BIN: KKB OPM Sejajar dengan Organisasi T3ror*sme

oleh -
BIN: KKB OPM Sejajar dengan Organisasi T3ror*sme
BIN: KKB OPM Sejajar dengan Organisasi T3ror*sme

JAKARTA, Radar AmperaBadan Intelijen Negara (BIN) menyatakan Kelompok Kriminal Bers3njata (KKB) alias Organisasi Papua Merdeka (OPM) sejajar dengan organisasi t3rorisme dan harus ditindak tegas.

“KKB pada dasarnya sejajar dengan organisasi t3roris yang menjadi musuh bersama dan harus ditindak tegas,” kata Deputi VII BIN Wawan Purwanto saat dihubungi wartawan, Selasa (23/3/2021).

Wawan menyebut semua pihaknya semestinya mengkategorikan KKB alias OPM dalam tindak pidana t3rorisme. Menurutnya, sepak terjang KKB selama ini tergolong aksi t3rorisme.

“Hal tersebut tentunya tidak lepas dari fakta-fakta mengenai sepak terjang yang telah dilakukan oleh KKB selama ini,” ujarnya.

Wawan mengatakan t3rorisme merupakan tindakan menggunakan kekerasan yang menimbulkan rasa takut secara meluas hingga jatuhnya korban jiwa secara massal.

Ia mengklaim KKB selama ini kerap meng4ncam hingga melakukan kek3rasan kepada aparat keamanan maupun masyarakat. Tak sedikit ancaman tersebut berbuntut jatuhnya korban jiwa.

“Selain itu, KKB juga kerap mengintimidasi pejabat Pemda dan memaksa untuk mendukung aksinya. Aksi kek3rasan yang dilakukan oleh KKB telah menimbulkan efek ketakutan yang meluas di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafly Amar tengah mempertimbangkan pihaknya memasukan KKB alias OPM ke dalam kelompok organisasi t3rorisme.

KKB ini merupakan sebutan pemerintah untuk Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

“Kami sedang terus menggagas diskusi-diskusi dengan beberapa kementerian/lembaga berkaitan dengan masalah nomenklatur KKB untuk kemungkinannya apakah ini bisa dikategorikan organisasi t3rorisme,” kata Boy. [*]