbarui memiliki jumlah yang sangat terbatas karena tidak ada penambahan jumlah dan proses pembentukannya memerlukan waktu ribuan hingga jutaan tahun.

Berdasarkan Undang-Undang No.11 tahun 1976 tentang pertambangan

Sumber daya alam berdasarkan Undang-Undang nomor 11 tahun 1976 dibagi menjadi 3, yaitu Golongan A, Golongan B dan Golongan C.

Golongan A meliputi bahan tambang strategis yang berperan penting dalam kelangsungan kehidupan negara; Golongan B termasuk bahan tambang vital yang merupakan bahan galian yang berperan penting dalam kegiatan perekonomian negara akan dikuasai oleh negara; sedangkan Golongan C meliputi bahan tambang yang tidak termasuk ke dalam golongan A dan golongan B. [*/kelaspintar]

No More Posts Available.

No more pages to load.