AMD Gelontorkan Senjata Baru

oleh -

ADVANCED Micro Devices (AMD) baru-baru ini meluncurkan kelas baru dari prosesor (CPU) terakselerasi di kawasan Asia Pasifik. Prosesor yang diberi nama AMD Fusion Family of Accelerated Processing Units (APUs) tersebut diklaim memiliki kemampuan komputasi lebih baik dibandingkan seluruh prosesor yang pernah diluncurkan sebelumnya.

Bahkan, perangkat yang lebih mungil dibandingkan koin terkecil mata uang rupiah ini diperkirakan menjadi pesaing berat prosesor Atom yang dikeluarkan Intel. Vice President of World Wide Product Marketing AMD Leslie Sobon mengatakan, AMD APU memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan Atom keluaran Intel lantaran memiliki kartu grafis (GPU) di dalamnya. Keunggulan itu, di antaranya dalam kekuatan baterai, web experience maupun visual performance. AMD APU memiliki kemampuan 11 kali lebih cepat dibandingkan Intel Atom N550,” kata Sobon.


Menurut Sobon, lahirnya produk prosesor baru dari AMD tersebut akan menggerus pasar netbook dan berganti APU dengan high definition (HD) netbook. Prosesor baru ini lebih unggul karena mengintegrasi teknologi multi-core CPU (x86), engine grafis kuat berkemampuan DirectX 11, blok akselerasi video berdefinisi tinggi, dan bus kecepatan tinggi yang mempercepat data dari berbagai jenis core prosesor.

Adapun, fitur-fitur baru yang tersedia meliputi stutter free HD video playback. Itu merupakan terobosan dalam daya komputasi guna menangani aplikasi- aplikasi grafis terberat, kemampuan grafis DirectX 11 dan daya tahan baterai sepanjang hari. Teknologi AMD Fusion ini memungkinkan baterai menyala sehari penuh atau lebih dari 10 jam. Fitur baru penghemat daya ini juga dapat memperpanjang waktu di antara pengisian baterai (plug ins) meski pengguna sedang menikmati konten HD.

Di samping itu, pengembang perangkat lunak juga tidak perlu memilih CPU atau GPU karena AMD menggabungkan keduanya secara seimbang. Untuk penggabungan itu, Leslie mengatakan, baru AMD yang melakukannya. Corporate Vice President General Manager AMD Asia Pasifik Ben Williams menambahkan, pengembangan perangkat lunak selama ini sering terkendala pada keterbatasan kemampuan CPU dan GPU pada PC.

Namun, dengan lahirnya produk APU Fusion, memungkinkan pengembang memanfaatkan daya pemprosesan paralel dari sebuah GPU. Dengan demikian, akan lebih banyak aplikasi dapat dijalankan secara simultan dan pada kelas yang sama, semuanya bisa lebih cepat selesai. AMD Fusion APU ini tidak hanya bisa dipasang dalam komputer tablet, tapi juga di netbook, notebook maupun desktop.

“AMD Fusion menghadirkan pengalaman digital yang lebih nyata bagi pengguna PC,” ujar Ben.

Karena itu, dia menyebutkan, AMD Fusion akan menyediakan teknologi bagi mitranya untuk menciptakan form factor baru, menarik sekaligus aplikasi beragam canggih, yang dirancang guna memenuhi kebutuhan konsumen. Ben optimistis, produk baru keluaran AMD tersebut akan disambut baik di seluruh dunia. Untuk pasar Indonesia, menurut dia, dengan jumlah penduduk yang banyak dan ekonomi yang sedang tumbuh, pihaknya yakin kebutuhan akan produk tersebut akan diminati konsumen di negara kepulauan ini.

Pasalnya, konten berdefinisi tinggi (HD) kini ada di mana-mana, mulai video YouTube, permainan DirectX11 sampai Blu-ray dengan memanfaatkan layanan komputer. Engine vision dari AMD yang didukung AMD Fusion APU menghasilkan sisi visual dari komputasi yang lebih bagus dan realistis dibandingkan sebelumnya. Sementara, pemilihan PC yang dilengkapi dengan engine vision dan perangkat lunak dari mitra AMD, akan mendapatkan keuntungan berupa pengalaman browsing lebih cepat, video playback 1080pHD yang bagus, mulus dan tenang.

Associate Vice President Asia/Pasific Client Devices Research IDC Bryan Ma menuturkan, tingginya kebutuhan konsumen terhadap HDTV, game, video, dan grafis berkualitas tinggi akan menjadi mainstream di dunia PC pada tahun ini. Pada pertengahan tahun ini, AMD memastikan akan ada lebih dari 35 sistem berbasis AMD Fusion yang diluncurkan di kawasan Asia Pasifik.

Pihak AMD berharap produsen terkemuka, seperti Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, MSI, Samsung, Sony, dan Toshiba akan segera mengumumkan rencana mereka untuk menghadirkan sistem berbasis AMD Fusion APU dengan nilai dan harga yang diminati pasar. Sebelum akhir semester I tahun ini, AMD bersama dengan salah satu vendor internasional juga berencana meluncurkan produk AMD Fusion untuk tablet PC. (Koran SI/ J Erna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *